March 18, 2019

Menentukan Focal Length Lensa dalam Photography

Focal length atau jarak fokal lensa dalam fotografi diartikan sebagai jarak dari pusat optik lensa ke titik fokus yang terletak pada sensor dalam satuan mm. Dari sinilah muncul istilah lensa wide, lensa normal, dan lensa tele. Focal length menentukan seberapa besar lebar sudut pandangnya. Semakin panjang fokalnya, maka lensanya pun akan semakin panjang, dalam dunia fotografi disebut lensa tele yang mana memiliki angle yang sempit. Sedangkan lensa wide angle memiliki angle yang lebih luas sehingga dapat menangkap lebih banyak objek. Nah, berikut beberapa jenis lensa dengan focal lenght yang berbeda-beda.

Ultra Wide Angle

Lensa ultra wide angel 14-25 mm akan menghasilkan cakupan pandangan yang luas bila dibandingkan dengan lensa bawaan kamera atau lensa standar. Lensa ini juga akan membuat objek tampak lebih kecil. Lensa ini punya kedalaman fokus pada objek atau Depth of Field yang sangat bagus. Biasanya lensa ini digunakan untuk memotret foto dengan fokus yang sama mulai dengan foreground sampai background. Contohnya, memotret arsitektur, pemandangan, atau fotografi interior.

Lensa Wide Angle

Lensa wide angle 24-35mm biasanya digunakan untuk memotret sebuah objek di lokasi yang tidak memungkinkan bagi sang fotografer untuk bergerak mundur untuk mendapatkan seluruh objek yang diharapkan. Tidak heran lagi jika lensa ini seringnya digunakan oleh para jurnalis yang mengambil foto sebuah peristiwa dari jauh.

Lensa kamera dengan focal lenght kurang dari 35mm merupakan lensa wide angle. Sedangkan lensa dengan focal length kurang dari 24mm, merupakan lensa fish eye. Hal tersebut dikarenakan foto yang dihasilkan melengkung. Namun seringnya, lensa wide angle yang banyak digunakan berukuran 14mm, 17mm, 21mm, 24mm, 28mm, dan 35mm.

Lensa Standar

Lensa ini biasanya digunakan untuk mengambil gambar portrait, memotret model, atau foto grup dengan jumlah objek yang sedikit. Lensa ini juga memiliki bentuk yang tidak terlalu besar dan berat.  Lensa standar memiliki focal length 35-70mm. Rata-rata fotografer menggunakan lensa standar focal length 50mm untuk hasil foto yang lebih bagus.

Lensa Tele Menengah

Lensa tele menengah 70-105mm banyak hadir dalam beberapa lensa kit. Kamera dengan lensa ini juga biasanya digunakan untuk memotret objek secara portrait atau close-up, dimana jarak antara objek dan kamera cukup dekat.

Lensa Tele Jauh

Lensa jenis ini sangat pas untuk memotret pemandangan gunung, atau memotret bangunan. Lensa ini dirasa kurang cocok jika digunakan untuk memotret landscape karena lensa ini menciptakan perspektif yang terlalu datar. Ukuran focal length yang cukup besar pada lensa ini juga dapat memperbesar objek yang jauh dari kamera. Focal length pada lensa ini 105-300mm. Tak heran jika lensa tele jauh sering digunakan pada saat pengambilan foto konser musik, foto candid, dan juga foto olahraga. Kendala menggunakan lensa ini adalah kita harus berupaya untuk meminimalisir atau bahkan mengurangi efek goyangan yang dihasilan kamera karena ukuran dari kamera ini cukup besar. Semakin besar goncangan atau goyangan lensa, maka semakin berkurang pula ketajaman foto yang dihasilkan.

Nah, seperti yang sudah dijelaskan diatas, selanjutnya kita dapat menyesuaikan dengan apa yang kita butuhkan sebagai patokan sehingga bisa memilih ukuran yang pas. Pertama kita perlu memperhitungkan ukuran objek yang akan kita potret. Bila objeknya luas, kita bisa menggunakan lensa wide atau standar. Kedua, kita perlu memperhatikan distorsi pada gambar. Jika kita salah memilih lensa, objek bisa saja terlihat menjadi lebih lebar bahkan lebih panjang dari ukuran aslinya. Ketiga, kita juga perlu menghitungkan depth of field sebuah objek ketika kita akan menggunakan lensa dengan focal length yang berbeda. Hal ini untuk menghindari objek dan background terlihat seakan terpisah karena ukuran focal length yang dipakai tidak pas.

Ok.. jadi itu dia tadi sekelumit tips dari kita untuk menetukan focal length lensa dalam fotografi. Teman-teman juga bisa melihat hasil karya kami lainnya di akun instagram @overloops maupun Fans Page Facebook Overloops atau bisa juga melihat di Channel Youtube Overloops. Tunggu tips dan trik ,serta cerita seru lainnya dari kami. Thank you and see you!

RECENT POSTS

    Leave a comment