May 24, 2018

Photo Session Wisuda UGM 2018

Graduation memang sesuatu yang special dan moment yang wajib untuk didokumentasikan. Wisuda ini menjadi puncak pencapaian selama proses belajar dan langkah awal menuju jenjang selanjutnya. Sehingga tidak heran jika banyak orang-orang yang ingin mendokumentasikan moment wisudanya dengan baik. Seperti salah satu wisudawan UGM kemarin pada tanggal 23 Mei 2018 yang moment wisudanya ingin didokumentasikan oleh tim Overloops. Lokasi pemotretan ini di Grha Sabha sesuai dengan lokasi wisuda Universitas Gadjah Mada. Overloops mengirimkan 3 tim untuk photo session ini.

Alat yang kita gunakan yaitu kamera Sony A7 Mark II dengan lensa 85, lensa 24-70, lensa 16-35. Flash yang digunakan flash Godox V860 Mark II dan Godox AD360. Karena pakai dual kamera, maka kita juga menggunakan 2 trigger yang masing-masing menggunakan trigger X1T Godox dan Godox XPro. Sesi pemotretan ini berlangsung siang hari sehingga kita harus mengimbangi sinar matahari menggunakan Flash Over Power dengan settingan cross dari subjek yang difoto.

Pengaturan flash juga harus kita perhatikan baik-baik. Karena ini acara wisuda, maka cukup banyak pula photographer yang memotret. Kendala yang kita hadapi di sini adalah ketika memotret, flash kita menyala sendiri. Hal ini diduga karena banyaknya photographer yang menggunakan trigger sama dengan milik kita, sehingga terhubung di flash kita. Untuk mengatasi hal ini, penggunaan remote trigger kita setting dengan channel yang berbeda. Dalam remote wireless X1T dan X Pro ini memiliki sekitar 32 channel, sedangkan settingan sebelumnya kita masih menggunakan settingan default di channel 1. Kemudian kita setting antara flash dan trigger ini dengan channel lain agar tidak terhubung di photographer lain. Karena jika tidak diubah, dan flash kita terhubung dengan trigger lainnya, settingan yang sudah kita atur sebelumnya berubah. Tentunya ini sangat berpengaruh terhadap hasil foto kita. Solusinya adalah kita mengubah channel di remote trigger dan di flash kita.

Selain dari masalah teknis, yang harus kita perhatikan adalah pemilihan angel yang tepat. Seperti tempat wisuda pada umumnya, pasti untuk mencari spot yang sepi tentu cukup sulit. Sehingga kita harus pintar-pintar mencari angel yang pas dan tidak terlalu ramai. Kita juga harus bisa mendirect berbagai gaya untuk menghasilkan foto yang tidak biasa. Sehingga dihasilkan beberapa foto berikut ini..

Nah, itu tadi cerita pengalaman Tim Overloops ketika mendokumentasikan acara wisuda UGM. Buat teman-temen yang tertarik membuat photo session setelah acara wisuda seperti foto tersebut, kalian bisa langsung saja menghubungi Overloops melalui instagram @overloops atau bisa juga melalui Fans Page Facebook Overloops. Selain foto wisuda, kita juga menerima jasa pemotretan maternity, wedding, dan juga post wedding. Tidak hanya itu, dari setiap project yang kita kerjakan juga kita buat bts teknik yang kita gunakan. Untuk portofolio maupun bts, kalian bisa melihatnya di Channel Youtube Overloops dan jangan lupa subscribe yaa…

RECENT POSTS

    Leave a comment