Mendokumentasikan sebuah event yang besar memang harus dilakukan secara professional dan tidak main-main. Karena keberhasilan sebuah acara ini tidak hanya dinikmati saat itu juga, dengan adanya dokumentasi yang baik, event tersebut juga bsia terus dikenang hingga kapan pun. Overloops sudah banyak sekali memegang dokumentasi setiap event Bank Indonesia baik acara lokal maupun acara international. Nah, kali ini Overloops kembali dipercaya oleh Bank Indonesia untuk mendokumentasikan acara dinner bersama para petinggi bank-bank dunia dalam sebuah acara Cultural Event and Dinner G20 Framework Working Group yang diadakan di Resto Rama Shinta Jogja. Acara Dinner G20 ini adalah acara yang mempertemukan para petinggi Bank Central dari berbagai Negara seperti Mexico, China, Jepang, Australia, dan beberapa Negara lainnya.

Acara ini dimulai dari pukul 18.00 dan diawali dengan makan malam bersama para tamu undangan. Sebelum makan malam, acara dibuka dengan sambutan dari Bapak Budi Hanoto sebagai Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Jogja. Setelah makan malam, tamu undangan dipersilakan untuk menyaksikan pertunjukan Ramayana. Karena pada saat pertunjukan Rama dan Shinta ini turun hujan, akhirnya pertunjukan Rama Shinta ini dilaksanakan di dalam ruangan.

Overloops mengirimkan dua photographer untuk mendokumentasikan acara penting tersebut. Kamera yang digunakan adalah kamera Sony A7 Mark II dengan lensa 14 mm, 35 mm, dan 85 mm. Sedangkan kamera satu lagi menggunakan Canon 5D dengan lensa 135 mm agar photographer dapat membidik gambar dari jauh. Kamera Sony A7 Mark II digunakan untuk menangkap detail acara, close up, dan inti acara tersebut, sedangkan Canon 5D untuk mengambil candid para tamu undangan. Dalam mendokumentasikan acara BI ini tim kami mengalami beberapa kesulitan diantaranya penerangan yang remang-remang membuat pencahayaan dalam foto sedikit kurang, ditambah lagi bergantinya lampu show dengan cepat ketika pertunjukan Ramayana membuat tim kami harus menyesuaikan antara ISO dan cahaya yang datang.

Penggunaan flash sangat tidak dianjurkan ketika pendokumentasian sendratari Ramayana ini karena dikhawatirkan mengganggu pertunjukan tersebut. Akhirnya tim kami memilih untuk menaikkan ISO dan memaksimalkannya hingga ISO tertinggi. Namun perlu diketahui, penggunaan ISO yang maksimal ini harus sesuai dengan batas toleransi ISO yang dibutuhkan. Kami juga memanfaatkan lighting di sekitar ketika lampu-lampu panggung menyorot pertunjukan dengan cukup terang.

Tantangan kita selanjutnya adalah ketika foto bersama seluruh tamu undangan. Mengingat tamu undangan yang hadir tidak hanya negara yang menggunakan Bahasa Inggris untuk bahasa sehari-harinya, kita cukup sulit mengarahkan mereka untuk berpose. Pada akhirnya kita mengarahkan mereka dengan ditambahi bahasa isyarat atau gesture tubuh. Jadilah foto bersama seperti foto berikut ini.

Nah, itu tadi cerita dari dokumentasi event besar BI bersama para petinggi Bank Central dari berbagai Negara yang dilaksanakan di Yogyakarta. Kalau teman-teman menginginkan dokumentasi professional seperti yang dilakukan Overloops tersebut, kalian bisa menghubungi Overloops melalui Intsagram @overloops atau bisa juga melalui Fans Page Facebook Overloops. Selain mendokumentasikan event corporate, Overloops juga membuka jasa pendokumentasian wedding, post wedding, event pribadi, travelling, dan masih banyak lagi yang bisa langsung kalian lihat portofolionya di website Overloops atau Youtube Overloops.

RECENT POSTS

    Leave a comment