Overloops sebagai penyedia jasa foto dan video yang sudah dipercaya oleh berbagai macam klien baik lokal, Nasional, maupun Internasional kembali mendapatkan kepercayaan untuk membuat video recap dari sebuah event programming, data scientist, dan desain tingkat dunia dengan nama TopCoder Open 2019. TopCoder sendiri sudah menjadi klien tetap Overloops sejak tahun 2016.

Tahun ini adalah kali ketiga tim Overloops yang berjumlah 2 orang berangkat ke United States of America untuk bertindak sebagai fotografer dan videografer dalam event tersebut. Pada event-event sebelumnya tim Overloops selalu memiliki sebuah cara tersendiri sehingga event yang sifatnya statis bisa menjadi lebih menarik. Setiap tahunnya, tim Overloops selalu menawarkan hal baru untuk dokumentasi TopCoder Open sehingga dari segi kualitas dan alur video tentunya akan berbeda di setiap tahunnya.

Pada tahun 2019 ini, acara TopCoder Open sendiri memiliki beberapa hal yang lebih menarik untuk ditonton dan disimak dari yang sebelumnya, karena pada acara kali ini pihak TopCoder membuat sebuah acara tambahan dengan nama Innovation Summit yang membuat acara TopCoder Open menjadi lebih besar karena melibatkan lebih banyak orang, tamu undangan, dan juga termasuk beberapa speakers di bidang teknologi informasi tingkat dunia yang berbicara dan mengisi materi di acara Innovation Summit.

Dengan adanya acara yang semakin bertambah dan semakin kompleks, sudah dipastikan tantangan terbesar kami selaku tim dokumentasi yang hanya berjumlah 2 orang sebagai videografer dan fotografer adalah bagaimana mengatur waktu, tenaga, dan perlengkapan untuk bisa mengcover seluruh acara namun juga bisa memberikan hasil video yang sebaik-baiknya.

Selain berfokus pada serentetan acara utama TopCoder Open 2019 di venue, tim Overloops juga mendapatkan request tambahan dari pihak TopCoder untuk membuat video interview customer, yang mana tim Overloops juga membuat set-up di ruangan terpisah. Pada settup ini kita buat sedemikian rupa untuk membuat sebuah video interview yang prima dengan background warna putih, dan lingkungan yang lebih terisolate dari keramean venue.

Pada hari pertama tim Overloops langsung membuat set-up studio untuk interview. Tim Overloops menggunakan 3 buah lighting dan 2 buah softbox, dan kamera dengan lensa 135mm untuk memberikan kesan lebih compressed dengan background karena ruangannya juga cukup panjang sehingag kita manfaatkan untuk hasil yang lebih prima dengan lensa tele. Kegunaan lensa tele untuk stock video sendiri, kita bisa meminimalisir adanya intervensi cahaya dari lighting yang masuk ke kamera atau yang tidak diharapakan masuk ke kamera.

Untuk strategi kita dalam menghemat tenaga sekaligus hasil yang maksimal untuk event yang berlangsung fullday selama 4 hari, kita mempertimbangkan untuk membawa kamera yang praktis sehingga pada saat kamera movement tidak lebih banyak menguras tenaga. Jadi untuk moving kamera kita lebih banyak menggunakan kamera Sony RX100IV yang dikombinasikan dengan ziyun crane n2. Kombinasi tersebut membuat sebuah handling kamera yang sangat praktis, sangat kecil, dan sangat ringan sehingga sangat cocok untuk membuat video yang sangat dinamis. 

Ketika momen di venue utama berlangsung, videografer yang kedua menggunakan kamera Sony A7RIII dengan stabilizer ziyun, crane v2 yang dikombinasikan dengan lensa 28-75mm dan menggunakan microphone softgun Rohde ntg2. Di dokumentasi kali ini kita juga berusaha mengabil ambience suara yang banyak dan juga ekspresi emosi dari penonton maupun peserta, sehingga merupakan suatu tantangan juga ketika kita harus menunggu saat-saat tertentu untuk mendapatkan reaksi emosi dari peserta ketika mengerjakan soal-soal. Dari kombinasi ini juga kita bisa mendapatkan variasi zoom yang lebih firstyle sekaligus dengan moving kamera. Berbeda dengan event tahun sebelumnya yang mana kita menggunakan lensa wide moving kamera, kali ini manuver gerakan-gerakan kamera movement juga kita buat dengan lensa tele.

Kombinasi dari keduanya tersebut, kita rubah ketika kita mendokumentasikan acara yang lebih kompleks, lebih penting, seperti pada saat pembukaan, parade finalis, awarding night, dan juga Innovation Summit. Di acara-acara inti, kita menggunakan kombinasi A7R dengan lensa 28-75mm digabungkan dengan ziyun crane v2.

Hal baru lainnya yang kita bawa dari dokumentasi acara kali ini adalah kita menggunakan moving timelapse untuk merekam peristiwa yang berlangsung lama untuk menunjukan proses ketika peserta mengerjakan kompetisi. Kita menggunakan electric motorize slider Rhino rov yang kita kombinasikan dengan kamera A7S. Penggunaan dengan kamera ini karena, kamera Sony A7S memiliki silent shooter yang tidak akan mengganggu peserta ketika pelaksaan lomba berlangsung.

Kita juga berusaha untuk membuat hasil yang sangat prima sehingga beberapa konteks interview dan juga beberapa pose-pose peserta kita rekam dengan pengunaan lighting portable YongNuo YN 760II sebanyak 1 buah dikombinasikan dengan YN 300II. Kunci untuk membuat video interview yang bagus adalah dengan merekamnya cukup dekat dari objek sehingga salah satu dari tim Overloops ketika interview berlangsung memegang lighting dan memposisikan semaksimal mungkin sehingga memberikan cahaya yang bagus sehingga memberikan definisi dan karakter pada subjek yang kita interview.

Dalam proses editing, kita menggunakan beberapa tekhnik seperti times remapping yang lebih intens di beberapa kondisi atau segmen dan akhirnya video berdurai 4 menit selesai kita kerjakan dan inilah hasilnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *