Jika di pertengahan bulan September Overloops membuat project untuk Kapolda Cup Teaser, kali ini kita membuat project dokumentasi event Kapolda Cup Jogja Bike Fest ini. Kapolda Cup disenggelarakan pada tanggal 23 – 24 Desember 2017 di Puncak Gebang yang berada di area Suroloyo Yogyakarta. Jogja Bike Fest ini merupakan kerjasama antara Komunitas MTB Guyub Rukun dengan Kapolda Yogyakarta. Event Kapolda Cup ini berawal dari hobi Bapak Kapolda DIY tahun 2015 yang memiliki hobi bersepeda MTB dan bertemu dengan komuniat Guyub Rukun ini. Setelah pertemuan itu, tercetuslah event Kapolda Cup ini. Pelaksanaan Kapolda Cup kali ini adalah event rutin tahunan yang ketiga kalinya diselenggarakan. Panitia memilih Puncak Gebang karena menyesuaikan dengan tradisi event ini yang mengangkat daerah-daerah berpotensial untuk dijadikan tempat wisata. Event-event sebelumnya mereka menggunakan area di sekitar Merapi, sedangkan untuk tahun ini, Kapolda memilih daerah Selatan untuk mengenalkan Puncak Gebang ini sendiri ke kalayak umum.

Event ini terbilang event yang selalu ditunggu oleh para pecinta Mountain Bike karena hanya Kapolda Cup ini lah event formal yang memberikan media kepada para pecinta MTB baik pemula maupun yang sudah pro atau atlet berprestasi. Dalam pelaksanaannya ini sendiri panitia juga membedakan antara kelas pro dan pemula, sehingga mereka bisa bersaing dengan kemampuan mereka masing-masing. Setiap event Kapolda Cup ini berlangsung, pasti memiliki misi tersendiri seperti misi penghijauan. Dalam event kali ini, Polda menyumbangkan 100 bibit pohon yang akan ditanam di area start. Event yang digelar kali ini pun cukup berbeda dari event-event sebelumnya, jika event tahun 2015 menggunakan konspe enduro, tahun 2016 dengan konsep downhill, di tahun 2017 ini Kapolda Cup mengusung tema Downhill yang disandingkan dengan Cross Country lap.

Dalam Cross Country Lap ini peserta diwajibkan untuk menempuh beberapa putaran atau lap yang telah ditentukan oleh panitia. Khusus untuk pemain tua atau master day diwajibkan untuk menempuh 2 lap, untuk umum wajib menempuh 3 lap, sedangkan untuk pro atau atlet diwajibkan untuk menempuh 5 lap. Para pemain XC ini sendiri juga memiliki strategi permainan, yaitu dengan bermain keras ketika memulai pertandingan, sedangkan diakhir permainan mereka mulai melemah dan yang paling penting dalam permainan Cross Country ini adalah menjaga fisik dan kesabaran. Untuk downhill sendiri menggunakan konsep fun, karena tidak mengadakan sesi siding atau kualifikasi, dan di downhill kali ini hanya dilakukan sekali run saja sehingga lebih mengarah ke fun downhill.

Track di Puncak Gebang ini pun berbeda dari track lainnya karena kontur tanahnya yang liat dan berbatu sehingga cukup lama untuk mengering. Jadi para peserta juga harus pandai-pandai dalam memilih ban yang sesuai, seperti wet, dry, atau medium. Overloops dalam mendokumentasikan event ini pun cukup kesusahan dengan medan yang ada, karena tim kami juga harus ikut berlari untuk mendapatkan gambar yang bagus dan epic. Kecepatan dari downhill dan XC ini memaksa kita untuk bergerak cepat sehingga tidak ada sedikitpun moment yang tertinggal. Medan yang naik turun, becek, dan menanjak juga menjadi tantangan tersendiri untuk tim Overloops. Kami harus menyiapkan fisik yang prima sebelum mendokumentasikan event ini. Untuk pengambilan gambar, kami menggunakan 3 kamera dan osmo yang masing-masing meliputi Kamera Sony A7S yang dilengkapi dengan lensa 100 mm dan 14 mm untuk pengambilan candid dan slow motion. Kamera Sony A7 Mark II dengan lensa 24-70 dan lensa 85 mm untuk pengambilan gambar candid, dan yang terakhir Sony A7 Mark II dengan lensa 35 mm dan lensa 50 mm. Sedangkan Osmo digunakan untuk gerakan moving. Meskipun sempat kesusahan, tim kami berhasil mendokumentasikan event besar ini dengan baik. Untuk video jadinya belum kami release, so.. tunggu di Channel Youtube Overloops yaa…

Nah, buat kamu yang tertarik untuk meminta Overloops mendokumentasikan event sport extreme mu, kamu bisa menghubungi Overloops melalui Intsagram @Overloops atau bisa juga melalui Facebook Overloops. Tidak hanya MTB, kami juga melayani pembuatan video motorcross, parkour, marathon, dan masih banyak lagi yang bisa kamu cek langsung di Youtube Overloops, dan jangan lupa klik Subscribe yaa…

RECENT POSTS

    Leave a comment