April 27, 2018

Dokumentasi Rakorwil Tim Pengendali Inflasi Se-Jawa oleh Bank Indonesia

Melihat perkembangan jaman yang semakin maju, tentunya inflasi menjadi semakin tidak terkontrol karena banyaknya perputaran uang di kalangan masyarakat. Untuk itu perlu adanya acara Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi seperti yang baru-baru ini dilaksanakan oleh Bank Indonesia. Overloops kembali diberi kepercayaan oleh Bank Indonesia untuk mendokumentasikan acara Rakorwil Tim Pengendali Infalasi Se-Jawa yang diadakan di Yogyakarta. Acara ini dilaksanakan dua hari dan bertempat di Hotel Royal Ambarukmo Yogyakarta. Acara ini dihadiri oleh Bank Indonesia dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah se-Jawa. Overloops diminta untuk mendokumentasikan acara rapat koordinasi ini dari awal acara hingga akhir acara. Kebutuhan dari dokumentasi acara ini hanya foto saja, sehingga Overloops mengirimkan 1 photographer saja dalam selama dua hari tersebut.

Pada hari pertama, acara dimulai dengan upacara pembukaan dan dilanjutkan dengan rapat koordinasi. Untuk hari pertama ini acara dilaksanakan di Ballroom Karaton dan memakai setengah ruangan saja dari ballroom tersebut. Kamera yang digunakan untuk dokumentasi acara ini adalah kamera Sony A7 Mark II dan 3 jenis lensa fix yaitu 14mm, 35mm, dan lensa 85mm. Acara dibagi menjadi 2 ruangan, di Ballrom Karaton dan di Ruang Pemandangan Hotel Royal Ambarukmo lantai 8. Ruang pemandangan ini seperti ruang kelas dan berbentuk latter U. Untuk pengambilan gambar yang sempit ini, kita menggunakan lensa 14 mm, untuk mendapatkan gambar yang lebih close lagi kita menggunakan lensa 35 mm, dan untuk mengambil detail close up menggunakan 85 mm. Kita juga menambahkan flash Canon 580 yang dipasangkan di kamera Sony yang di bounching ke atas.

Hari kedua acara grand dihadiri oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X dan deputi-deputi lainnya. Acara dimulai dengan foto formal bersama sehingga komposisi kanan, kiri, atas dan bawah itu harus seimbang. Karena lampu hotel identic dengan warna kekuningan, kita mengantisipasinya dengan bounching flash ke atas ketika memotret. Kemudian setting juga white balance yang ada pada kamera dan usahakan berada di bawah 5000 atau disesuaikan dengan keadaan ruangan. Karena ruangan di Ballroom Karaton ini cukup luas dan dipakai seluruhnya, pada hari kedua kita menggunakan lensa 24-70 yang biasa digunakan untuk mengambil setup ruangan lebar dan lebih ke long shoot. Sebagai pendokumentasian yang baik, kita tidak boleh mengganggu jalannya acara tersebut hanya untuk sekedar mengambil foto. Sehingga kita menggunakan lensa tele 135 mm untuk memaksimalkan pengambilan gambar dari jauh.

Nah, itu tadi cerita pengalaman Tim Overloops dalam mendokumentasikan acara formal Bank Indonesia. Overloops sebagai salah satu vendor photography dan videography tentunya senang untuk memberikan berbagai tips dan share pengetahuan pendokumentasian yang baik. Untuk kalian yang ingin event nya didokumentasikan juga oleh Overloops, kalian bisa langsung saja menghubungi Overloops melalui instagram @overloops atau bisa juga melalui Fans Page Facebook Overloops. Untuk melihat portofolio Overloops lainnya, temen-temen bisa juga melihatnya di Channel Youtube Overloops, dan jangan lupa subscribe yaa…

RECENT POSTS

    Leave a comment