Acara khitanan merupakan acara sakral yang sebagian orang masih sering merayakannya. Khitanan ini sendiri memiliki arti tersendiri bagi sebagian orang tersebut. Menurut Jawa, acara khitanan itu dimaknai sebagai “ngislamake” atau mengislamkan anak laki-laki sebelum dia beranjak dewasa atau baligh. Sedangankan dalam hukum Islam, khitanan ini dimaknai sebagai garis batas seorang anak menuju masa remaja atau baligh. Khitanan adalah salah satu syarat bagi setiap muslim untuk menadakan bahwa anak tersebut sudah mengetahui hokum-hukum agama yang baik dan yang salah. Sehingga dalam adat Jawa inilah yang disebut “ngislamake”. Biasanya dalam acara syukuran khitanan, orang-orang Jawa mengundang seorang ustadz untuk memanajtkan doa agar dalam acara khitanan tersebut dapat berjalan dengan lancar, khitan si anak juga sah, dan luka setelah khitan segera lekas sembuh.

Acara khitanan ini biasanya dilengkapi dengan kenduri yang menjadi selamatan pembuka sebuah hajatan. Menggunakan beberapa uba rampe seperti nasi tumpeng, sayur, mihun, thontho, peyek, keper, srundeng dan krupuk. Seperti yang dilakukan oleh salah satu client Overloops, Yoshi dan Nana yang merayakan acara khitanan putra pertamanya Zivka yang dilaksanakan bersamaan dengan saudaranya Rafa. Acara ini berlangsung dengan tema glamour dan sangat mewah. Acara ini diadakan di Perumahan Puri Arta yang memiliki kolam renang mewah, sehingga acara itu juga di adakan di samping kolam renang tersebut.

Bekerja sama dengan Event Organizer Makarina, Overloops mendokumentasikan acara tersebut dari awal acara hingga selesai. Acara ini dilaksanakan di malam hari, dan Overloops menggunakan beberapa kamera seperti kamera 5D dan kamera 7D. Kami juga menggunakan Gopro dan Drone untuk mengambil gambar dari atas. Bahkan para tamu undangan pun terlihat sangat antusias dengan cara dokumentasi Overloops. Mereka terlihat melambaikan tangan pada saat drone mengambil gambar dari atas. Menurut Yoshi dan Nana, acara khitanan ini merupakan acara penting dan tidak ada yang boleh terlewatkan sedikit pun dalam dokumentasinya.

Nah, kalau kamu ingin mendokumentasikan event pribadi seperti ini, kamu bisa langsung saja menghubungi Overloops melalui instagram @overloops atau bisa juga melalui Facebook Page Overloops. Kamu juga bisa meminta jasa Overloops untuk dokumentasi birthday party, pre-wedding maupun wedding, video travelling, dan video dokumentasi lainnya yang bisa kamu lihat langsung di Channel Youtube Overloops.

RECENT POSTS