March 6, 2018

Early Retirement Planning PT Pertamina Pedeve Indonesia

Overloops memang sering kali menerima jasa pendokumentasian event-event penting corporate yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah PT Pertamina Dana Ventura atau Pedeve Indonesia. Pertamina Pedeve ini merupakan salah satu anak perusahaan Pertamina yang bergerak di bidang usaha Modal Ventura. Dalam rangka pembekalan pensiun dini para karyawan PT Pertamina Pedeve Indonesia, anak perusahaan Pertamina ini mengadakan pelatihan di Yogyakarta. Tepatnya mereka mengadakan pelatihan usaha mandiri di Hyatt Regency Yogyakarta. Acara ini dilaksanakan selama 5 hari di Hyatt dengan jumlah peserta 20 orang. Pelatihan untuk karyawan yang akan pension dini ini ditujukan agar mereka memiliki skill dalam bidang agrobisnis maupun usaha kuliner setelah tidak bekerja di Pertamina.

Pembicara pada hari pertama, diberikan pelatihan psikologi oleh Ibu Retno Indaryati dengan tujuan para karyawan yang pensiun dini ini tidak kaget ketika mereka sudah tidak bekerja lagi nantinya. Karena memang pada kenyataannya kebanyakan pekerja akan merasa dirinya sudah tidak diperlukan lagi setelah pension. Sehingga harus diberikan pelatihan terlebih dahulu untuk mengasah skill mereka masing-masing. Menurut bapak Saril Samat salah satu peserta pelatihan, pensiun dini adalah karir kedua mereka, sehingga setelah pensiun ini nantinya mereka memiliki karir baru dengan membuka usaha sendiri. Dengan diadakan pelatihan ini, para peserta memiliki pemahaman lebih ketika harus membuka usaha sendiri nantinya.

Selama 3 hari, para peseta mendapatkan pelatihan dari berbagai sumber seperti Bapak Hanitianto Joedo sebagai Founder The Joedo Center, Bapak Bambang Pramono Setyo sebagai Kepala Balai Budidaya Ikan Air Tawar Muntilan, Ibu Bertha Suranto sebagai Owner Joglo Ndeso Restaurant & Kebun Hidroponik, dan Bapak Ratidjo sebagai Owner Jejamuran Restaurant. Kemudian di hari ke 4 para peserta diajak langsung ke berbagai unit usaha mandiri sekaligus mempraktekkan apa yang telah dipelajari sebelumnya. Mereka terlihat sangat antusias mengikuti berbagai kegiatan yang telah dipersiapkan oleh panitia dari hari pertama hingga hari ke 5.

Nah, tim Overloops berkesempatan untuk mendokumentasikan event Pertamina Pedeve tersebut. kami mengirimkan 2 tim photographer yang juga menjadi videographers di event tersebut. Kami menggunakan kamera A7 Mark II dan mic rode, flash Godox V860, dan tripod. Kedua tim kami bekerja secara sift siang dan sift malam karena memang acara ini dilaksanakan mulai pukul 8.00 hingga 20.00.

Kendala yang kami hadapi dari acara ini adalah dengan adanya 2 beban kerja memotret dan mem-video, dan mixer yang kami bawa tidak mau merecord. Akhirnya dengan solusi yang kita punya, kita menggunakan rode yang ditembak ke dalam ruangan, suara itu di record dengan mic shotgun langsung ke kamera. Karena menggunakan hot shoe, kami harus merelakan untuk tidak menggunakan flash terlebih dahulu. Flash kita gunakan kembali ketika foto bersama para pembicara.

Nah, itu merupakan beban dari pendokumentasian 1 foto dan 1 video yang hanya didokumentasikan oleh 1 orang saja. Solusinya adalah kita harus merelakan tidak menggunakan flash karena foto tanpa flash ini masih bisa di edit menggunakan Photoshop. Ketika dokumentasi di luar ruangan, kami menerjunkan 2 photographer dan videographer sekaligus agar pengambilan gambar bisa mobile. Hasil dari video yang sudah kita ambil ini nantinya akan dibuat sebuah video kompilasi cinematic dari hari 1 hingga hari ke 5 dengan detail video penjelasan di dalam ruangan bisa di insert lagi dengan yang di outdoor. Ketika pemateri menjelaskan agrobisnis kita bisa memasukkan video yang outdoor ke dalamnya.

Nah, tunggu hasil video Pertamina Pedeve ini di Youtube Overloops ya. Kalau kalian tertarik untuk meminta bantuan Overloops mendokumentasikan acara penting kalian, bisa menghubungi kami melalui instagram @overloops atau bisa juga melalu fanspage Overloops di Facebook. Buat event kalian bisa dikenang dengan dokumentasi yang susah untuk dilupakan juga.

RECENT POSTS

    Leave a comment