March 7, 2018

Obsgyn UGM PIT MFM Pogi 2016

Obsgyn PIT Maternal Fetal Medicine POGI 2016 merupakan event rutin para dokter kandungan se-Indonesia. Kebetulan saat ini Yogyakarta menjadi tuan rumahnya dan Rumah Sakit Dr. Sardjito yang mengadakan acara ini. Dengan konsep para dokter obsgyn ini membuat video welcome yang berisi persiapan mereka sebelum tampil di panggung, hingga akhirnya mereka muncul di atas panggung. Alur dari video ini adalah persiapan mereka untuk pertemuan akbar tersebut, disela-sela kesibukan mereka yang harus membantu persalinan, membantu operasi, dan melayani pasien-pasien yang datang. Video tersebut menceritakan tentang bagaimana mereka mempersiapkan acara tersebut, akhirnya mereka bsia mempersembahkan video welcome yang unik sebelum naik ke atas panggung.

RS Sardjito mempercayai Overloops untuk membuat video opening tersebut. Dalam pembuatan video ini kami memiliki 2 konsep yang pertama dengan konsep lips sing menyanyikan lagu Yogyakarta. Namun mereka tidak memiliki waktu lebih untuk menghafalkan lagu tersebut dan mengatur koreografinya karena dalam video tersebut terdiri dari beberapa dokter Obsgyn dan residen yang memiliki kesibukan masing-masing. Akhirnya kita juga menawarkan konsep seperti video clip tetapi bukan lipsing. Dengan tarian-tarian sederhana memperlihatkan kebahagiaan para dokter obsgyn tersebut. Koreografi yang mereka tampilkan ini tidak lepas dari kegiatan Obsgyn mereka sehari-hari. Nah, koreo yang ada di dalam video ini lah yang nantinya akan mereka tampilkan di atas panggung dengan koreografi dan baju yang sama. Sehingga apa yang orang lihat di layar akan mereka lihat pula di panggung.

Proses produksi video Obsgyn ini dikerjakan dalam waktu 1 minggu. Karena kita juga harus menjadwal terlebih dahulu antar dokter ini memiliki waktu luang kapan, dan kita juga harus meminta ijin peminjaman ruang seperti ruang operasi dan ruang periksa. Apalagi ketika kita harus mencari jadwal para professor yang memang sudah sangat padat. Seperti dr. Rukmono yang memang sangat susah ditemui, akhirnya kita harus pergi ke Hotel Alana untuk menemui beliau yang sedang mengadakan rapat. Ketika waktu makan siang, kita menggunakan waktu tersebut untuk testimony dr. Rukmono. Pembuatan video Obsgyn Sardjito ini memang pengalaman yang sangat mengesankan.

Kemudian kita juga mendapatkan tantangan lagi karena cuaca memang sedang tidak bersahabat, ketika kita akan mengambil gambar di Grha Sabha Pramana. Saat pengambilan gambar di GSP ini kita bekerja sama dengan Raka seorang anak kelas 3 SMP yang memang pandai bermain drone. Ketika drone sudah naik, hujan turun deras dan akhirnya kita harus me-reschedule ulang untuk pengambilan gambar ini. Dalam pembuatan video ini, kita menggunakan Osmo, kamera sony A7S, dan drone. Keseruan dalam pengambilan gambar ini karena memang semua pemerannya yang masih dokter muda, sehingga mereka melakukannya dengan totalitas dan semangat.

Selain itu, kita juga harus melakukan adegan 1 shoot karena memang waktu dari para dokternya yang terbatas. Peminjaman ruangan juga dengan waktu yang sangat singkat, sehingga tetap menggunakan konspe one take one shoot. Ketika harus menggunakan multi angel kamera, maka kita juga harus mengambil dari beberapa angel kamera secara langsung dalam sekali take. Dalam proses produksi kita juga menambahkan beberapa lighting agar mereka terlihat seperti berada di dalam studio. Kita setting studio untuk wawancara beberapa professor dengan background putih, dibantu dengan lighting dan H4N untuk merekam hasil wawancara.

Nah, itu tadi cerita pengalaman Overloops ketika proses produksi Obsgyn Sardjito. Kalau kalian ingin membuat sebuah company profile atau video semacam welcome event seperti itu, kalian bisa menghubungi Overloops melalui instagram @overloops atau bisa juga melalui fans page facebook Overloops. Kalian juga bisa melihat video portfolio Overloops lainnya melalui Channel Youtube Overloops.

RECENT POSTS

    Leave a comment