June 26, 2018

Cara Bikin Vlog ala Studio Modal Handphone

Teknologi yang terus berkembang membuat para foto dan videographer lebih kreatif dalam memaksimalkan alat-alat yang mereka punya. Tidak hanya videographer handal saja saat ini yang mengisi content-content Youtube. Justru malah vloger-vloger yang pandai berbicara dan berkreasilah yang seringkali mengisi timeline Youtube kita. Asalkan memiliki content yang menarik, viewers akan membludak dan membuat subscribers semakin banyak. Meskipun editan video yang ditampilkan pun tidak terlalu rumit dan professional. Namun kebanyakan orang berhenti berkarya karena keterbatasan alat yang mereka miliki. Padahal sebenarnya mereka mampu untuk membuat sebuah content menarik, hanya saja tidak memiliki peralatan yang memadai.

Nah, jika itu masalah yang kalian hadapi, kali ini Overloops akan membagikan beberapa tips bagaimana cara membuat video vlog hanya dengan bermodalkan HP saja. Kita tidak perlu membeli kamera yang mahal untuk merekam kegiatan kita sehari-hari, karena saat ini cukup banyak handphone yang menjual kamera beresolusi tinggi. Dengan berbagai fitur yang ditawarkan mulai dari image stabilizer, Low light camera, resolusi hingga 4K, dan masih banyak lagi. Kalau kita bisa memanfaatkan berbagai fitur camera handphone tersebut dengan baik, tentunya video yang dihasilkan pun akan menjadi lebih baik pula.

Begitu pula dengan editing video setelah selesai merekam dengan kamera handphone. Tidak perlu memiliki laptop dengan spek tinggi, karena saat ini sudah banyak aplikasi editing video yang menawarkan kemudahan namun editing yang dihasilkan sama dengan editing professional menggunakan laptop. Kalau kalian melakukan rekaman dan editing video dengan handphone yang sama, tentunya akan membuat pekerjaanmu menjadi lebih simple. Fitur yang ditawarkan dalam aplikasi editing video di handphone ini pun sudah cukup lengkap dan simple meskipun tidak selengkap kalau kamu menggunakan Adobe After Effect maupun Adobe Premier. Namun untuk editing vlog yang mengharuskan videomu tayang sesuai jadwal, editing dengan cara ini cukup membantu pekerjaanmu sebagai vloger.

Seperti yang dilakukan oleh tim Overloops kali ini, kita akan merekam sebuah vlog dengan menggunakan handphone dan editing secara langsung dengan handphone yang sama. Dalam pembuatan vlog menggunakan Handphone ini, kita membutuhkan beberapa peralatan meliputi 2 LED Aputure Amaran, LED Ring Light dan 3 buah tripod. Sedangkan untuk audio kita menggunakan microphone Zoom H1N. Siapkan juga handphone dengan kualitas kamera dengan fitur yang lengkap. Nah, kalau aplikasi kamera bawaan handphonemu belum memiliki fitur yang lengkap, kamu bisa install beberapa aplikasi tambahan untuk mengatur kamera seperti pengaturan kamera DSLR seperti Footej Camera.

Posisi lighting diberikan di samping kiri kita sebagai main light karena jika menggunakan ring light saja akan membuat wajah kita kurang natural. Kemudian lighting lainnya kita pasang di kanan belakang mengarah ke tembok sehingga bisa menerangi bagian belakang dan membentuk gradasi di background belakang. Bagian depan kita menggunakan ring light yang berfungsi sebagai fill in. Ring light ini juga berguna untuk menaruh kamera di tengah-tengah cahaya, sehingga bagian kanan kiri kamera bisa mendapatkan cahaya yang rata dari Ring light tersebut. dengan setting vlog seperti ini tentunya kamu tidak membutuhkan waktu dan tempat yang luas.

Selanjutnya setelah video selesai direkam, kita mengeditnya langsung menggunakan aplikasi di handphone. Kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi seperti Videoshow maupun KineMaster. Namun kita lebih prefer untuk mengedit menggunakan KineMaster. Aplikasi ini memiliki fiture yang sangat lengkap dan simple untuk melakukan editing di handphone. Editing menggunakan KineMaster ini cukup mudah karena fitur-fitur seperti layer, audio, crop, cut, dan berbagai fitur lainnya untuk editing video. Kamu juga bisa menambahkan sound effect, text, gambar dan effect ke dalam video tersebut. proses editingnya cukup mudah dan kamu bisa langsung share hasil videomu ke Youtube maupun medsos lainnya.

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa Overloops bagikan buat temen-temen yang ingin menjadi vloger tetapi memiliki keterbatasan alat. Dengan editing seperti ini kamu tidak perlu lagi memindahkan file ke laptop dan melakukan editing di laptop, sehingga kamu bisa melakukannya dimana saja dan kapan saja. Selamat mencoba dan tunggu tips-tips dari Overloops berikutnya yaa…

RECENT POSTS

    Leave a comment