22 Juni 2019 lalu, tim Overloops berkesempatan untuk mendokumentasikan momen penting dari salah satu klien setia kami, OJK DIY. Otoritas Jasa Keuangan atau OJK adalah lembaga pengawas industri yang melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat. OJK mengemban tugas mengatur dan mengawasi kegiatan jasa keuangan di sektor Perbankan, sektor Pasar Modal, dan sektor IKNB. Kantor OJK DIY saat ini berada di Jl. Ipda Tut Harson oNo.12, Muja Muju, Kec.Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Overloops mengabadikan acara pencanangan pembangunan Gedung Kantor Otoritas Jasa Keuangan Daerah Istimewa Yogyakarta yang berlangsung di Jalan Sudirman 32, timur Tugu Pal putih Yogyakarta. Acara ini bersifat formal dihadiri oleh tokoh-tokoh pejabat penting. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari pihak terkait. Peletakan batu pertama pembangunan Gedung Kantor OJK Daerah Istimewa Yogyakarta dilakukan oleh Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso bersama Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti, Anggota Dewan Komisioner OJK Heru Kristiyana. Acara ini juga dihadiri oleh Guru Besar Hukum UII Mahfud MD. Rencananya gedung kantor OJK DIY akan dibangun bertingkat sejumlah 8 tingkat. Adapun penyerahan IMB(Ijin Mendirikan Bangunan) dari Walikota kepada pihak yang bertanggung jawab.

Sebelumnya, tim Overloops telah menyiapkan segala peralatan pada malam sebelumnya, sekaligus mengikuti gladi bersih acara. Salah satu peralatan yang disiapkan adalah 1 kamera live preview untuk meliput pada saat sambutan. Tim Overloops yang bertugas berjumlah 4 orang terdiri dari 2 fotografer dan 2 videografer. Kamera yang dibawa diantaranya Sony A7II dipasangkan dengan lensa Canon EF 24-70mm f/2,8L dengan adapter Sigma MC-11, lighting Godox V860II. Kamera kedua adalah Canon 5D Mark II dipasangakan dengan lensa Canon EF 135mm f/2,0L. Kamera utama dengan lensa focal length 24-70mm digunakan untuk wide angel tentunya dan untuk kamera kedua dengan focal length 135mm digunakan untuk mengambil foto candid dan set potrait para pejabat yang hadir. Sedangkan untuk kebutuhan videografi menggunakan kamera Sony A7II dan Sony A7S, lensa Canon EF 17-40mm f/2,8L dan Canon EF 100mm f/2,8L.

Hasil dari dokumentasi foto nantinya akan dibuat menjadi sebuah photobook sebanyak 30 halaman, sesuai dengan permintaan klien. Maka dari itu, kita harus memahami komposisi apa saja yang akan kita buat. Photobook yang bagus dapat dilihat dari beberapa hasil foto melalui beberapa angle dan dari layout photobook itu sendiri. Sedangkan output dari videografi itu sendiri nantinya terdiri dari video wawancara dari para panitia penyelenggara, cuplikan-cuplikan dari sambutan-sambutan, konten acara mulai dari pagi hari dan pada malam harinya. Adapun kita menggunakan kamera Camcorder XDCAM Sony PWX-X70, Camcorder Sony HXR NX 1, dengan tripod libec HD untuk kebutuhan dokumentasi pertunjukan wayang pada malam harinya.

Malam harinya, diselenggarakan Pagelaran Wayang Kulit dengan tema “Mbangun Candi Sapto Argo”, yang didalamnya sekaligus memberi edukasi keuangan kepada masyarakat khususnya Yogyakarta. Selain sebagai ungkapan syukur dengan telah terlaksananya Pembangunan Gedung Kantor OJK DIY, pagelaran ini diselenggarakan sebagai salah satu bentuk pelestarian budaya jawa yaitu salah satunya wayang kulit. Karena pagelaran ini diselenggarakan selama semalam suntuk, tim Overloops yang seluruhnya bertugas sejak pagi hari, dibagi menjadi dua shift pada malam harinya. Mulai dari pukul 20.00 WIB, tim Overloops yang bertugas yaitu Adam dan Fajar. Dilanjutkan mulai pukul 23.00 sampai dengan pukul 03.00 tim yang sebelumnya bertugas digantikan oleh tim Overloops lainnya, Ahya dan Kusyu

Tantangan yang dihadapi kali ini adalah dimana pada acara ini melibatkan beberapa rekan crew media lainnya yang juga mendokumentasikan acara tersebut sehingga kita juga harus mampu menyesuaikan dan memahami proses pengambilan foto maupun proses wawancara atau video sehingga dapat dilihat dari segi jurnalistik yang mampu menggambarkan tentang bagaimana dan seperti apa acara tersebut berjalan dan siapa saja yang hadir dalam acara tersebut. Disamping itu juga kita harus mengetahui rundown dan menjalin komunikasi dengan panitia agar tidak tertinggal oleh momen-momen tertentu dan tim dapat bersiap sebelumnya untuk mengambil dokumentasi dengan posisi atau angle terbaik.

Demikian tadi cerita dari tim Overloops yang berhasil mengabadikan momen penting klien di Yogyakarta. Bagi teman-teman yang juga berminat menggunakan jasa Overloops untuk mendokumentasikan event terbaik kalian, bisa langsung saja menghubungi Overloops melalui instagram @overloops atau bisa juga melalui Fans Page Facebook Overloops. Untuk portofolio Overloops, temen-temen juga bisa melihatnya melalu Channel Youtube Overloops, dan jangan lupa subscribe ya. Ok, sampai jumpa di momen selanjutnya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.