December 5, 2016

OJK TPAKD Mertelu Gedhangsari

Otoritas Jasa Keuangan Yogyakarta memiliki suatu kegiatan membangun suatu desa yang terbelakang menjadi sebuah desa yang mandiri. Program ini dinamakan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah atau biasa disingkat dengan singkatan TPAKD. OJK meminta jasa Overloops yang memang sudah bekerjasama sejak lama untuk membuat dokumentasi projek OJK di Mertelu Gedangsari. Dokumentasi ini yang nantinya akan di presentasikan dan sebagai laporan kepada pemegang jabatan untuk mendapatkan progress dari apa yang telah mereka kerjakan untuk desa Gedangsari ini. Tim OJK Yogyakarta berencana untuk membuat sebuah video yang akan dipresentasikan kepada Sri Sultan Hamengkubawono X mengenai desa percontohan Mertelu Gedangsari ini.

Desa Mertelu Gedangsari yang terletak di Gunung Kidul ini dulunya merupakan desa paling tertinggal di Gunung Kidul. Namun saat ini, desa ini menjadi desa percontohan dengan potensi wisata yang luar biasa, memiliki potensi yang bisa digali, sehingga bisa menambah pendapatan keuangan desa tersebut. Tim Overloops berangkat ke lokasi bersama dengan Tim OJK untuk merekam aktivitas warga sehari-hari. Kita juga ingin mengetahui bagaimana suatu warga yang tertinggal disulap menjadi desa yang mandiri dan tempat wisata yang dahulunya tidak memiliki potensi, sekarang sudah memiliki gardu pandang dengan bantuan dari OJK, yang nantinya menjadi tempat wisata yang paling indah karena menawarkan keindahan alam dan pemandangan yang luar biasa.

Kita sampai di Desa Gedangsari itu masih sangat pagi karena kita juga ingin mendapatkan sunset di kawasan yang bagus ini. Sebelum sampai ke lokasi, kita mendapatkan tantangan dengan medan yang sangat terjal dan sangat susah untuk dilalui sehingga membuat mobil yang kita tumpangi sempat selip karena tidak kuat menahan medan yang sangat berlumut. Tapi Alhamdulillah kita bisa sampai di Gedangsari tepat waktu dan mendapatkan sunset yang sangat epic. Desa MErtelu ini ini kita mendapatkan 3 view gunung yaitu Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Sindoro sekaligus. Dengan view 360 derajat, kita bisa melihat pemandangan dari sisi kiri dan kanan, juga dua gunung dengan 2 sisi yang berbeda. Kita mewawancarai Lurah Mertelu untuk memberikan testimoni mengenai desa yang telah berkembang ini.

Kami menggunakan kamera A7S yang disambungkan dengan clip on. Teknik tersendiri untuk interview agar mendapatkan gambar yang epic, dengan cara memisahkan antara video dan audio. Dengan memisahkan audio dan video, kita lebih fleksibel meletakkan kamera dari sisi manapun. Karena kita memiliki keterbatasan clip on voice recorder yang hanya menggunakan kabel sehingga mebatasi jarak, kita menggunakan voice recorder untuk menangkap suaranya, dengan kamera ditempatkan di tempat yang jauh namun kita menggunakan lensa zoom. Menggunakan teknik ini, kita mendapatkan gambar dengan efek bokeh, artistik, dan epic, namun tetap mendapatkan audio yang baik karena ditempatkan secara terpisah.

Setelah wawancara dengan Lurah, kita pergi mengelilingi desa, menuju lokasi-lokasi lain seperti ke tempat warga yang sedang bercocok tanam, pengrajin kayu, peternak burung, pemilih usaha konveksi dan penjahit, dan semuanya memberikan testimoni sebelum dan setelah adanya program TPAKD tersebut. Acara diakhir dengan berkunjung ke sentra industri batik yang cukup terkenal.

Overall, program TPAKD ini merupakan program yang bisa diacungi jempol karena merupakan program yang sangat bermanfaat untuk sebuah desa, hingga desa tersebut bisa tumbuh menjadi desa yang mandiri. Overloops merasa terhormat bisa terlibat dalam mendokumentasikan program yang sangat bagus ini. Harapannya, kita bisa menginspirasi tempat-tempat lain untuk bisa lebih mandiri dan tetap semangat dalam mengejar kemandirian.

Buat kamu yang ingin membuat video dokumentasi seperti ini, kamu bisa menggunakan jasa Overloops. Kamu bisa menghubungi Overloops melalui instagram @Overloops maupun melalui Facebook Overloops. Selain video event seperti ini, kamu juga bisa meminta jasa kami untuk mendokumentasikan travelling corporate maupun pribadi, wedding dan prewedding, company profile, dan masih banyak lagi yang bisa kamu lihat langsung melalui Youtube Overloops.

RECENT POSTS

    Leave a comment