Overloops berkolaborasi dengan PPI Kabupaten Bantul dalam sesi pemotretan putra dan putri PPI Bantul di studio Overloops pada Kamis, 22 Agustus 2019 lalu. PPI atau Purna Paskibraka Indonesia adalah suatu organisasi sosial kemasyarakatan yang beranggotakan para alumni paskibraka di tiap provinsi. Purna Paskibraka Indonesia sendiri didirikan tanggal 21 Desember 1989 di Cipayung Bogor melalui Musyawarah Nasional. Pada sesi pemrotetan kali ini, dihadiri oleh 6 orang perwakilan dari anggota PPI Bantul.

Dalam sesi pemrotetan ini, peserta terlebih dahulu mempersiapkan diri seperti make up yang dibantu oleh make up artist yang kebetulan merupakan bagian dari anggota PPI Bantul juga. Layout yang kita gunakan pada sesi ini adalah background putih dengan konsep clean dan para peserta mengenakan seragam Paskibraka lengkap. Kita juga menggunakan bendera merah putih sebagai properti. Sesi kali ini kita membagi waktu menjadi dua sesi, yang pertama untuk pengambilan foto, dan yang kedua untuk pengambilan video footage.

Nah, karena background yang kita gunakan berwarna putih dan seragam Paskibraka juga berwarna putih. Hal ini tentunya menjadi hal yang cukup tricky jika disatukan. Kami mensiasati hal itu dengan menggunakan 2 lampu Godox V860II dan satu lampu YongNuo YN 560 yang kita posisikan menghadap ke background sehingga background terlihat lebih rata putih dan bersih. Kita juga menggunakan 2 lighting lainnya, yaitu Godox Witstro AD360II sebagai keylight dengan softbox Godox persegi dan Godox Wistro AD200 dengan softbox strip, dan reflector untuk memberi fill in dari bawah.

Hal lainnya adalah komposisi. Pertama, kita mengambil gambar full shot seluruh badan dengan background putih. Kedua, kita mengambil gambar secara detail seperti logo pada seragam, bendera pada seragam, dll. Hal ini juga cukup rumit ketika pengambilan gambar full shoot dan foto grup dimana ruang atau luas background yang hanya berukuran kecil namun diupayakan untuk tidak terjadi kebocoran pada foto. Kita mencari jalan keluar dengan memaksimalkan kekuatan lensa kamera. Kita menggunakan lensa tamron 28-75mm dengan focal length maksimal pada 75mm atau menggunakan lensa 85mm dan kita ambil dari jarak jauh. Kemampuan lensa ini dapat menyempitkan background karena lensa ini termasuk lensa yang tidak lebar.

Untuk konsep video, tidak banyak settingan yang diubah, hanya saja jika untuk keperluan foto kita memakai flash sedangkan untuk keperluan video kita menggunakan LED yang diarahkan menghadap ke background dan ke arah talent. Kita juga mengarahkan talent sedemikian rupa seperti seolah-olah sedang melakukan persiapan memakai sarung tangan, merapikan peci, dan juga sikap hormat dengan tambahan properti bendera yang berkibar dibelakangnya. Karena sesi pemotretan kali ini indoor, kita pun menggunakan bantuan blower sehingga bendera seolah-olah berkibar di belakang talent.

Peralatan yang kita gunakan untuk pembuatan video adalah kamera Sony A7RIII. Kamera ini memiliki fitur slow and quick yang dapat merekam gambar kontinu kecepatan tinggi hingga 10 fps dengan pelacakan AF/AE. Penggunaan teknik slower pun dapat menambah kesan dramatis ketika bendera dikibarkan.

Nah, untuk beberapa hasil fotonya temen-temen bisa lihat di laman ini juga atau bahkan temen-temen menginginkan fotonya, jangan ragu-ragu untuk mencarinya di Shutterstock Ferita atau pun Shutterstock cendhika. Kalian juga bisa cek portofolio dari tim kita di Channel Youtube Overloops, dan jika teman-teman tertarik untuk bekerjasama dengan kami, bisa menghubungi kami melalui instagram @overloops atau bisa juga melalui Fans Page Facebook Overloops. Okee.. itu dia sedikit cerita dari kami tentang sesi pemotretan kami yang berkolaborasi dengan PPI_Bantul. Semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi !

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *