July 13, 2018

Foto Bagus nggak Harus dengan Kamera Mahal

Kebanyakan orang terutama photographer pemula terkadang beranggapan untuk mendapatkan foto yang bagus harus memiliki kamera yang mahal. Karena kamera mahal ini identic dengan fitur yang lengkap. Padahal, saat ini sudah banyak kamera yang dijual dengan harga mudah namun memiliki fitur yang lengkap. Meskipun tidak sebaik merk-merk terkenal seperti Sony, Canon, Nikon, dan lainnya, kamera-kamera yang ditujukan untuk pemula ini bisa kalian jadikan alat untuk belajar photography. Namun beberapa body kamera seperti Sony pun ada yang dijual dengan harga murah. Sehingga kalian bisa memilih kamera sesuai budget sementara kalian masih memperdalam ilmu photography.

Kekuatan foto yang bagus bukan terletak pada sebearapa mahal kameranya, tetapi kuncinya berada pada lensa kamera itu sendiri. Walaupun kamera kita dibeli dengan harga yang murah, tetapi kita memiliki cukup banyak lensa, tentunya hasil foto kita akan semakin beragam dan menarik untuk dijadikan sebagai portofolio. Bahkan bisa dibilang mengkoleksi lensa lebih bagus daripada mengkoleksi body kamera. Untuk memotret foto seperti landscape, portrait, makro, maupun foto dengan jarak jauh bisa didapatkan dengan cara berganti-ganti lensa namun masih dalam satu body kamera. kalau teman-teman sudah memiliki kamera sendiri, kalian tidak perlu mengupgrade kamera secara terus menerus. Akan lebih baik kalau kalian menabung uang tersebut untuk dibelikan lensa. Dengan koleksi lensa yang lengkap, foto yang bagus bisa kalian dapatkan dengan mudah.

Memaksimalkan fitur kamera ini dalam artian kalian harus tahu settingan apa saja yang harus diubah untuk pemotretan objek tertentu. Seperti ketika kalian ingin mengambil gambar bokeh, kalian bisa menggunakan lensa 50 mm. Lensa 50mm ini sangat bagus untuk mendapatkan gambar bokeh karena memiliki bukaan lebar. Untuk bukaan lebar seperti f/1.8 pada lensa 50 mm ini akan menghasilkan foto yang jauh lebih bagus daripada lensa kit dengan bukaan f/3.5. Kita juga ada kalanya memilih lensa dengan bukaan lebar untuk memudahkan shutter speed memotret dengan cepat. Sehingga paling tidak kita memiliki masing-masing lensa yang mewakili jenis foto yang akan kita ambil.

Terkadang merk-merk lensa tertentu memiliki keunggulan masing-masing dan kita tidak bisa memungkiri misalkan lensa 50 mm merk A lebih bagus dari merk B. Maka mau tidak mau kita harus membeli lensa dengan merk A tersebut meskipun berbeda merk nya dengan kamera kita. Lalu apa yang harus kita lakukan kalau kita memiliki banyak lensa tetapi hanya memiliki 1 body kamera saja? Ya.. tidak perlu menambah body kamera untuk mengatasinya, kalian hanya perlu membeli converter lensa. Sehingga semua lensa bisa masuk ke body kamera tersebut. Harganya pun cukup murah, berkisar antara 100 ribu hingga 1 jutaan saja. Tentunya lebih murah dibandingkan membeli body lensa yang harganya jutaan.

Asalkan kita bisa memaksimalkan settingan kamera seperti ISO, Shutter speed, diafragma, white balance, dan berbagai settingan lainnya sesuai fitur kamera kita, foto yang bagus akan kalian dapatkan dengan mudah. Menabunglah untuk memperbarui lensa tanpa harus mengubah body kamera. Sekian tips dari Overloops untuk mendapatkan foto yang bagus tanpa harus memiliki kamera yang mahal. Buat teman-teman yang sedang mencoba untuk menjaid photographer pemula jangan pernah menyerah dengan keterbatasan alat. Dengan karya yang bagus dan menjual, kalian bisa melengkapi peralatan kalian nantinya. Untuk tips selanjutnya tunggu postingan kita ya.. buat kalian yang ingin melihat BTS photography ala Overloops juga bisa melihatnya melalui Channel Youtube Overloops. Sampai jumpa di tips berikutnya…

RECENT POSTS

    Leave a comment