December 18, 2017

Dokumentasi Pinasthika Creative Festival

Pinasthika Creative Festival

Event yang diadakan oleh P3I (Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia) Pemda Jogja ini bekerja sama dengan PT Kedaulatan Rakyat untuk membuat sebuah event apresiasi penghargaan kepada insan-insan creative Indonesia yang khususnya bergerak dibidang periklanan seperti iklan cetak, televisi, dan juga radio. Event ini juga memberikan penghargaan kepada pemilik industry creative pemula atau agensi-agensi pemula maupun pelajar. Overloops sudah bekerja sama dengan event Pinasthika ini mulai dari tahun 2013. Tim Overloops sendiri merasa senang tergabung dalam event Pinasthika ini karena ini merupakan kesempatan yang luar biasa untuk tim Overloops bisa bergabung, berkumpul, dan bersama-sama dengan insan-insan creative dari seluruh Indonesia baik Jakarta maupun kota-kota besar lainnya dan melihat secara langsung bagaimana proses penjurian dan kriteria untuk membuat iklan yang baik. Harapannya juga bisa menambah ilmu untuk tim Overloops sendiri.

Banyak keseruan yang terjadi di event Pinasthika tahun ini yang mengambil tema do well yang artinya pertentangan atau adu pendapat. Bisa juga diartikan doing well, bagaimana berkolaborasi lintas industry creative, lintas bidang, lintas komunitas, lintas bidang. Dari Overloops sendiri kita mengirim 2 orang tim untuk event Pinasthika yang terbagi menjadi beberapa event lagi. Pertama, Pinasthika mengadakan Seminar dan Workshop di Hotel Indeluxe Jogja dan dibagi menjadi 3 sesi yang diisi oleh Ayah Djito Kasilo sebagai orang yang selama ini konsen terhadap anak muda atau mahasiswa yang bergerak dibidang industry creative. Kemudian ada pula dari Nia Nugroho dari Narada yang berbicara mengenai social media, dan yang terakhir seminar dari Mas Hari dan Mas Abi, merupakan pakar komunikasi yang berbicara tentang creative thinking mulai dari mencari ide hingga eksekusi ide tersebut. Hari kedua, Pinasthika mengadakan event Gallery karya-karya Pinasthika dan dilanjutkan dengan awarding di malam hari.

Ada beberapa tips yang akan kita bagi untuk mendokumentasikan sebuah event seperti ini. Dalam event ini, kita berusaha untuk membuat video ini memiliki tampilan yang dinamis. Maka yang harus kita lakukan tidak hanya mendokumentasikan acaranya saja, tetapi kita juga berusaha untuk membuat video yang mencakup semua informasi atau bahkan hal-hal yang menarik saat perlombaan berlangsung. Di pinasthika ini kita juga mendapatkan tantangan untuk mengerjakan videonya dengan kosnep same day edit. Maka dari itu, kita membutuhkan rencana untuk melakukan editing secara efisien dan efektif. Selain itu, kita juga membuat shoot list yang nantinya akan digunakan sebagai acuan dalam pembuatan video dan memastikan video tersebut sudah dinamis sehingga mempermudah proses editing.

Tips pertama ketika mendokumentasikan event, kebanyakan video atau photographer terpacu untuk langsung mendokumentasikan event saja, padahal untuk sebuah video yang menarik, kita harus menampilkan informasi dimana event tersebut dilaksanakan, bagaimana serunya sebelum acara berlangsung, apa yang menarik dari lokasi perlombaan tersebut, dan masih banyak lagi. Seperti yang dilakukan Tim Overloops ketika di awal dokumentasi, kita merekam bagaimana uniknya bangunan Monumen Jogja Kembali ini, dan apa yang menarik dari bangunan ini. Menurut Arlita Dwi Utami sebagai Program Director event ini, Monumen Jogja Kembali terkesan sebagai museum yang selalu mengingat sejarah masa lalu. Namun dengan adanya event industry creative ini, Pinasthika lebih menghidupkan Monumen Jogja Kembali dan tidak melulu tentang masa lalu, namun juga membicarakan tentang masa depan industry di Indonesia ini. Kita juga melakukan timelapse untuk merekam keseluruhan gedung Monjali ini supaya lebih epic, merekam timelapse ketika peserta memasuki ruangan, proses registrasi, kemudian baru masuk ke acara tersebut.

Selain itu, fungsi videography adalah bagaimana kita bisa menyajikan hal-hal yang luput dari perhatian orang-orang seperti ketika event dimulai, kita bisa mengambil gambar ekspresi penonton, momen ketika applause, dan Tanya jawab merupakan hal penting yang harus didokumentasikan sehingga video bisa tercover dengan lengkap. Kita membagi tugas kepada dua tim tersebut untuk masing-masing mengambil shoot untuk video dan satunya mendokumentasikan foto jalannya acara tersebut. Kita menggunakan strategi satu orang membawa dua kamera dengan tugas utama mengambil dokumentasi foto sekaligus membuat backup video. Satu lagi focus sebagai videographer. Namun ada kalanya mereka juga mendouble job untuk foto dan video sehingga kita bisa mendapatkan gambar yang variatif dan lengkap.

Sekian tips mendokumentasikan event seminar dan pameran dari Overloops. Kalau kalian menginginkan dokumentasi event seperti Pinasthika ini, kalian bisa menghubungi Overloops melalui instagram @overloops atau bisa juga melalui Facebook Page Overloops. Nantikan video full dokumentasi event Pinasthika di Channel Youtube Overloops, dan jangan lupa Subscribe yaa…

RECENT POSTS

    Leave a comment