March 23, 2018

Launching Budaya Kerja BI Yogyakarta

Overloops sebagai vendor photography dan videography di Yogyakarta yang sudah sejak lama bekerja sama dengan Bank Indonesia, mendapatkan kepercayaan lagi oleh Bank Indonesia untuk mendokumentasikan acara terbang tingginya lepas landas Bank Indonesia. Acara ini diadakan dalam rangka launching Budaya Kerja Bank Indonesia di Museum Dirgantara Yogyakarta. Dengan mengusung tema “BI DIY terbang tinggi untuk meraih prestasi lebih tinggi” dan berkolaborasi dengan Museum Dirgantara untuk menyesuaikan tema acara ini. Menurut Kepala Perwakilan dalam sambutannya, diadakannya acara ini memiliki tujuan di tahun 2018 ini prestasi Bank Indonesia lebih baik lagi dibandingkan tahun 2017. Diharapkan semua pegawai baik organic maupun mitra kerja dapat berpartisipasi aktif untuk menjadi agen perubahan BI Yogyakarta yang semakin istimewa.

Pengambilan tema lepas landas ini sesuai dengan analoginya pesawat yang akan mengudara. BI sendiri sudah take off sejak beberapa tahun lalu, dan dengan diadakan acara lepas landas ini harapannya BI bisa terbang lebih tinggi lagi untuk prestasi yang lebih baik. Untuk membuat suasana lepas landas ini terasa lebih nyata, petinggi dan karyawan Bank Indonesia Perwakilan DIY menggunakan kostum pilot khas Dirgantara Indonesia. Acara yang dimulai selepas Subuh hingga pukul 10.00 ini berlangsung dengan lancar meskipun sempat terkendala oleh penyusunan formasi yang memang jumlahnya cukup banyak. Namun pada akhirnya Overloops berhasil mengatur semua formasi dengan baik sehingga dihasilkan foto seperti ini.

Overloops mengirimkan 2 tim untuk photo dan video, dengan 2 asisten yang membantu jalannya dokumentasi ini. Karena fokusnya untuk membuat sebuah foto formasi angkatan udara di depan pesawat, kita berangkat pagi-pagi sekali untuk mendapatkan langit sunrise yang indah. Tantangan kita dalam dokumentasi kali ini adalah kita harus memotret di tempat yang tinggi dan menyusun formasi orang-orang yang tidak terbiasa dengan baris berbaris memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Dalam dokumentasi ini kita menggunakan lensa 17-40 untuk mencangkup range wide dengan 2 kali sesi. Sesi kedua kita menggunakan lensa 24 mm agar foto yang dihasilkan lebih close dengan jarak pengambilan gambar lebih jauh.

Nah, setelah selesai foto formasi, kita juga melakukan sesi pengambilan gambar perorangan dengan background pesawat. Untuk pengambilan gambar perorangan ini kita menggunakan teknik strobist dengan 2 titik dengan tambahan light modifier dari softbox untuk main lightnya. Dalam sesi ini kita mendapatkan foto-foto yang dramatis dengan langit yang mendung, tapi dengan cahaya dan shading yang cukup dynamic.

Setelah kita selesei memotret untuk sesi perseorangan, berlangsunglah acara utama launching budaya kerja BI ini. Kita menggunakan kamera A7 Mark II 2 buah, dengan lensa 17-40 dan lensa 135 mm untuk kamera utama. Kemudian kita juga menggunakan lensa 24-70 dan 100 mm untuk kamera kedua. Setelah acara utama selesai, kita melanjutkan sesi foto kembali dengan petinggi Bank Indonesia dan perwakilan Museum Dirgantara. Setelah itu ada sesi keliling Museum Dirgantara yang dilanjutkan dengan foto bersama kembali di dalam hanggar pesawat. Kita menggunakan lensa 17-40 dengan kamera Sony A7 Mark II dengan formasi lighting yang sama.

Dalam pengambilan gambar di hanggar pesawat ini, tantangannya adalah kita menggunakan teknik indoor strobist, sehingga kita juga harus mampu memainkan rasio cahaya supaya ambient dan cahayanya menjadi lebih sinkron. Kemampuan dari flash Godox A360 dan V860 ini mampu di sett dengan power minimal sehingga bisa mengimbangi suasana yang gelap. Kita sett di 1/28 powernya dengan speed 1/20 second sehingga didapatkan balance yang imbang antara ambient dengan objek yang difoto.

Sekian dari Overloops Photography selaku vendor foto dan video yang tidak hanya mendokumentasikan hal yang biasa, tetapi juga memberikan nilai tambah dengan memberikan foto-foto yang dramatis. Sebagai pelengkap dan sebagai nilai tambah tersendiri dengan kesan atau hasil dari sebuah acara yang tidak hanya dokumentasi yang baik, tetapi juga foto-foto yang berkualitas. Nah, kalau kalian tertarik untuk membuat foto-foto dramatis dengan berbagai konsep seperti Bank Indonesia ini, kalian bisa menghubungi Overloops melalui instagram @overloops maupun fans page Facebook Overloops. Untuk melihat-lihat hasil karya Overloops lainnya, teman-teman bisa melihatnya di website Overloops maupun Channel Youtube Overloops.

RECENT POSTS

    Leave a comment