March 26, 2019

Photo Session : Bank Indonesia KPW Yogyakarta

Overloops sebagai penyedia jasa fotografi profesional kembali dipercaya oleh salah satu klien untuk bekerja sama dalam pemotretan para karyawan Bank Indonesia KPW Yogyakarta. Sesi pemotretan berlangsung di situs cagar budaya Warungboto pada Rabu, 13 Maret 2019. Sebelumnya, tim Overloop yang akan bertugas pada sesi pemotretan ini telah melakukan survey tempat terlebih dahulu untuk memperhitungkan setting tempat yang akan dipakai pada saat pemotretan esok harinya. Sebagai perwakilan tim Overloops, Fajar, Ahya, dan Husni berangkat dari kantor Overloops pagi hari pukul 06.00. Peralatan yang dibawa diantaranya ada kamera Sony A7II dengan lensa Canon EF 24-70mm f/2,8L, lighting Godox Witstro AD360II dan Godox V860II.

Pada saat pemotretan, tim menggunakan setting lensa pada 24mm, f/8 atau setting paling lebar mengingat foto yang diambil adalah foto full frame yang melibatkan banyak orang. Hal ini dirasa sangat cukup dan tidak terlalu distorsi. Kita juga menggunakan aperture f/8 agar mendapatkan tingkat depth of field yang tidak terlalu jauh sehingga gambar menjadi lebih fokus dan tajam. Secara kebetulan kita juga mendapatkan available light dari matahari pagi yang sangat bagus karena lokasi pemotretan yang menghadap ke arah timur. Sehingga lighting di pasang di pinggir-pinggir hanya untuk fill in bayangan. 

Namun begitu kita menghadapi tantangan untuk menjadikan sesi pemotretan ini seefisien mungkin dengan banyaknya objek atau peserta yang harus difoto. Sebisa mungkin fotografer mengatur agar penempatan objek dapat seimbang, pose yang selaras, dengan waktu pengaturan yang tidak terlalu lama agar kenyamanan peserta sesi pemotretan pun juga tidak terganggu oleh terik matahari yang semakin menyengat sehingga sesi pemotretan juga berjalan dengan lancar dan menghasilkan foto yang optimal. Sedangkan untuk tema pada sesi pemotretran ini adalah budaya jawa. Para peserta pemotretan mengenakan pakaian adat jawa lengkap dengan mengenakan jarit dan kutu baru bermotif bunga untuk perempuan sedangkan untuk laki-laki mengenakan atasan beskap bermotif bunga.

Sesi pemotretan ini melibatkan kurang lebih 100 peserta, mulai dari kepala kantor perwakilan wilayah, pejabat dan manager, beserta staff dan mitra. Pada sesi pemotretan ini terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama adalah foto grup formal. Sedangkan pada sesi kedua, para peserta berfoto dengan pose bebas.

Yup, itu tadi cerita pengalaman kita dalam dokumentasi sesi pemotretan keluarga besar Bank Indonesia Yogyakarta. Untuk teman-teman yang berminat menggunakan jasa Overloops untuk mendokumentasikan event terbaik kalian, bisa langsung saja menghubungi Overloops melalui instagram @overloops atau bisa juga melalui Fans Page Facebook Overloops. Untuk portofolio Overloops, temen-temen juga bisa melihatnya melalu Channel Youtube Overloops, dan jangan lupa subscribe ya. Have a nice day!

RECENT POSTS

    Leave a comment