August 1, 2017

Kapolda Cup Jogja Bike Fest 2017

Komunitas Mountain Bike atau lebih dikenal MTB yang berada di Yogyakarta dengan nama Guyub Rukun, baru-baru ini sedang membuat sebuah event yang bernama Jogja Bike Fest. Jogja Bike Fest merupakan event berseri yang rutin dilaksanakan oleh pecinta downhill ini. Sejak seri pertama, Tim Overloops adalah media partner dalam pembuatan film, fotography dan videographynya. Kami sudah bekerjasama dengan Komunitas Guyub Rukun ini sebanyak 3 seri, dan tahun ini merupakan seri yang ketiga. Di seri yang ketiga ini, MTB di laksanakan oleh Kapolda Cup di Yogyakarta. Kapolda Cup memberikan perhatian yang besar kepada pecinta downhill dengan mengadakan kejuaraan lomba downhill dan sepeda cross country di Yogyakarta untuk meperebutkan tropy dari Kapolda.

Pada kali ini, Downhill di laksanakan di puncak Gebang. Puncak Gebang ini masih termasuk trek baru dibangun, sehingga masih terlihat fresh. Tepatnya berada di area Suroloyo Yogyakarta. Nah, di kesempatan kali ini, Overloops diminta untuk membuat video trailer. Overloops akan membuat video dengan konsep yang baru dan sesuatu yang berbeda agar tidak terlihat monoton di trailer ini. Dalam video trailer ini, kami menggunakan gambaran athmosfer perlombaan downhill. Kami memanfaatkan memanfaatkan footage-footage yang terdahulu kemudian dikemas agar terlihat lebih baik menggunakan teknik multi exposure.

Kami menggunakan reka ulang, kejadian-kejadian yang ada di perlombaan downhill sebelumnya, ketika peserta menang, ketika peserta beraksi di sepeda downhillnya, ketika peserta mendapatkan support dari teman-temannya, juga ketika peserta kalah. Semuanya di reka ulang dalam bentuk video shoot di dalam studio, kemudia kita overlay dengan gambar-gambar event sebelumnya. Multi Exposure ini menggambarkan tentang seorang rider yang mendapatkan baying-bayang kekalahan. Disisi lain, diperlihatkan temannya yang berhasil menang dan menjadi juara. Rider ini diperlihatkan terjatuh, namun di tahun ini dia kembali bangkit, berlatih bersungguh-sungguh agar mendapatkan juara. Video ini lebih didramatisir dengan adanya narasi yang mengiringi video tersebut. Narasi dibuat oleh Mas Zusuf Vani, yang merupakan komite dalam komunitas Guyub Rukun.

Berikut tips pengambilan gambar yang dilakukan oleh Tim Overloops:

  1. Tim Overloops mengirimkan 3 orang untuk pengambilan video dan foto tersebut dan mendirect para talent rider untuk berakting seolah-olah mereka sedang berlomba.
  2. Kamera yang dipakai meliputi 1 Kamera A7S dan 2 kamera A7 Mark II dengan lensa 14 mm, 35 mm, 85 mm, dan 100 mm.
  3. Shooting indoor dilakukan di Kantor Overloops dengan menggunakan lighting Continues LED 5 buah, meliputi 1 lighting continues LED Godox SL 200W, 3 buah Lighting yn 300n, 1 buah lighting yongnuo 600, dan 2 buah apurtur amaran.
  4. Teknisnya dengan membuat background tembok putih yang sangat terang sehingga bayangan obyek terlihat semi siluet. Kemudian ditambah highlight a fill in dari samping agar objek terkesan memiliki dimensi.
  5. Setelah video selesai diambil, selanjutnya di overlay dengan footage yang sudah dipilih sebelumnya. Kemudian menggunakan teknik slow motion 120 fps yang akan menambah kedramatisan video ini.

Event MTB oleh Kapolda Cup ini akan digelar di akhir Bulan Desember nanti. Sudah tidak sabar ingin melihatnya kan?

Kalau kamu ingin membuat video treaser dengan konsep baru semacam ini, kamu bisa menghubungi Overloops melalui social media kami di @overloops maupun fans page Facebook Overloops. Selain video event, kami juga menerima pembuatan video wedding, event pribadi maupun corporate, dan masih ada banyak lagi yang bisa kamu lihat langsung di website Overloops.

Naskah Teaser by Zusuf Vani

Tamu tak diundang datang dalam bentuk keresahan

Sungguh silau sebuah kenangan dalam ingatan tentang kekalahan

Hampir tiada arti jika disini tak banyak kawan

Untuk meneguhkan hati bahwa diri ini bukan seorang pecundang

Karena juara datang bukan suatu kebetulan

Butuh ketekunan dan tekat untuk terus berjuang

Ya, dan aku akan datang kembali untuk sebuah tantangan

RECENT POSTS