August 9, 2018

Dokumentasi Komisioner OJK Jakarta Visit ke Jogja

Pada hari Jumat, 3 Agustus 2018 kemarin, Overloops kembali dipercaya oleh Otoritas Jasa Keuangan untuk mendokumentasikan kegiatan Soft Launching Bank Wakaf Mikro Lembaga Keuangan Mikro Syariah di kampus UNISA terkait bantuan dari OJK untuk mitra OJK. Tim Overloops berangkat sejumlah 2 orang untuk mendokumentasikan kegiatan ini, yang mana photographer pertama memiliki beban pengambilan gambar tele dan photographer lainnya mengambil wide-nya.

Untuk pengambilan foto wide ketika acara, menggunakan kamera Canon 5D Mark II dengan lensa 24-70 mm. Teknisnya karena yang dipakai ini merupakan lensa zoom, kita menggunakannya di beberapa vocal length mulai dari 24 sampai ke 70 agar gambar terlihat dinamis dan pindah dari titik satu ke titik yang lain. Untuk pengambilan gambar candid menggunakan kamera Sony A7S dengan lensa 100mm.

Dalam pendokumentasian peresmian bank ini kita memiliki kendala, bagaimana memotret peresmian yang dihadiri oleh para protokoler OJK ini tanpa mengurangi etika dokumentasi yang baik. Sehingga kita harus berebut tempat yang semestinya karena cukup banyak wartawan meliput acara ini dan memasang posisi yang baik di depan para protokoler tersebut. Acara soft launching ini berlangsung lancar. Setelah selesai acara utama ini, para komisaris OJK dan istri-istri pejabat OJK tersebut memisahkan diri untuk mengadakan kegiatan selanjutnya.

Pada sesi kedua ini, istri-istri pejabat OJK berkunjung ke Panti Sosial Tresna Werdha untuk menengok orang tua lanjut usia yang ada di Panti Sosial ini. Pendokumentasian sesi kedua ini menggunakan teknik yang sama dengan dokumentasi seminar. Memanfaatkan peralatan yang ada, photographer Overloops menggunakan kamera 5D dan lensa 24-70. Beban kerja yang diberikan hanya mendokumentasikan foto saja, namun kami juga mengambil beberapa video di acara tersebut. Kurang lebih beban kerja di kegiatan istri pejabat OJK ini adalah mendokumentasikan perjalanan mereka.

Kesulitan yang dihadapi adalah karena hanya ada satu photographer yang ikut dalam perjalanan ini, kita harus bisa mendokumentasikan moment-moment penting dengan cepat dan jangan sampai kehilangan moment tersebut. Solusi kita adalah menggunakan lensa zoom. Dengan lensa 24-70 ini kita bisa mendapatkan lensa lebar dan lensa lebih close sehingga di dapatkan gambar yang lebih dinamis. Dengan demikian dokumentasi perjalanan dapat tercover dengan baik sampai sesi makan bersama di Jejamuran dan berbelanja di Batik Alusan. Setelah selesai berbelanja, rombongan istri pejabat OJK ini kembali ke Hyatt Regency untuk melanjutkan perjalanan selanjutnya.

Sesi selanjutnya adalah sesi foto bersama seluruh pejabat OJK di Candi Boko. Sebelum melakukan sesi foto di Candi Boko, kita Tim Overloops terlebih dahulu membuat surat perijinan di Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah untuk mendapatkan ijin foto di candi. Sesi foto bersama di Candi Boko ini dilakukan oleh 2 photographer kami dan diasisteni oleh 4 siswa Pondok Multimedia. Peralatan yang digunakan berbeda dengan alat-alat untuk seminar dan dokumentasi perjalanan. Kita menggunakan kamera A7 Mark II dengan lensa Sony Zeiss 11-35 mm, Sony 50 mm dan Canon 16-35 mm yang ditambahkan converter.

Teknis pemotretan ini menggunakan teknik strobist dengan menggunakan bantuan lampu flash. Kita membawa 3 lampu flash meliputi Godox Ad600 yang dipasangi softbox dan light stand. Kemudian yang kedua kita menggunakan flash Godox Ad360 yang juga dipasangi softbox dan flash speedlight Godox 860. Penempatan flash Godox Ad600 dan Ad360 ini diletakkan di area kanan dan kiri. Untuk menambah kedinamisan foto, ditembakkan satu flash dari belakang mengarah ke atas sehingga dihasilkan flash yang menyinari bangunan candi tersebut.

Dalam sesi foto ini cukup banyak kendala yang kami hadapi. Kendala pertama adalah waktu sesi pemotretan yang bersamaan dengan sesi shooting Asian Games oleh instansi pemerintahan. Setelah berdiskusi dengan pihak Asian Games, akhirnya mereka mendahulukan shooting Asian Games tersebut berhubung pihak OJK juga belum sampai di lokasi. Pihak Asian Games sendiri juga akan mempercepat shootingnya hingga pukul 17.30.

Namun kita mendapatkan kendala selanjutnya yang mana pihak OJK ini terlambat sampai di lokasi dikarenakan kondisi jalan menuju Candi Boko yang jaraknya cukup jauh dan jalan yang macet. Sehingga kita kehilangan moment sunset di Candi Boko. Candi Boko memang terkenal sebagai warisan budaya yang memiliki keindahan view ketika sunset. Namun meskipun tidak mendapatkan sunset, kita berhasil mendapakan moment blue hour di Candi Boko ini yang menambah keindahan pada foto. Sehingga didapatkan hasil foto seperti berikut ini.

Acara berlanjut dengan makan malam bersama di Restoran Abayaghiri. Kami tim Overloops juga mendokumentasikan acara tersebut hingga selesai dan melakukan sesi foto bersama lagi di resto tersebut. Kamera yang kita gunakan adalah Sony A7 Mark II dengan lensa 85mm dan lensa 24-70mm yang dipasangi flash Godox V860 pada masing-masing kamera. Kendala yang kita dapatkan adalah kondisi ruangan resto yang cukup gelap, sehingga kita harus menggunakan flash yang di bounching ke atas untuk menerangi sesi foto.

Nah, itu tadi cerita pengalaman Tim Overloops dalam mendokumentasikan kegiatan OJK Jakarta yang berkunjung ke Jogjakarta dari pagi hingga malam hari. Overloops merupakan jasa foto dan video yang dengan senang hati melayani kebutuhan para client dan mengikuti permintaan client dengan baik. Jika kalian ingin menggunakan jasa Overloops untuk mendokumentasikan event-event penting kalian, bisa langsung saja menghubungi kami melalui instagram @overloops maupun Fans Page Facebook Overloops. Untuk melihat berbagai portofolio Overloops, kalian bisa melihatnya di Channel Youtube Overloops.

RECENT POSTS

    Leave a comment