November 7, 2018

Dokumentasi Family Gathering Keluarga Besar OJK Yogyakarta

Setiap perusahaan maupun instansi pemerintahan selalu memiliki cara tersendiri untuk membuat suatu kegiatan yang melibatkan anggota keluarga para karyawannya. Seperti wisata bersama ke suatu tempat wisata, acara makan bersama, outbond, hingga family gathering seluruh keluarga besar instansi tersebut. Sama halnya dengan OJK Yogyakarta ini. Pada hari Minggu, 4 November 2018 kemarin, keluarga besar OJK Yogyakarta mengadakan family gathering di Khayangan Resort Kaliurang. Acara ini diadakan untuk mengatasi kejenuhan ketika bekerja dan tentunya menambah kekompakan tidak hanya dari karyawannya saja, tetapi juga keluarga besar OJK Yogyakarta.

Untuk mengabadikan moment berharga ini, OJK kembali mempercayai Overloops untuk mendokumentasikan acara tersebut. acara yang cukup santai ini berjalan lancar dari pagi hingga sore hari. Lokasi family gathering ini memiliki konsep piknik outdoor dengan berbagai spot foto menarik, spot-spot untuk piknik santai, barbeque-an, dan playground untuk anak-anak. Acara pertama family gathering ini adalah ramah tamah, ngobrol santai dengan anggota OJK, games seru, sambutan dari kepala OJK, tukar kado, dan ditutup dengan foto bersama.

Karena beban kerja yang diberikan hanya dokumentasi foto saja, peralatan yang kita gunakan adalah kamera Sony A7 Mark II dengan flash Godox V860 yang dipadukan dengan lensa Thamron 28-75 mm dan lensa 135 mm. Karena event ini bersifat sangat santai, dalam pendokumentasiannya kita harus bisa peka terhadap lingkungan sekitar. Kita memanfaatkan spot-spot foto yang telah disediakan untuk mengajak masing-masing keluarga berfoto di sana. Masing-masing keluarga pun cukup antusias untuk kita direct ketika foto di spot tersebut, sehingga tidak ada kendala yang kita hadapi dalam pendokumentasian ini.

Dalam dokumentasi ini, kita sengaja menggunakan 2 lensa, karena lensa 28-75 Thamron ini merupakan zoom lens yang memiliki jarak rentan g focal length dari 28 mm hingga 75 mm. Tentunya ini akan mempermudah photographer untuk mendokumentasikan acara secara cepat. Framing yang ditengkap juga bisa menyesuaikan dengan kegiatan. Lensa ini kita gunakan untuk mengambil moment-moment kebersamaan keluarga besar OJK ini. Sedangkan lensa 135 mm ini merupakan fix lens dan tele/jarak jauh, kita gunakan untuk mengambil foto candid. Lensa ini juga memiliki focal length 135 dengan bukaan f.2 sehingga foto antara foreground dan background bisa sangat bokeh dan tajam.

Kemudian sampai di rangkaian acara terakhir yaitu sesi foto bersama. Karena jumlah anggota OJK bersama keluarganya ini cukup banyak dan mereka membawa anak-anak juga, kita harus bisa mengatur formasi yang bagus untuk foto bersama. Kita juga harus mencari spot yang bagus untuk dijadikan background foto bersama ini. Sedangkan untuk lensa yang kita gunakan, kita memilih lensa 28-75mm dengan bukaan lebar dan dibantu dengan fitur full frame dari Sony A7 Mark II ini tentunya foto yang kita dapatkan bisa tercover dengan baik.

Tidak hanya itu saja, meskipun foto bersama ini dilakukan di luar ruangan, kita tetap menggunakan flash untuk pencahayaannya. Untuk apa? Flash di outdoor ini berfungsi untuk mengimbangi arah datangnya cahaya matahari yang menyorot ke subjeknya. Karena tidak ada media untuk memantulkan cahaya, kita menggunakan reflector bawaan dari flash Godox ini untuk mengarahkan cahaya ke subjeknya.

Ya, itu tadi cerita pengalaman kita dalam ketika mendokumentasikan acara family gathering keluarga besar OJK Yogyakarta. Untuk teman-teman yang berminat menggunakan jasa Overloops untuk mendokumentasikan event terbaik kalian, bisa langsung saja menghubungi Overloops melalui instagram @overloops atau bisa juga melalui Fans Page Facebook Overloops. Untuk portofolio Overloops, temen-temen juga bisa melihatnya melalu channel Youtube Overloops, dan jangan lupa subscribe yaa…

RECENT POSTS

    Leave a comment