Overloops sebagai penyedia jasa foto dan video profesional yang seringnya melayani klien-klien corporate, terutama di bidang company profile, sering kali mendapatkan pertanyaan dari klien tentang harga sebuah produk company profile baik berupa foto maupun video. Nah, pada artikel kali ini kita akan menjelaskan tentang variabel apa saja yang menjadi tolak ukur untuk menetukan harga sebuah video company profile.

Video Company Profile sendiri adalah sebuah video dimana didalam video tersebut nantinya akan menjelaskan tentang sebuah perusahaan atau sebuah produk. Konten dalam video juga terdapat unsur marketing yang akan memberikan citra sebuah perusahaan untuk para audience. Selain untuk memberikan informasi yang jelas, tujuan lain dari video company profile adalah untuk memberikan deep impression tentang sebuah perusahaan. Jadi untuk membuat sebuah video company profile yang bagus, tentunya video yang dihasilkan tidak hanya informatif namun juga harus dikemas sedemikian rupa sehingga tidak cenderung membosankan dan nyaman untuk dinikmati.

Tren video company profile saat ini tentunya sangat berbeda dibandingkan dengan video company profile di masa yang lampau. Hal ini tentunya seiring dengan perkembangan tekhnologi yang pesat secara global. Selain itu juga dunia multimedia dan penetrasi dunia video saat ini mudah diakses dimana-mana dan mencakup segala macam audience dari berbagai macam kalangan, sehingga video company profile yang menarik menjadi syarat utama pembuatan video company profile untuk ditonton oelh para audience.

Overloops berkembang dan bertumbuh bersamaan seiring dengan perubahan tren yang terus terjadi. Kami pun mengikuti tren dan mengerti akan kebutuhan masyarakat juga apa keinginan audience. Darisitu kami menyarankan kepada klien untuk membuat video company profile yang bersifat socially atau cinematic, yaitu sebuah video company profile yang mengutamakan unsur-unsur aestheticcinematografi, dan juga sebuah kemasan yang nantinya enak untuk dinikmati. Nah, variabel apa sajakah yang mempengaruhi untuk membuat sebuah video company profile yang cinematic tersebut?

Video Company Profile Spontan - Semi dokumentasi

Untuk video company profile seperti ini, maka tim Overloops akan melakukan produksi di lokasi dimana yang klien inginkan, bisa saja di perusahaan, ataupun di toko klien. Produksi bersifat spontan dimana kita akan mewawancarai beberapa orang atau narasumber di perusahaan tersebut yang nantinya hasil waawancara tersebut yang akan menjadi arah atau alur jalan cerita video. Bagus dan tidaknya hasil video serta pesan yang ingin disampaikan melalui video sangat bergantung dengan apa yang disampaikan oleh para narasumber.

Setelah melakukan wawancara selanjutnya kita memperkirakan kebutuhan konten apa saja yang bisa mengisi sebagai filler dari narasi yang disampaikan oleh narasumber tersebut. Tak lupa kita membuat sebuah komponen b-roll yang kita ambil yang kita rangkai sedemikian rupa sehingga meskipun dengan sumber narasi yang spontan namun tetap akan menarik untuk dilihat. Beberapa hal ini adalah komponen paling sederhana untuk sebuah video company profile yang kita buat dengan waktu produksi yang memakan waktu minimal 1-3 hari dan proses editing tergolong lebih singkat. Pada proses produksi, biasanya kita membutuhkan 2 jasa videografer yang juga biasanya merangkap sebagai DOP atau pengarah gambar, dan juga mereka sebagai director. Video jenis ini paling cocok digunakan untuk sebuah usaha kecil menengah, startup, komunitas, dan yang lain-lainnya.

Video Company Profile Scripted

Di kategori video ini, kita melakukan sebuah proses sebelum produksi yaitu Pre-produksi. Tingkatan level pada proses pre-production itu sendiri bisa terbagi menjadi beberapa bagian. Jika pada kategori video company profile sebelumnya dimana narasi bersifat spontan, disini narasi bersifat semi scripted dimana kita akan melakukan diskusi terlebih dahulu pada klien tentang alur video yang akan dibuat meski terkadang pada akhirnya nanti wawancara bersifat semi spontan, akan tetapi alur atau konteksnya sudah kita tentukan sebelumnya sehingga kita mengetahui tentang apa-apa saja yang harus disampaikan oleh narasumber.

Dalam video company profile ini juga dapat digabungkan dengan beberapa narasi untuk intro di awal dan kesimpulan di akhir dengan voice over narator yang profesional ataupun dari pihak klien. Proses ini memakan waktu yang relatif sedikit lebih lama dibandingkan dengan yang pertama karena melibatkan pre production, post-production dan juga proses pengambilan voice over. Berbeda dari yang sebelumya, selain videografer tentunya, kita membutuhkan director, DOP tersendiri, dan juga script writter. Untuk b-roll dan hal lainnya tidak jauh berbeda dengan video company profile sebelumnya.

Video Company Profile Story Full Scripted

Video company profile story full scripted merupakan video company profile yang bersifat kompleks, karena prosesnya memakan waktu paling lama dimana pada proses pre-production, production, dan post-production dibutuhkan perencaan khusus dan matang. Video company profile jenis ini akan sangat ideal digunakan untuk perusahaan-perusahaan besar dimana terdapat banyak pengambil keputusan sehingga proses pengambilan gambar nanti harus sangat sesuai dengan apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh perusahaan.

Pada proses pre-production diawali dengan sebuah treatment video kemudian pembuatan  story board, pembuatan narasi, dan disini juga dilakukan proses pencarian talent-talent maupun audisi dari voice over untuk pengisi suara. Dalam proses perencanaan pre-production ini biasanya memakan waktu dan tenaga yang tidak sedikit sehingga prosesnya pun lebih kompleks, namun pematangan proses di awal ini nantinya akan bisa membuat proses produksi yang sangat efektif, terlebih lagi pada proses ini biasanya diawali dengan survey, reading di lokasi, gladi pengambilan gambar, sehingga dipastikan pada proses produksi nanti akan sangat efektif dan sangat sesuai dengan apa yang direncanakan. Disini kita lebih banyak melibatkan crew, seperti DOP, wardrobe artist, make up artist, director, director of photography, lighting, production assistant, dll.

Sedangkan untuk proses post-production sendiri memakan waktu yang tidak singkat pula karena akan membutuhkan proses proving offline untuk mendapatkan persetujuan dari pihak perusahaan sebelum nantinya akan dilakukan proses grading online untuk final touching dan juga untuk melakukan narasi voice over dari voice over profesional.

Di samping tiga paket tersebut, Overloops juga menambahkan beberapa komponen variabel tambahan untuk video company profile yang akan dibuat. Komponen tambahan tersebut biasanya berupa penambahan motion graphic maupun elemen-elemen animasi yang dilakukan pada proses post-production untuk menampilkan data tertentu pada video tersebut.

Okee.. itu dia tadi sekelumit artikel dari kita tentang komponen yang mempengaruhi dalam menentukan harga sebuah video company profile, semoga bermanfaat dan semakin banyak videografer muda yang berani terjun dan memulai di dunia videografi ini. Berikut kami tampilkan salah satu contoh video company profile dan buat teman-teman yang penasaran dengan portofolio dari kami lainnya, bisa langsung Subscribe dan lihat di Channel Youtube Overloops  atau bisa juga kunjungi akun instagram @overloops maupun Fans Page Facebook Overloops untuk menghubungi kami jika teman-teman ingin bekerja sama dengan kami. Sampai jumpa lagi !

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *