October 1, 2018

Dokumentasi Event WebUnconfID

WebUnconfID atau Web Community Leaders Bootcamp baru saja mengadakan event untuk komunitas Web developer bootcamp se-Indonesia di Yogyakarta. Event ini diadakan pada tanggal 29 September 2018 – 30 September 2018 dan bertempat di ETHES Coworking Space, Sleman. Event ini di sponsori oleh berbagai vendor website besar seperti Google, Mozila, Circlo, dan Tiket.com. Acara hari pertama di mulai pukul 12.00 hingga pukul 19.00 dan hari kedua mulai pukul 10.00 – 16.00. Untuk mendokumentasikan acara tersebut, Overloops dipercaya oleh pihak penyelenggara untuk mengabadikan moment-moment dalam event tersebut. beban kerja yang diberikan adalah foto dan video.

Untuk pendokumentasian event ini, Overloops mengirimkan 2 tim dengan masing-masing beban kerja foto dan video. Alat yang kita gunakan adalah Sony A7 Mark II dengan lensa 24-70 dan dipasangi flash Godox V860 Mark II. Sedangkan kamera satu lagi kita menggunkan Sony A7S yang dilengkapi dengan lensa tele macro Canon dan Audio Rode Mic Pro. Event ini pada dasarnya berbentuk seperti workshop tentang website yang mendatangkan pembicara dari luar negeri. Peserta dibentuk menjadi beberapa kelompok untuk mendiskusikan masalah-masalah dalam dunia programmer web.

Untuk teknik dokumentasi, photographer yang menggunakan lensa 24-70 mm bertugas mengambil gambar wide dan juga medium tele. Sedangkan photographer yang menggunakan lensa 100 mm bertugas mengambil gambar candid close up dan detail-detail event tersebut. Untuk menambah video menjadi lebih cinematic, kita juga menggunakan Canon 7D dengan lensa 11-14 mm untuk timelapse. Timelapse yang kita ambil seperti biasa, ketika ruangan kosong hingga terisi, ketika event berlangsung, dan ketika sore hari menjelang malam atau day to night.

Acara berlangsung sangat lancar dan kita juga tidak mendapatkan kendala apapun. Hal ini juga dikarenakan kita terbantu dengan adanya shot list yang sudah kita persiapkan satu hari sebelumnya. Sehingga ketika sudah berada di lapangan kita pun tidak kebingungan footage apa saja yang wajib kita ambil. Hanya saja, karena ruangan terlalu kecil, ruangan hanya bisa ditempati oleh pembicara dan peserta saja. Sehingga ruang untuk mendokumentasikan event dari tengah ruangan pun sangat susah. Namun kita berhasil mengatasinya dengan cara menggunakan lensa wide dan mengambil gambar dari jarak jauh. Sehingga gambar yang dihasilkan dengan lensa wide itu menjadi lebih bagus meskipun ruangannya sempit. Sedangkan untuk pengambilan gambar jauh kita bisa memanfaatkan lensa tele yang bisa mendapatkan gambar dengan foreground, objek, dan background. Selain itu, kita juga melakukan wawancara kepada pembicara, peserta, dan juga panitia.

Setelah hari pertama berjalan lancar, lanjut ke hari kedua masih dengan event yang sama dan tempat yang sama. Personil yang berangkat masih sama, 2 orang dan masih menggunakan alat-alat yang sama dengan hari pertama. Event di hari pertama dan kedua ini berjalan dengan lancar dan foto yang dihasilkan pun juga cukup memuaskan. Video tentang event ini pun sedang dalam proses editing. Nah, itu tadi cerita pengalaman kita dalam mendokumentasikan event besar seperti WebUnconfID ini. Buat temen-temen yang ingin eventnya didokumentasikan dengan baik oleh Overloops, bisa langsung saja menghubungi Overloops melalui instagram @overloops maupun Fans Page Facebook Overloops. Untuk melihat video event ini jadinya seperti apa maupun melihat portofolio Overloops lainnya, temen-temen bisa langsung saja melihatnya melalui Channel Youtube Overloops. Jangan lupa subscribe yaa..

RECENT POSTS

    Leave a comment