September 19, 2017

Motorcross Photo Session with Rangga

Overloops merupakan salah satu perusahaan foto video yang memiliki passion untuk menciptakan suatu karya yang unik. Kami sering mencoba berbagai konsep video untuk push the limit atau berusaha menantang diri sendiri dalam membuat karya yang lumayan susah secara teknis maupun momen. Overloops mendefinisikan karya yang wah adalah karya yang menggunakan teknik pengambilan gambar yang memiliki pergerakan cepat, namun bisa mendapatkan kualitas gambar yang bagus dan pencahayaan yang tidak biasa. Bahkan Overloops sendiri sudah dikenal sebagai specialis pembuatan video extreme sport, sehingga cukup banyak event MTB yang mempercayakan dokumentasi eventnya kepada Overloops.

Di momen ini, Overloops membuat video yang sama menariknya dengan video MTB. Namun kali ini, kita menggandeng seorang pemuda bernama Rangga, yang masih berumur 17 tahun yang hobi bermain motorcross. Dengan hobinya ini, Rangga merupakan crosser muda yang berprestasi di kelasnya. Terlebih hobi extreme nya ini didukung penuh oleh kedua orang tuanya yang terbukti dari hobi otomotifnya ini tersalurkan dengan baik. Pengambilan motorcross ini tak hanya harus bagus saja, tapi juga membutuhkan kejelian dalam menangkap gambar karena pergerakannya sangat cepat dan cukup beresiko untuk photographer kami karena pengambilan gambarnya juga dalam jarak dekat. Namun jika kita bisa mendapatkan foto yang bagus dan epic, itu akan menjadi kebanggaan tersendiri, apalagi kalau kita bisa mendapatkan sesi foto hss atau high speed synchronize.

Untuk mendapatkan foto hss yang berkualitas baik, kita membutuhkan teknis flash yang memungkinkan untuk menangkap cahaya lebih dari 1/200. Nah, ketika berada di lapangan Tim Overloops berhasil push limit di kecepatan 1/8000 sesuai dengan batas maksimum kamera kita. Pada saat itu kita mendapatkan support dari Ray Digital sehingga bisa menggunakan lampu Godox AD600 B sebagai main light yang ditambah dan dikombinasikan dengan Godox 360 mark II sebagai secondary light. Kombinasi dua light tersebut bekerjasama untuk mendapatkan gambar yang freeze di momen yang pas dengan pencahayaan yang tepat.

Pengambilan gambar motorcross ini berlokasi di Potrobayan, motorcross circuit yang berada di Pundong, Bantul, Yogyakarta. Lokasi tracknya berada di pinggir sungai yang memberikan pemandangan indah. Pada saat itu sedang banyak-banyaknya debu sehingga membuat foto motorcross lebih dramatis. Pengambilan foto motorcross ini juga dilakukan di siang hari, saat terik matahari masih berada di atas kepala. Terbayang ya, panasnya seperti apa..

Overloops menggunakan lensa 135 mm f2, yang merupakan lensa dengan bukaan sempit sehingga jarak titik focus juga sempit. Ketika objek meleset sedikit, momen tersebut sudah tidak tertangkap kamera. Tantangan yang tim Overloops dapatkan adalah mendapatkan gambar bokeh sedangkan objek berjalan sangat cepat. Membutuhkan kejelian, ketepatan objek, dan untuk menangkap objek di frame yang tepat dengan action yang bagus, mutlak untuk dilakukan. Kita juga menggunakan lensa wide yang mengharuskan mengambil gambar dalam jarak dekat, dan itu merupakan resiko yang harus kita ambil. Namun meskipun dekat dengan track motorcross tersebut, kita masih mengambil jarak aman yang telah ditentukan. Jadi selain mendapatkan gambar yang bagus, kita juga tetap mengutamakan keselamatan.

Nah, kalau kamu menginginkan Overloops untuk mendokumentasikan event MTB, Motorcross atau event extreme sport lainnya, kamu bisa menghubungi kami melalui social media @oveloops atau bisa juga melalui akun facebook Overloops. Untuk portofolio event extreme sport lainnya, kamu bisa cek langsung di website Overloops atau Channel Youtube Overloops.

RECENT POSTS