April 19, 2018

Mandiri Jogja Marathon 2018

Mandiri Marathon merupakan event yang sangat ditunggu-tunggu oleh para pecinta olah raga lari jarak jauh. Dengan mengusung budaya daerah, Mandiri Jogja Marathon ini diselenggarakan di Kompleks Candi Prambanan. Peminat marathon yang diselenggarakan oleh Bank Mandiri dan BUMN ini cukup banyak dan berasal dari 22 negara. Bahkan pesertanya mencapai 8000 orang. Perlombaan ini dibagi menjadi 4 kelas, yaitu Full Marathon dengan jarak tempuh 42 km, Half Marathon dengan jarak tempuh 21 km, kemudian ada pula lari dengan jarak 10 km dan 5 km. Start dimulai pukul 04.45 dan didahului oleh peserta Full Marathon. Keseruan peserta untuk mengikuti event ini pun tergambar dari banyaknya peminat yang ikut berlari di full marathon dan half marathon. Ibu Rini Soemarno, Menteri BUMN pun ikut serta dalam lomba lari jarak 5 km.

Overloops mendapatkan kesempatan untuk mendokumentasikan acara Bank Mandiri yang bekerjasama dengan BUMN tersebut dari awal acara hingga akhir. Kita juga mendapatkan tantangan dari panitia untuk membuat sebuah video hyperlapse. Video Hyperlapse ini adalah menggambil gambar sebuah perjalanan camera yang seolah-olah seperti mata manusia yang bergerak. Perbedaanya dengan timelapse terletak pada posisi kameranya yang terus bergerak fokus pada objek tertentu. Durasi yang diberikan pun hampir sama dengan timelapse, hanya kameranya saja yang bergerak. Kesulitan ketika menggunakan teknik hyeprlapse ini adalah kita harus mencari pijakan yang rata. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan tripod atau monopod. Teknik ini juga didukung dengan luasnya Kompleks Candi Prambanan ini sehingga hyperlapse lebih menarik untuk dilakukan.

Untuk mendokumentasikan event ini, Overloops mengirimkan 2 photographer yang masing-masing membawa kamera Sony A7 Mark II dan Sony A7S. Photographer pertama menggunakan kamera Sony A7 Mark II dengan lensa 16-35 dan menggunakan tripod vanguard alta pro dan juga monopod. Kemudian photographer kedua menggunakan kamera Sony A7S dengan lensa 58 mm dan lensa 135mm dengan manual helios. Selain harus membuat video dengan teknik hyperlapse, kita juga harus bisa mengcover seluruh acara dari awal hingga akhir. Rute yang diberikan masing-masing kelas pun berbeda, sehingga kita juga harus membagi job untuk melewati 4 rute tersebut.

Dokumentasi event Mandiri Jogja Marathon 2018 ini berjalan dengan lancar dan panitia sendiri sudah sangat puas dengan dokumentasi yang dilakukan oleh Overloops. Tentunya pengalaman mendokumentasikan event dengan teknik hyperlapse menjadi kebanggaan tersendiri bagi tim Overloops. Tantangan-tantangan ini lah yang membuat Overloops selalu ingin berkarya dan mengembangkan kemampuan yang tim kita miliki. Nah, sekian cerita pengalaman Tim Overloops ketika mendokumentasikan event marathon. Kalau kalian tertarik untuk meng-hire jasa Overloops mendokumentasikan event penting kalian, temen-temen bisa langsung saja menghubungi kami melalui instagram @overloops atau bisa juga melalui Facebook fans page Overloops. Jadikan moment berhargamu menjadi lebih indah untuk didokumentasikan.

RECENT POSTS

    Leave a comment