December 22, 2017

Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2017

Overloops sudah sering kali bekerja sama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Yogyakarta dalam dokumentasi event maupun company profile. Kali ini Bank Indonesia memberikan kepercayaannya kepada Overloops untuk mendokumentasikan event besar Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2017 yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya. Seminar ini bertempat di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yayasan Keluarga Pahlawan Negara yang berlokasi di Seturan, Caturtunggal, Depok, Sleman. Mengusung tema “Memperkuat Momentum, Menuju Ekonomi DIY yang Inklusif”, Bank Indonesia bekerja sama dengan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia Cabang Daerah Istimewa Yogyakarta (ISEI DIY) dan STIE YKPN.

Dalam seminar nasional tersebut membicarakan tentang usaha UMKM atau kewirausahaan merupakan karakteristik kuat perekonomian di Yogyakarta yang dominan. Industry creative yag berkembang di DIY saat ini cukup besar, dan Bank Indonesia melihat hal itu memiliki kualitas yang baik. Untuk industry creative ini nantinya akan dibagi menjadi 4 area meliputi fashion, kuliner, kerajinan, animasi & game. Gubernur DIY juga turut serta memberikan arahan tentang pertumbuhan ekonomi kedepan yaitu berupa visi dan misi DIY untuk tahun 2017 hingga 2022. BI sangat menyambut baik kegiatan ini, karena ini merupakan sinergi dan kolaborasi yang sangat bagus dalam penyelenggaraan pertemuan tahunan Bank Indonesia di Yogyakarta kali ini.

Dalam acara yang dihadiri oleh pemilik UMKM, ISEI DIY, perbankan, Universitas, dan penggiat ekonomi lainnya ini, Overloops diminta untuk membuat sebuah video dokumentasi dan tentunya foto dokumentasi pula. Acara dimulai dari pagi hingga sore. Overloops mengirimkan dua orang untuk dokumentasi acara ini yang dibagi tugasnya untuk mendokumentasikan video dan foto. Photographer di event ini menggunakan 2 kamera yaitu Sony A7S dengan lensa fix 35 mm dan juga Sony A7 Mark II dengan lensa fix 85 mm. Sedangkan untuk videographer kami menggunakan kamera A7S dengan lensa Canon 24-70 dan lensa 100 mm. Untuk dokumentasi event ini kita mendapatkan tantangan dari ruangan seminar lantai 3 YKPN ini yang berbentuk ruang kelas bertingkat sehingga membuat movement kita sedikit susah dan tidak bisa menjangkau ke bagian tengah. Nah, tips untuk kalian yang mendokumentasikan event di ruangan seperti ini, kalian bisa menggunakan lensa tele atau lensa yang memiliki focalegh panjang, jadi kalian bisa menjangkau ke tengah ruangan yang berbentuk setengah lingkaran tersebut. Saran juga untuk dokumentasi terutama event formal, ketika kalian ingin mengambil foto di depan petinggi-petinggi penting, jangan lupa untuk meminta ijin terlebih dahulu. Tantangan kedua untuk tim kita yaitu ruangan seminar tersebut hanya menggunakan pencahayaan yang sangat minim. Tips untuk mengatasi hal ini seperti yang tim kami lakukan adalah dengan menggunakan flash yang di bounce ke atas agar cahayanya merata. Kita juga harus pintar memilih posisi yang tepat untuk mengambil gambar narasumber sehingga mendapatkan background yang pas. Gunakan juga lensa dengan bukaan lebar seperti 2.8, 2.0, dan 1,8.

Nah, jika kalian ingin mendokumentasikan event seperti ini, kalian bisa menggunakan jasa Overloops dengan menghubungi kami melalui instagram @overloops atau melalui Facebook Page Overloops. Selain event formal seperti ini, Overloops juga menerima jasa dokumentasi event non formal, ulang tahun, atau event pribadi maupun corporate lainnya yang bisa anda lihat langsung di website Overloops.

RECENT POSTS

    Leave a comment