December 7, 2017

Pembuatan Video Kompetisi Mahasiswa Sekolah Vokasi UGM Yogyakarta

Universitas Gajah Mada Yogyakarta sedang mengadakan kerjasama dengan Overloops dalam pembuatan Profile Kampus Sekolah Vokasi UGM. Dari berbagai video, salah satunya adalah Kompetisi Mahasiswa SV UGM. Video ini menceritakan berbagai perjuangan dan usaha para mahasiswa dalam pembuatan produk sesuai dengan kemampuan mereka. Tak hanya selesai mengerjakan suatu produk saja, mereka juga berhasil menyabet berbagai prestasi tingkat nasional hingga internasional. Untuk menampung semua prestasi yang telah mereka dapatkan, UGM membuat video kompetisi mahasiswa ini sebagai bentuk promosi dari Sekolah Vokasi ini ke masyarakat luas. Sehingga harapannya dengan melihat video ini, Sekolah Vokasi UGM bisa mendapatkan mahasiswa yang berprestasi dan bisa membuat suatu produk yang berguna karena termotivasi dari beberapa mahasiswa yang sukses tersebut.

Dalam proses produksi video ini, Overloops mengambil gambar untuk video Kompetisi Mahasiswa ini di Sekolah Vokasi secara langsung. Overloops menggunakan 5 produk hasil karya para mahasiswa dan mereka mendemokan produk. Mahasiswa D3 Kebidanan membawa produknya yang bernama Mikopil yaitu peraga alat kontrasepsi pil KB yang dibuat secara berkelompok. Tim Overloops melakukan wawancara kepada mereka tentang proses pembuatan boneka peraga tersebut. Setelah itu, kami membuat studio mini di dalam ruang sidang SV UGM menggunakan background hitam yang disorot dengan lighting. Studio mini tersebut kita gunakan untuk mengambil foto para mahasiswa sekaligus foto produk yang mereka pamerkan. Kita menggunakan 5 lighting dan kamera Sony A7S dalam pengambilan gambar ini.

Selesai pemotretan produk, kami melanjutkan ke sesi berikutnya yaitu wawancara mahasiswa yang membuat berbagai produk tersebut. Seperti produk koper pintar yang bisa mengikuti pemiliknya, gamelan elektrik yang dibuat untuk orang berkebutuhan khusus, dan juga robot pemadam api yang semuanya dibuat oleh mahasiswa D3 Teknik Elektro. Kami juga mewawancarai mahasiswa Teknik Elektro yang berkolaborasi dengan mahasiswa Teknik Mesin untuk membuat mobil listrik ramah lingkungan. Menariknya dalam pengambilan gambar mobil listrik ini, Oveloops membuat konsep seperti berada dalam perlombaan dimana semua tim sedang sibuk untuk mensetting mobil listrik tersebut sebelum terjun ke arena.

Kemudian shoot selanjutnya, cameramen kami mengambil gambar ketika mobil tersebut melaju kencang, dan menaiki bagian belakang mobil untuk mengambil detailnya. Meskipun hanya rakitan mahasiswa dan menggunakan listrik, mobil tersebut dapat melaju dengan kencang seperti mobil pada umumnya. Setelah selesai pengambilan gambar mobil listrik ini, kami melanjutkan untuk mengambil video demo robot pemadam api di secretariat komunitas robot SV UGM tersebut. Kami mengambil wide dan detail dari setiap gerakan robot untuk memadamkan api.

Untuk wawancara, kami menggunakan kamera Sony A7S dan untuk audio kami record dengan H4N yang disambungkan dengan clip on sehingga suara yang dihasilkan menjadi lebih jelas. Selanjutnya video ini akan di edit menjadi video profile yang siap untuk dinikmati.

Jika kalian tertarik untuk membuat video produk atau profile company, kalian bisa menghubungi Overloops melalui intsagram @overloops atau bisa juga melalui Facebook Page Overloops. Kami juga memberikan jasa pembuatan video travelling baik pribadi maupun corporate, video wedding, dokumentasi event, dan masih banyak lagi yang bisa kamu lihat langsung di Official Youtube Overloops.

RECENT POSTS

    Leave a comment