June 6, 2018

Payoneer VIP Dinner in Yogyakarta

Payoneer merupakan salah satu jasa internet payment yang cukup terkenal di kalangan masyarakat baik luar maupun dalam negeri. Dalam rangka membidik konsumen lebih banyak lagi, Payoneer baru-baru ini mengadakan gathering dengan social marketer yang ada di Yogyakarta. Salah satu pembicara yang akan mengisi acara ini adalah Bapak Yoyok Rubianto, founder dari Yoshugi Media Group, yang profilnya sudah kita ulas di artikel sebelumnya. Nah, jika sebelumnya kita membahas tentang interview salah satu pengguna Payoneer yang telah sukses hingga saat ini, kali ini kita akan membahas tentang dokumentasi event VIP Dinner yang diadakan oleh Payoneer ini.

VIP Dinner ini dilaksanakan di Bimo Resto dan dihadiri oleh kurang lebih 100 orang. Acara ini berlangsung meriah dan para peserta pun cukup antusias mengikuti acara ini. Karena kebanyakan peserta memang praktisi internet marketing dimana mereka bergerak dibidang promosi menggunakan internet. Seperti yang kita ketahui, komunitas Internet Marketing di Indonesia ini pun cukup besar, sehingga itulah alasan mengapa Payoneer memilih Indonesia khususnya Yogyakarta untuk membidik pasaran mereka.

Tidak hanya membuat video profile dari Bapak Yoyok saja, Overloops juga diminta untuk mendokumentasikan event VIP Dinner Payooner ini. Kita mengirimkan 2 photographer dan videographer untuk acara tersebut. Karena beban kerja kali ini adalah foto sekaligus video, pembagian tugas satu orang full video dan satu lagi video merangkap sekaligus foto. Untuk foto, kita menggunakan kamera Sony A7 Mark II dengan lensa 24-70 yang dilengkapi flash Godox V860 untuk pengambilan gambar wide sekaligus pengambilan gambar dengan jarak dekat.

Tips juga untuk kalian yang ingin mendapatkan sebuah foto yang dinamis, dengan lensa zoom tentunya kalian bisa mendapatkan beberapa vocal length sekaligus. Prinsip Overloops sendiri ketika kita mengambil gamabr dalam sebuah scene, kita harus bisa mendapatkan beberapa vocal length atau bahkan view yang berbeda. Sehingga ketika menggunakan lensa zoom kita bisa memainkan vocal length sedangkan dengan lensa fix kita bisa memanfaatkan kaki kita untuk bergerak menjauh dan mendekati objek. Sehingga dalam satu scene ini kita bisa mendapatkan beberapa view sekaligus.

Kemudian kamera kedua kita menggunakan Sony A7 Mark II juga dengan lensa 100mm untuk pengambilan candidnya. Kamera ketiga kita jadikan sebagai master videonya dengan lensa 135 mm yang kita pasang menggunakan tripod dan merekam full ketika presentasi dalam event tersebut. dengan menggunakan konfigurasi yang seperti ini tentunya cukup efektif karena kita hanya 2 orang saja dan harus bisa menghandle foto dan video. Hal berikutnya yang harus kita perhatikan adalah kita harus bisa mendapatkan gambar yang perfect dan komplit dari event tersebut dengan cara membuat shoot list.

Nah, shoot list ini sangat berguna ketika kita akan mendokumentasikan sebuah acara. Karena memang terkadang ketika berada di lapangan kita seringkali lupa hal apa saja yang akan kita masukkan ke dalam video. Shoot list ini sendiri mulai dari ambient hingga hal terkecil seperti orang tepuk tangan, tersenyum, dan hal-hal kecil lainnya. Hal terakhir yang perlu kita lakukan adalah merangkum seluruh acara dengan wawancara baik ke peserta, panitia, maupun pembicara.

Proses wawancara sendiri ini biasa kita lakukan di awal untuk mengantisipasi ketika acara berlangsung itu sudah sangat crowded, sehingga amannya kita lakukan di awal. Untuk teknisnya kita menggunakan kombinasi antara Rode Video Mic Pro dan clip on. Untuk video mic pro ini sendiri ketika kita menggunakan Mic Shotgun dengan ambient yang crowded, kita biasa menggunakan lensa wide dan menempatkan kamera dekat dengan objeknya sehingga suaranya lebih jelas.

Nah, itu tadi cerita pengalaman tim Overloops dalam mendokumentasikan event dari Payoneer. Semoga beberapa tips yang kita bagikan di sini bisa bermanfaat buat temen-temen yang memang hobi dalam mendokumentasikan berbagai macam kegiatan. Untuk melihat hasil videonya bisa dilihat di Channel Youtube Overloops, dan jangan lupa subscribe yaa.. Sedangkan buat kalian yang tertarik untuk meminta jasa Overloops mendokumentasikan event kalian, bisa langsung saja menghubungi kami melalui instagram @overloops maupun Fanspage Facebook Overloops. Jadikan event kalian lebih menarik dengan dokumentasi yang dinamis.

RECENT POSTS

    Leave a comment