Bank Indonesia telah dinyatakan sebagai Bank Sentral yang independen dalam melaksanakan wewenang dan tugasnya sejak 1999. Dalam kapasitasnya sebagai bank sentral, Bank Indonesia mempunyai satu tujuan tunggal yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Kehadiran Bank Indonesia di setiap wilayah Indonesia sangat berpengaruh dalam peran sertanya memajukan ekonomi daerah, UMKM, dan pengedaran.

Belum lama ini, tepatnya pada tanggal 1 Agustus 2019 Bank Indonesia Kantor Perwakilan Yogyakarta mengadakan acara Upacara Pengukuhan Kepala Perwakilan Bank Indonesia D.I. Yogyakarta dimana Kepala Perwakilan sebelumnya, yaitu Bapak Budi Hanoto telah berganti jabatan menjadi Kepala Departemen Pengembangan UMKM dan perlindungan konsumen, digantikan oleh Bapak Hilman Isnawan yang sebelumnya adalah Kepala Grup Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara.

Upacara Pengukuhan Kepala Perwakilan Bank Indonesia D.I.Y
Upacara Pengukuhan Kepala Perwakilan Bank Indonesia D.I.Y

Acara ini dihadiri oleh petinggi daerah seperti Wakil Gubernur D.I. Yogyakarta, Sri Paduka Pakualam X mewakili Gubernur D.I. Yogyakarta dan dihadiri pula oleh Bapak Perry Warjiyo selaku Gubernur Bank Indonesia dan jajaran lainnya.

Overloops dipercaya untuk meliput kegiatan pada hari itu yang berlangsung selama satu hari penuh dengan perwakilan tim Overloops yaitu Fajar sebagai one man show fotografer sekaligus videografer pada acara tersebut.

Upacara Pengukuhan Kepala Perwakilan Bank Indonesia D.I.Y

Pada pagi harinya berlangsung Upacara Pengukuhan Kepala Perwakilan Bank Indonesia D.I. Yogyakarta dengan serangkaian acara berupa sumpah jabatan dan serah terima jabatan yang dipimpin langsung oleh Gubernur Bank Indonesia.

Siang harinya berlangsung acara CoffeTalk, yaitu serangkaian acara yang bersifat intern yang dihadiri oleh pejabat Bank Indonesia dengan para pelaku usaha dan perbankan yang ada di wilayah Yogyakarta. Acara Coffetalk berlangsung hingga sore hari yang dilanjutkan dengan Dialog Gubernur Bank Indonesia dengan para pegawai kantor perwakilan Bank Indonesia D.I. Yogyakarta.

Tiba pada malam hari dimana acara selanjutnya adalah malam ramah tamah yang dimeriahkan pertunjukkan pentas seni ketoprak yang bercerita tentang pergantian seorang praja.

Peralatan yang tim Overloops gunakan untuk kebutuhan dokumentasi hari itu diantaranya, 2 buah kamera Sony A7II dimana satu kamera dipasangkan dengan lensa Canon EF 135mm f/2,0L yang salah satunya difungsikan untuk dokumentasi dengan hasil close-up, sedangkan 1 buah kamera lainnya dipasangkan dengan lensa Canon EF 24-70mm f/2,8L. Pada salah satu kamera, dipasangkan Rode Video Mic Pro untuk merekam video dengan suara yang lebih jernih, dan dipasangkan Godox V860II pada kamera lainnya untuk mengambil momen foto.

Sebagai satu-satunya perwakilan tim yang bertugas pada saat itu, Fajar memiliki trik untuk dapat memaksimalkan tugasnya dengan melakukan pendekatan terhadap PIC atau person in charge dokumentasi acara tersebut dengan menanyakan detail acara dan kebutuhan apa saja yang diperlukan dan diinginkan. Selain pengambilan foto dan video secara dinamis, tim menggunakan tripod, Carbon Tripod (Fotopro X4-CN) yang dipasangkan kamera Sony A7II dengan lensa Canon EF 135mm f/2,0L dan Rode Video Mic Pro untuk pengambilan video sebagai salah satu cara untuk menjaga agar acara tetap hikmat mengingat acara yang berlangsung sangat formal. Hal ini juga dimanfaatkan untuk mensiasati tim yang bertugas seorang diri pada saat itu dapat mencari footage pada waktu yang bersamaan sehingga dapat memaksimalkan waktu dan tempat.

Yup, itu tadi sedikit cerita pengalaman dari salah satu tim Overloop yang mendokumentasikan acara Bank Indonesia D.I. Yogyakarta. Untuk teman-teman yang berminat menggunakan jasa Overloops untuk mendokumentasikan event terbaik kalian, bisa langsung saja menghubungi Overloops melalui instagram @overloops atau bisa juga melalui Fans Page Facebook Overloops. Untuk portofolio Overloops, temen-temen juga bisa melihatnya melalu Channel Youtube Overloops, dan jangan lupa subscribe ya. Sampai jumpa lagi di kesempatan baik berikutnya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.