December 23, 2016

Peresmian Pedestrian Malioboro oleh Sultan Hamengkubowono

Yogyakarta, kota pelajar yang menjadi salah satu tujuan banyak anak muda di indonesia untuk meneruskan jenjang akademisnya, Julukan kota pelajar memang identik dengan kota ini, namun ternyata yogyakarta adalah kota yang juga sangat kaya dengan keindahan wisatanya, baik itu berupa alam. wisata heritage, dan kulinernya.  Malioboro, siapa yang tidak tau dengan satu nama ini, Jalan yang identik dengan jogjanya, bisa di bilang kalau belum ke malioboro artinya belum ke jogja, malioboro adalah jantung kota jogja yang banyak di kunjungi wisatawan baik dari lokal maupun mancanegara, disni terdapat beberapa objek bersejarah di kawasan malioboro antara lain Tugu Yogyakarta, Stasiun Tugu, Gedung Agung, Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg, dan Monumen Serangan Oemoem 1 Maret. Jalan Malioboro sangat terkenal dengan para pedagang kaki lima , oleh-oleh cindera mata khas jogja, kuliner gudeg dan jajanan khas jogja lainya, serta terkenal sebagai tempat berkumpulnya para seniman yang sering mengekpresikan kemampuan mereka seperti bermain musik, melukis, dan masih banyak koumintas di jogja yang juga berkumpul di sepanjang jalan malioboro.

Seiring berjalanya waktu dan banyak wisatawan yang semakin bertambah setiap tahunya, malioboro menjadi kurang nyaman karena banyak lalu lalang kendaraan yang kurang tertib dan memang kurang lahan parkir. Namun malioboro sekarang sudah menjadi malioboro yang nyaman untuk wisatawan, khususnya para pejalan kaki, akhir akhir ini pemerintah kota jogja merenovasi jalan mailoboro. Dari penertiban tatanan parkir motor yang sekarang berpindah dipusatkan di area parkir abubakar ali dan untuk kendaraan roda empat di pusatkan di area parkir ngabean.  Sepanjang jalan malioboro di ubah menjadi area yang bebas dari kendaraan bermotor yang di larang untuk parkir. Perbaikan badan jalan , trotoar yang di beri fasilitas banyaknya tempat duduk membuat wisatan betah lama lam berada di malioboro, adapun jalan yang di buat khusus untuk penyandang tunanetra, berupa jalan yang menggunakan tektsur lantai yang menonjol sehingga dapat mudah membedakanya. Kami dari Overloops secara langsung di tunjuk oleh pihak malioboro mall  untuk mendokumentasikan acara tersebut, peresmian yang sepertinya di tunggu tunggu oleh seluruh warga jogja ini berlangsung pada hari  Kamis, 22 Desember 2016 Peresmian Pendestrian Malioboro langsung di hadiri oleh Sri Sultan Hamengkubuono ke XI, Jalan di area depan mall malioboro yang sebelumnya sepi mulai ramai oleh para wartawan dari berbagai media cetak maupun rekam.

Pengambilan video di bagi dua tim , tim pertama menggunakan kamera Osmo dan panasonic full HD untuk record full acara, sedangkan tim kedua menggunakan DJI Phantom (Drone) dan sony A7S . Pengalaman yang luar biasa bagi kami karena memang bersentuhan langsung di lapangan bersama tim media, yang awalnya kami rasa mempunyai akses khusus untuk bertemu srisultan dan para petinggi pemerintahan lainya ternyata sri sultan blusukan menyusuri kawasan malioboro berjalan kaki bersama beberapa tokoh penting dan masayarakat sekitar yang sedang menikmati kawasan malioboro. akhirnya kami beredesak-desakan bersama wartawan lainya, kali pertama juga kami sebagai tim overloops harus mengambil gambar dan mendokumentasikan video harus pintar mengambil langkah. Alhamdulillah acara sore itu berjalan lancar, mendung menyelimuti namun awan tak menurunkah hujan, pertanda baik bagi warga jogja di beri keteduhan dalam kerumunan yang cukup membuat ruang gerak menjadi sempit. Sri Sultan dan pejabat lain akhirnya menekan tombol sirine pertanda dimana pembukaan lahan baru kawasan malioboro telah di resmikan sebagai kawasan khusus pejalan kaki, penyandang tuna netra dan tidak ada lagi penjual liar yang terlihat di sekitar bahu jalan, semoga malioboro kedepan menjadi tempat yang lebih ramah dan warga jogja sendiri bisa menjaganya dalam mewujudkan tertib membuang sampah dan menaati aturan yang ada. Sebagai tim overloops yang mendokumentasikan, kami mengaturkan rasa trimakasih kepada Malioboro Mall telah mempercayakan kami sebagai offical dokumentasi acara ini. Jogja berhati nyaman

Keceriaan Suasana Peresmian Jalan di Kawasan malioboro mall

Karyawan Maliboro Mall berbusana Jawa menyambut kedatangan Gubernur Yogyakarta Sri Sultan ke X

perbincangan antara kapolda DIY dan Sri Sultan

Sri Sultan Hamengkubuwono IX terilhat sedang bersama Ketua Kapolda DIY Brigjen Pol Ahmad Dofiri dan staf penting lainya

karywan Maliboro mall tersenyum menyambut kedatangan sri sultan hamengkubuwono ke XI

tombol peresemian pendestrian maliboro mall

 

RECENT POSTS