May 25, 2018

Foto Bagus nggak Harus di Tempat yang Bagus

Mengabadikan setiap moment yang sedang terjadi memang terkadang menjadi suatu kebutuhan tersendiri bagi kaum social. Seperti ketika sedang traveling, acara ulang tahun, acara wisuda, pernikaha, dan masih banyak lagi acara yang foto-fotonya bisa kamu upload di social media. Namun tidak hanya itu saja, kamu sebenarnya juga bsia memanfaatkan beberapa lokasi yang tidak terduga sebagai tempat fotomu. Nah, di postingan kali ini Overloops akan membagiakan beberapa tips untukmu tentang bagaimana kita bisa mendapatkan foto bagus tanpa harus ke tempat-tempat yang bagus. Bahkan ditempat keramaian pun kita masih bisa berfoto ria tanpa takut terganggu oleh orang lain yang berkeliaran.

Berikut ini ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum memotret untuk mendapatkan foto yang maksimal dan tidak terduga.

  • Pemilihan Angel yang Tepat

Sebagus apapun tempat yang kamu kunjungi, jika kamu tidak bisa mencari angel yang tepat tentunya foto yang kamu ambil akan terlihat biasa saja. Sedangkan jika kamu bisa mencari angel yang tepat, tanpa berfoto di tempat yang bagus pun fotomu akan terlihat sangat bagus. Ada beberapa pilihan angel seperti frog eyes, bird eyes, dan eye level seperti yang sudah kita jelaskan di artikel How To Create Better Travel Video sebelumnya. Dengan memilih angel yang tepat, kamu akan menjumpai berbagai sisi foto yang tidak terduga. Tidak hanya itu, berikut ini ada beberapa tips untuk mendapatkan angel yang berbeda versi Overloops..

  • Memanfaatkan Foreground

Memanfaatkan foreground adalah salah satu cara untuk mencari angel yang bagus dan tidak monoton. Kita bisa memanfaatkan dedaunan, bunga, lampu-lampu, dan berbagai objek menarik lainnya untuk dijadikan foreground fotomu. Seperti foto Overloops di bawah ini, kita memanfaatkan dedaunan yang ada di depan objek untuk dijadikan sebagai foreground. Dengan sedikit efek bokeh tentunya dedaunan yang berasal dari semak belukar ini tdiak terlihat mengganggu foto yang ada di belakangnya. Tetapi membuat foto menjadi lebih keren dan adem ketika dipandang.

  • Framing yang Tepat

Tidak hanya foreground saja yang membuat fotomu terlihat cantik, tetapi juga memilih framing yang tepat. Framing ini memiliki arti membingkai objek dalam sebuah foto. Untuk mencari framing yang tepat pun tidak terlalu sulit. Framing ini bisa menjadi objek pendukung dari objek utama. Dengan demikian kita tidak bisa sembarangan memilih framing. Jangan sampai framing yang kita pilih ini lebih unggul dibandingkan objek utama. Sehingga kita hanya perlu memasukkannya sedikit saja di dalam foto kita.

Kamu bisa memanfaatkan tempat-tempat tak terduga juga sebagai framing fotomu. Seperti ketika menyeberang di zebra cross, berada di dalam kereta, atau bahkan ketika sedang berada di pasar. Orang-orang yang ikut menyeberang di zebra cross ini bisa kamu jadikan framing di samping kanan kirimu. Begitu pula dengan orang-orang yang duduk di kereta seperti beberapa foto berikut ini..

  • Memaksimalkan Teknik Foto

Hal berikutnya yang harus kamu ketehaui selain angel foto adalah memaksimalkan beberapa teknik foto. Salah satunya adalah dengan menggunakan teknik slowspeed. Dengan teknik slowspeed ini kamu bisa berfoto di tengah keramaian tanpa takut terganggu oleh orang lain. Karena dengan teknik ini, fokus akan berada pada objek sedangkan orang-orang lain di sekitar objek akan terlihat kabur.

Untuk setting kamera teknik slow speed ini, kamu perlu mempersiapkan beberapa hal seperti tripod, filter ND, Kamera DSLR. Setelah mendapatkan beberapa peralatan tersebut, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan kecepatan shutter yang kita inginkan. Jika kamu sudah menemukan yang pas, selanjutnya kamu mengatur diafragma untuk mendapatkan depth of field sesuai keinginganmu. Biasanya diafragma yang dibutuhkan dalam teknik ini berkisar antara f8.0 – f22. Sesuaikan ISO dengan keadaan lingkungan saat itu, dan pastikan ISO tersebut tidak terlalu tinggi. Tetapi jika tetap tidak bisa mengatasi ISO yang terlalu tinggi, kamu bisa menggunakan filter ND.

Dengan teknik slowspeed ini juga bisa kamu kreasikan untuk mendapatkan pengalaman berfoto yang lebih baik lagi. Misalkan seperti ketika menyebrang di jalan yang sangat ramai, atau bahkan ketika berada di bandara pun foto yang kamu ambil bisa menjadi lebih menarik lagi, yang tidak hanya menampilkan lalu lalang orang-orang di bandara. Seperti beberapa foto berikut ini..

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa kamu coba untuk memperbanyak stok foto pribadimu. Untuk mendapatkan foto yang bagus pun kamu tidak perlu bepergian jauh, karena area-area sekitarmu pun bisa dijadikan tempat untuk berfoto. Sekian tips yang bisa Overloops bagikan, selamat men-eksplore kemampuan foto kalian, dan tunggu tips-tips menarik berikutnya dari Overloops yaa…

RECENT POSTS

    Leave a comment