Yogyakarta terkenal dengan makanan khasnya yang memiliki cita rasa manis dan identik dengan gudeg. Ya.. seperti slogan Jogja Istimewa, gudeg ini juga memiliki rasa yang istimewa pula. Belum sah rasanya kalau kamu pergi ke Jogja tapi tidak merasakan makanan khas Jogja ini. Nah, di Yogyakarta ini terdapat gudeg yang sangat khas dan wajib kamu coba, yaitu Gudeg Bu Tjitro. Gudeg Bu Tjitro juga menyediakan gudheg kalengan yang bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk teman dan kerabat kamu. Selain kalengan, Gudeg Bu Tjitro juga terkenal dengan Gudheg Kendilnya yang sangat nikmat. Dengan pelengkap seperti sambel goreng krecek, kacang tholo, tempe kedelai, telor itik, dan ayam kampung. Pengemasannya meskipun di dalam kendhil, gudeg Bu Tjitro ini dimasak tanpa menggunakan pengawet sehingga hanya bertahan sekitar 3 hari saja.

Untuk mengiklankan produk food and baverage Gudeg Bu Tjitro ini, owner dari gudeg special ini menggunakan Overloops untuk melakukan pemotretan. Overloops menggunakan kamera 5d untuk memfoto berbagai makanan yang ditawarkan oleh Gudeg Bu Tjitro ini. Dalam pemotretan ini, untuk mendapatkan sebuah foto yang memiliki proporsi sempurna kita harus memperhatikan hal-hal kecil yang tidak boleh terlewatkan. Berikut ada beberapa tips dan trik agar foto yang kamu ambil bisa terlihat epic:

  1. Gunakan Warna Alas Yang Sederhana

Dalam proses pemotretan, kamu harus tahu produk yang akan kamu foto itu kontras dengan warna apa saja. Lebih baik menggunakan warna yang tidak terlalu kontras atau cenderung pada warna soft. Sangat disarankan untuk memilih background warna putih.

  1. Menggunakan Properti Bahan Dasar Makanan

Untuk menambah kesan realistis, gunakan garnish atau pelengkap foto dari bahan dasar makanan itu sendiri. Ini seperti menjelaskan bahwa makanan tersebut berbahan dasar seperti yang terlihat pada property.

  1. Pencahayaan Merupakan Hal Mutlak

Pemberian lighting pada foto produk merupakan hal yang paling utama. Jika ingin memperlihatkan kesan tajam, berikan lighting dibelakang makanan, dan jika ingin terlihat tanpa shadow, gunakan lighting dari berbagai arah. Penggunaan lighting juga bisa memperlihatkan asap yang keluar dari makanan dingin maupun panas.

  1. Mainkan Sudut Pandang (Angel)

Carilah sudut pandang yang berbeda-beda di setiap pemotretan produk makanan tersebut. Tonjolkan dibagian menariknya dan rasa sedap dipandang. Kalau kamu hanya memotretnya dari satu sisi saja, itu membuat fotomu terlihat biasa saja. Namun jika kamu memperlihatkan sisi yang paling nikmat dan memfokuskannya pada makanan itu saja, itu terlihat lebih menarik.

  1. Perlihatkan Sebelum dan Sesudah Makanan di Olah

Jika makanan yang kamu foto itu berada dalam kemasan kaleng seperti Gudeg Kalengan ini, kamu bisa menggunakan 2 macam foto dimana gudeg tersebut masih berada di dalam kaleng dan penyajiannya setelah dikeluarkan dari kaleng. Hal ini membuat konsumen mengerti bagaimana makanan tersebut setelah dikeluarkan dari kalengnya.

Masih ada banyak lagi tips dan trik untuk mendapatkan foto dari angel yang berbeda dan makanan terlihat menggoda. Semoga tips yang Overloops bagikan berguna untuk kalian food photographer. Kalau kamu tertarik untuk memfoto produk makananmu, kamu bisa menggunakan jasa Overloops dan menghubungi kami melalui social media Instagram @overloops atau melalui facebook Overloops. Kamu juga bisa melihat hasil karya kita yang berhubungan dengan Photofraphy dan Videography seperti Wedding, Event, Pre-wedding, dan travelling corporate maupun pribadi melalui Official Youtube Overloops, dan jangan lupa subscribe ya..

Berikut ini BTS dalam pengambilan gambar Food Baverage di Gudeg Bu Tjitro.

RECENT POSTS