Bulan lalu tepatnya pada 25 November 2019, Otoritas Jasa Keuangan D.I Yogyakarta menyelenggarakan acara Pencanangan Gerakan Indonesia Menabung yang pada saat itu juga bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional tahun 2019 dan HUT PGRI ke-74. Acara tersebut berlangsung di Gelanggang Olahraga Amongrogo. Dalam kegiatan ini, OJK D.I Yogyakarta melibatkan sekitar 5000 peserta yang terdiri dari siswa, guru dan kepala sekolah, OJK, Bank Indonesia, instansi pemerintah daerah, industri jasa keuangan dan isntansi terkait lainnya. Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Gubernur DIY dan Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen turut hadir dalam acara tersebut. Penyelenggaraan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mengedukasi budaya menabung sejak dini kepada pelajar di Indonesia sekaligus mendorong pencapaian kepemilikan rekening tabungan oleh seluruh pelajar “One Stundent One Account”.

Acara ini sekaligus mengedukasi para pelajar dengan progam SimPel atau Simpanan Pelajar yang ditujukan untuk para pelajar dengan harapan menumbuhkan budaya menabung bagi pelajar Indonesia dan meningkatkan inklusi keuangan kaum muda serta mendorong terwujudnya kepemilikan rekening bagi seluruh pelajar di Indonesia.

Tim Overloops kembali lagi dipercaya oleh OJK D.I Yogyakarta untuk mendokumentasikan acara tersebut. Adam mewakili tim, mendokumentasikan acara tersebut dengan menggunakan kamera Sony A7S dengan lensa 24-70mm, dan 100mm. Perlengkapan lainnya yang juga dibawa adalah microphone rode.

Acara berlangsung mulai dari pukul 08.00 WIB dibuka dengan sambutan dari pihak-pihak tekait. Sebagai single fighter dalam dokumentasi kali ini, maka Adam mensiasati dengan meletakkan tripod di dengan posisi centre sesuai dengan letak pangung untuk dokumentasi sambutan. Adapun protokoler acara yang cukup membatasi ruang gerak kamera, dimana disini lensa tele 100mm sangat berguna untuk tetap dapat mengambil gambar para pejabat atau pihak terkait pada saat sambutan dengan jarak yang cukup jauh. Selain merekam sambutan-sambutan dari pihak terkait, tim Overloops juga ditugaskan untuk merekam iklan atau ilm yang dibuat oleh OJK dan ditampilkan di giant screen.

“Pencanangan Gerakan Indonesia Menabung” ini kemudian dilanjutkan dengan  acara Pertemuan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Daerah Istimewa Yogyakarta bersama pelaku sektor jasa keuangan dan pelaku dunia usaha dalam rangka “link and match” program kerja TPAKD DIY dan sektor jasa keuangan serta dunia usaha, sebagai bentuk upaya perluasan akses keuangan dan peningkatan inklusi keuangan di DIY. Acara ini berlangsung pada hari yang sama dan diselenggarakan di Hotel Royal Ambarrukmo.

Pada acara yang kedua ini, tim Overloops yang bertugas adalah Irvan. Irvan membawa perlengkapan kamera Sony A7II dengan lensa 35mm, 85mm dan 135mm ditambah dengan microphone rode dan tripod. Hasil dokumentasi acara ini bisa teman-teman lihat di laman ini juga, dan masih ada banyak lagi karya tim Overloops lainnya yang  bisa teman-teman di  Channel Youtube Overloops, atau melalui instagram @overloops x @overloopsteam atau bisa juga melalui Fans Page Facebook Overloops. Sampai jumpa lagi di kesempatan baik berikutnya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *