Tahun ini, tepat 74 tahun Indonesia dinyatakan merdeka sejak 17 Agustus 1945. Pada setiap tanggal itu pula, para masyarakat Indonesia memperingati hari kemerdekaan dengan berbagai kegiatan positif, salah satunya upacara pengibaran bendera merah putih.

Pada kesempatan kali ini, Overloops kembali dipercaya untuk meliput serangkaian acara yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan D.I. Yogyakarta. Tepat pada tanggal 17 Agustus 2019, OJK D.I. Yogyakarta ikut serta dalam memperingati hari kemerdekaan Indonesia dengan melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih di lapangan parkir Gor Amongprogo, Yogyakarta. Upacara ini dihadiri oleh beberapa staff OJK di Yogyakarta dan beberapa instansi perbankan maupun keuangan wilayah Yogyakarta.

Dalam pelaksanaan pendokumentasian, tim Overloop dibagi menjadi 2 tim dimana Fajar dan Irvan bertugas sebagai fotografer dan 2 orang lainnya, Ahya dan Gesang bertugas untuk menjadi videografer. Alat yang digunakan untuk keperluan fotografi diantaranya kamera Canon 6D dipasangkan dengan lensa Canon EF 16-35mm f/2,8L dan atau Canon EF 150-600mm, linghting Godox Xpro dan Godox V860II. Kamera Sony A7II, mc11, lensa Canon EF 35mm dan 135mm, linghting Godox X1T dan Godox V860II. Sedangkan untuk keperluan videografi, ada Zhiyun Crane V2 + Dual Hand Grip, kamera Sony A7S, adapter manual, lensa Canon EF 17-40mm f/2,8L dan monopod extender. Kamera Sony A7II, mc11, lensa Canon EF 24-70mm f/2,8L + Canon EF 135mm f/2,0L, Carbon Tripod (Fotopro X4-CN)/Sirui, dan Rode Video Mic Pro. Adapun peralatan lainnya seperti lampu Godox Wistro AD200 dan
Godox Witstro AD360II , lensa tamron 28-75 for sony, recorder zoom H1 + kabel stereo dan drone DJI Mavic Pro.

Dalam pendokumentasian acara resmi, fotografer maupun videografer harus mampu menyesuaikan waktu dan tempat untuk mengambil gambar tanpa mengurangi kehikmatan acara, serta mengetahui apa saja yang diperbolehkan/tidak untuk diliput. Tim Overloop mengatasi hal tersebut dengan selalu melakukan briefing terlebih dahulu dengan pihak pelaksana dan memahami rundown acara sehingga tim dapat mempersiapkan diri dan tidak terlewat dari momen-momen penting.

Tim Overloop standby ready to shoot mulai dari pukul 06.00 wib meski acara akan dimulai pukul 07.00 wib. Tim Overloops tentunya tidak hanya fokus meliput pada saat momen acara berlangsung, namun juga meliput pada saat kedatangan para peserta, registrasi peserta, yang tentunya footage yang dihasilkan akan sangat bermanfaat untuk konten pengeditan video pada nantinya. Acara upacara pengibaran bendera merah putih berlangsung selama satu jam dan setelahnya dilakukan pemotretan foto grup secara bergantian, mulai dari para pasukan pengibar bendera, para tamu yang bernaung dengan OJK D.I. Yogyakarta, dan tentunya para staff OJK D.I. Yogyakarta.

Teknis pada pemotretan foto grup, tim menggunakan 2 lampu Godox Wistro AD200 dan Godox Witstro AD360II diarahkan ke objek foto dan tim juga memanfaatkan cahaya matahari yang kebetulan pada hari itu cukup membantu menambah fill in ke objek foto. Sedangkan untuk pemotretan foto grup dengan jumlah objek atau peserta pemotretan yang banyak, tim menggunakan lensa tamron 28-75 for sony dicompare dengan kamera Sony A7II.

Pada proses dokumentasi video, tim menggunakan stabilizer Zhiyun agar pergerakan yang dihasilkan dari rekaman video lebih halus dan tim lebih mudah dalam proses meliput video dari berbagai angle. Tim menggunakan lensa tele 150-600mm yang mana dengan lensa in ikita dapat mengambil teknik shot close-up meski dari jarak jauh salah satunya digunakan pada saat pembacaan amanat oleh pembina upacara sehingga tidak mengganggu kehikmatan acara tersebut. Sedangkan untuk penggunaan drone, dimanfaatkan untuk kebutuhan konten video opening dan momen puncak pada saat pengibaran bendera. Hymne OJK dipilih sebagai backsound untuk dokumentasi video acara ini.

Acara secara keseluruhan berlangsung sampai dengan pukul 09.30 wib. Tim Overloops pun harus segera menyelesaikan hasil dokumentasi hari itu juga sesuai dengan permintaan klien dan pada akhirnya tim mampu mengirimkan hasil video dokumentasi upacara pengibaran bendera OJK D.I. Yogyakarta pukul 14.00 wib. Hasil video dokumentasi tersebut bisa teman-teman lihat di laman ini juga atau jika teman-teman ingin melihat portofolio dari kami bisa juga mengunjungi Channel Youtube Overloops, dan teman-teman bisa menghubungi Overloops melalui instagram @overloops atau bisa juga melalui Fans Page Facebook Overloops untuk bekerjasama dengan kami. Oke, kita tunggu kabar baiknya ya! See ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *