April 23, 2018

Jogja Hard Enduro 2018

Overloops baru saja mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan para riders dari Jogja Hard Enduro untuk membuat sebuah sesi foto teaser event yang akan berlangsung pada bulan Juli 2018 mendatang. Tim kita berangkat ke Wates yang menjadi lokasi event Enduro ini diselenggarakan. Selain untuk melihat track lomba, kita juga membuat sebuah simulasi foto dengan menggunakan teknik strobist dan pencahayaan artificial. Teknik ini kita gunakan untuk pemotretan sport motor cross. Nah, konsep yang kita tawarkan kepada panitia enduro ini adalah membuat sesi foto dengan pencahayaan yang harsh dan artificial yang dramatis untuk menambah kesan sport sehingga foto yang dihasilkan terlihat lebih keren.

Kita membawa kamera Sony A7 Mark II dengan flash Godox AD360 dan Godox V860. Pemilihan kamera dan flash ini karena Sony A7 Mark II memiliki performa foto yang cukup bagus. Sedangkan Flash Godox AD360 dan Godox V860 ini memiliki fiture HSS atau High Speed Synchronization yang memungkinkan para photographer memotret dengan kecepatan tinggi di atas flash pada umumnya. Hal ini sangat dibutuhkan, karena foto enduro sport ini bersifat sangat cepat dan kita harus mampu merekam momentnya secara freeze sehingga tidak blur gambarnya. Selain itu Godox AD360 ini memiliki power pack memiliki baterai external, sehingga memiliki daya yang kuat dan bisa diandalkan untuk pemotretan berulang-ulang, apalagi dengan power yang penuh.

Tim kita yang berangkat ke lokasi terdiri dari 1 photographer, 1 video bts, dan 2 asisten. Kita berangkat bersama-sama menggunakan motor trial ke lokasi. Sesi foto ini sangat mengejutkan dan sangat menantang. Tingkat kesulitannya pun terbilang sangat tinggi karena kita belum pernah dihadapkan oleh medan yang sangat terjal. Apalagi kontur tanahnya yang sangat curam membutuhkan konsentrasi yang tinggi agar kita tidak terjatuh. Proses kita menuju ke lokasi ini pun juga cukup menantang, karena kita harus memanjat tebing dengan membawa peralatan photography yang tidak ringan. Tetapi syukurnya kita bisa mencapai puncak dan mendapatkan spot foto yang bagus sehingga proses foto berlangsung lancar.

Tantangan ketika memotret sport extreme semacam ini tentunya cukup banyak. Kita harus selalu sigap untuk menangkap moment yang hanya berlangsung 1 kali karena dengan konsep teknik lighting yang seperti ini kita hanya bisa memotret 1 kali saja. Kita juga harus bisa menerka-nerka kemana arah motor karena memang sangat unpredictable dan beberapa kali kita hampir tertabrak motor yang melayang. Sehingga dibutuhkan konsentrasi tinggi selain memotret tetapi juga untuk melindungi diri sendiri dari motor yang terjatuh.

Event hard enduro seperti ini memang obstacle atau handicap, karena yang dihadapi berupa jalur naik yang curam dan sangat tinggi tingkat elevasinya. Tentunya tantangannya adalah bagaimana motor bisa sampai ke puncak. Tidak jarang motor yang jatuh sebelum sampai ke puncak, sehingga kita harus berlama-lama di atas untuk menunggu motor sampai ke puncak. Tapi setelah beberapa kesempatan, kita berhasil mendapatkan gambar yang bagus dan memuaskan. Nah, disitulah tingkat kepuasan yang kita dapatkan.

Untuk sesi foto yang kedua kita memotret di jalur Tong Setan, dimana ada bukit yang terjal dengan dinding yang bisa dilewati sebagai berm. Disini kita melakukan sesi photo juga dan tentunya tingkat kesulitannya lebih tinggi karena jalurnya licin. Kita harus benar-benar posisi kuda-kuda yang kuat agar tidak terpeleset. Kemudian sesi yang ketiga kita memotret di Cekdam yang medannya lebih tinggi, terjal, dan lebih panas karena semakin siang matahari semakin terik. Tetapi tentunya kita juga masih semangat untuk melanjutkan sesi foto dan kita membuat sebuah sesi foto dari kejauhan dengan menggunakan lensa tele. Sempat exited juga karena flash godox ini juga bisa menjangkau jarak yang cukup jauh dan flashnya masih bisa terkoneksi dengan baik dengan triggernya.

Sesi foto kali ini kita akhiri dengan sesi foto santai di atas bukit oleh beberapa tim kita juga. Nah, sekian cerita sesi foto kita yang kolaborasi dengan motor enduro untuk kepentingan teaser Hard Enduro yang akan dilaksanakan bulan Juli mendatang. Tim overloops senang dengan hal-hal baru seperti ini dan menantang diri untuk membuat sebuah foto yang tidak biasa. Kita dengan senang hati berkolaborasi dengan berbagai macam komunitas, melayani berbagai macam kepentingan foto komersil dengan teknik pencahayaan dan tingkat kesulitan yang seperti ini. Untuk melihat portofolio Overloops di bidang sport dan lainnya, kalian bisa melihatnya melalui instagram @overloops atau bisa juga di Fans Page Facebook Overloops. Untuk video BTS pemotretan Hard Enduro ini bisa ditunggu di Channel Youtube Overloops, dan jangan lupa subscribe yaa…

RECENT POSTS

    Leave a comment