March 14, 2018

Bambooland Bike Park

Yogyakarta dikenal sebagai surganya para mountain bikers karena lokasi jogja yang banyak perbukitan dan juga Gunung Merapi yang masih aktif. Tentunya dengan tingkat elevasi yang cocok untuk dijadikan sebagai media sarana olahraga downhill atau mountain biking. Pusat kegiatan downhill di Yogyakarta akhir-akhir ini terus berkembang, beberapa diantaranya juga sudah tidak digunakan lagi karena tidak mendapatkan ijin perpanjangan dari warga. Namun semangat para penggiat olahraga mountain bikin di Yogyakarta ini terus meningkat.

Terlihat dari inisiatif warga beserta masyarakat downhill untuk membuka trek-trek downhill baru di tempat-tempat yang baru juga, salah satunya adalah di kawasan Turgo yang baru dibuka yaitu Bambooland Bike Park. Bambooland sendiri adalah hasil inisiatif warga sekitar sana yang difasilitasi oleh Bapak Jajang Sunjaya selaku fasilitator untuk pengembangan dari riset tentang bambu di Bambooland yang kemudian bersama masyarakat MTB berinisiatif untuk membuat sebuah trek di kawasan Bambooland tersebut.

Nah, Overloops selaku jasa foto video yang juga interest dibidang action sport, tertarik untuk membuat sebuah sesi foto di Bambooland dengan melibatkan beberapa pemain downhill di Yogyakarta yang nantinya bisa dijadikan sebagai sarana promosi dari Bambooland itu sendiri. Berkolaborasi dengan Wendy, kita bersepeda di Bambooland dan membuat sebuah sesi foto yang bermodalkan 1 kamera Sony A7S dengan lensa 50 mm dan 1 buah lighting Godox AD 360 Mark II.

Sebuah tantangan tersendiri karena lokasi Bambooland ini tidak berdekatan dengan area parker sehingga kita harus loading barang terlebih dahulu. Kita harus membawa peralatan lighting bersamaan dengan bersepeda menuju lokasi. Setelah sampai di lokasi, kita melakukan beberapa sesi foto. Pertama, kita melakukan sesi foto di beberapa obstacle untuk jumping, beberapa berm, dan juga beberapa drop off. Overloops memiliki beberapa tips untuk memotret action sport yaitu kita harus menggunakan speed kamera yang tinggi karena pergerakan objek yang sangat cepat dan di sisi lain kita juga ingin menggunakan lighting untuk mendapatkan hasil yang tidak biasa. Maka dari itu kita juga harus menggunakan lighting yang support HSS atau High Speed Synchronized. Untuk konsep kali ini kita ingin menampilkan ambient dari Bambooland ataupun suasana dari bambooland itu sendiri. Sehingga kita tidak memotret objeknya begitu dekat dengan kamera, tetapi kita juga melihatkan pemandangan yang ada di sekitar Bambooland tersebut. Proses foto berlangsung dengan lancar dan bisa disimak hasilnya berikut ini.

Nah, jika teman-teman ada yang tertarik untuk mencoba trek baru di bambooland ini, temen-temen hanya perlu membayar tiket administrasi masuk sebesar 25ribu rupiah saja. Dari ongkos yang dibayar tersebut nantinya akan digunakan untuk pembangunan oleh masyarakat sekitar, dan juga digunakan sebagai pengembangan trek itu sendiri. Menarik bukan trek baru di Yogyakarta ini.. langsung saja kunjungi trek Bambooland ini di daerah Turgo ya..

RECENT POSTS

    Leave a comment