May 13, 2019

Multicam Editing

Pengeditan multicam banyak digunakan untuk keperluan video konser atau teater, video pernikahan, dan acara tv seperti sinetron dan reality show. Nah disini kita akan memberikan beberapa tekhnik editing multicam dengan Adobe Premium Pro. Sebelum memulai editing, beberapa hal yang perlu dipersiapkan diantaranya adalah :

Pastikan bahan video diambil dengan kamera dari beberapa angle yang berbeda

Gunakan perintah "Action" untuk menentukan titik marker dari setiap kamera atau bisa juga menggunakan clapper-board atau tepukan tangan.

Beri nama file video sesuai kamera untuk mempermudah dalam membedakan clip (CAM 01, CAM 02, dan seterusnya)

Pastikan salah satu kamera mempunyai kualitas recording audio yang bagus, atau bisa juga menggunakan recorder lain seperti ZOOM dan TASCAM

Oke, setelah semua persyaratan diatas terpenuhi dan bahan video siap untuk diolah, maka saatnya untuk memulai langkah pengeditan multicam. Here we go!

Membuat Project baru di Adobe Premiere Pro

Setelah membuka Adobe Premiere Pro, kemudian pilih “New Project”. Setelahnya beri nama project serta tentukan lokasi penyimpanan file.

Membuat Sequence Baru

Membuat sequence baru dengan cara klik menu File – New – Sequence, kemudian klik “OK”.

Menentukan Ukuran Sequence

Untuk kali ini kita menggunakan ukuran sequence “DSLR 1080p” dengan “25 fps”. Seelah menentukan ukuran sequence, jangan lupa untuk memberikan nama sequence yang diinginkan.

Import Video

Setelah menentukan ukuran dan nama sequence, masukkan file video dari kamera ke project premiere. Caranya adalah klik menu FileImport.

Kemudian pilih video dari kamera yang ingin dijadikan multicam, termasuk file audio jika menggunakan media recorder lain, kemudian klik “Open”.

Drag and Drop Video

Klik dan drag clip video di project dan masukkan ke dalam timeline dengan menyusunnya sesuai posisi kamera. CAM 01 letakkan di channel V1, CAM 02 di channel V2, dan seterusnya.

Double click clip CAM 01 di timeline, kemudian akan muncul preview sementara dari CAM 01 di jendela source di sebelah kiri project.

Langkah berikutnya, klik icon waveform pada jendela source, kemudian tekan tombol plus (+) di keyboard untuk men-zoom tampilan waveform secara maksimal. Arahkan timeline tepat di bagian dimana sebelum aba-aba “action” atau clapper-board. Tekan tombol “M” di keyboard untuk memberi marker (tanda) brupa titik warna hijau pada clip.

Lakukan hal yang sama pada clip CAM 02 dan CAM 03 hingga semua clip mempunyai marker yang berada tepat di bagian aba-aba “action” atau clapper-board. Lakukan juga pada clip audio, jika menggunakan audio recorder.

Mensinkronasi Titik Marker

Langkah selanjutnya adalah mensinkronisasi titik marker yang telah dibuat agar berada pada satu posisi yang sama, sehingga clip dari setiap kamera bisa berjalan bersamaan. Caranya dengan blok semua clip di timeline yang telah diberi marker, kemuadian klik kanan, dan pilih “Synchronize”.

Ketika muncul jendela Synchronize Clip, pilih Clip Marker sebagai synchronize point-nya dan pilih “Unnamed Marker 1”, kemudian klik “OK”. Maka setiap clip di timeline akan tersusun posisinya sejajar sesuai titik marker yang telah dibuat

Memisahkan Clip video dan audio

Pisahkan antara clip video dan audio di timeline, dengan cara blok semua file di timeline, klik kanan dan pilih “Unlink”.

Kemudian pilih salah satu audio dengan kualitas terbaik yang akan digunakan sebagai master dan hapus audio dari kamera lain yang tidak dipakai.

Duplikat master audio ke channel audio lain sesuai jumlah channel dari video, dengan cara klik dan drag clip master audio ke channel audio lain sambil menekan tombol “Alt” di keyboard, sehingga setiap channel video memiliki audio-nya masing-masing.

Kemudian posisikan playhead tepat setelah aba-aba “action” atau clapper-board, dan potong clip tepat dimana sebelum bagian isi dari video. Setelah itu klik menu “Sequence” dan pilih “Add Edit to All Track” untuk memotong semua clip tepat dimana playhead ata bisa juga menggunakan “Razor tool (C)” atau dengan shortcutCtrl + Shift + K” pada keyboard.

Hapus bagian depan clip yang tidak terpakai. Kemudian klik kanan pada bagian kosong clip di timline. Pilih “Ripple Delete”.

Menggabungkan Clip

Gabungkan semua clip di timeline menjadi satu sequence baru, dengan cara blok semua clip, klik kanan, dan pilih Nest. Setelahnya beri nama sequence kemudian klik “OK”.

Klik kanan pada clip sequence yang baru dibuat, pilih “Multi CameraEnable”. Kemudian buka jendela multicam dengan cara klik icon plus di sebelah kanan bawah jendela sequence preview, klik dan drag icon Multi-Camera Monitor ke area di bawah sequence preview. Setelah itu klik “OK”.

Aktifkan jendela multicam dengan mengklik icon Multi-Camera Monitor. Maka akan muncul tampilan dari beberapa kamera yang sedang aktif. Untuk Premiere versi CS, jendela multicam berada pada bagian menu “WindowsMulti-Camera Monitor”.

Play clip video dan pilih kamera mana yang ingin diaktifkan, dengan cara mengklik clip yang ada di jendela multicam. Atau bisa juga menggunakan tombol angka di keyboard untuk mengganti posisi kamera yang aktif. Tombol angka 1 untuk channel kamera 1, angka 2 untuk channel kamera 2, dan seterusnya. Lakukan hingga video berakhir, dan jangan takut jika ada kesalahan dalam mengaktifkan kamera.

Setelah selesai, clip di timeline akan secara otomatis terpotong dan tersusun sesuai proses yang dilakukan pada jendela multicam.

Jika dirasa salah dalam memilih kamera yang aktif, kita bisa mengubahnya dengan cara klik kanan pada clip yang salah, pilih “Multi-Camera”, dan pilih kamera mana yang ingin diaktifkan.

Jika dirasa kurang tepat dalam menentukan waktu perpindahan kamera, bisa diperbaiki dengan menggunakan “Ripple Edit Tool” di sebelah kiri timeline. Posisikan playhead tepat di posisi perpindahan clip yang diinginkan. Klik dan drag perpotongan yang salah ke posisi playhead.

Setelah selesai, play video dan lakukan pengecekkan ulang jika ada yang salah.

Tips from Irvanul Hidayat.

Oke itulah beberapa langkah pengeditan multicam yang bisa kita bagikan ke teman-teman yang inginbelajar editing multicam dengan Adobe Premium Pro. Cukup simple dan mudah kan? semoga tips dari kami kali ini bermanfaat dan dapat membantu teman-teman dalam editing multicam. Nah.. bagi teman-teman yang penasaran dengan hasil editing kita sebelum-sebelumya, bisa aja check and recheck di Channel Youtube Overloops , atau buat yang ingin bekerja sama dengan kami bisa langsung hubungi kami di akun instagram @overloops maupun Fans Page Facebook Overloops. Ok.. sampai jumpa di tips dan trik berikutnya!

RECENT POSTS

    Leave a comment