May 11, 2018

Produksi Iklan Zaigen Kangen Water

Iklan produk yang baik itu merupakan sebuah advertising yang menjelaskan kegunaan dan kelebihan produk tersebut secara jelas namun tidak terlalu banyak basa-basi. Nah, seiring berkembangnya teknologi ini pun juga membuat para produsen semakin gencar memasarkan produknya dengan cara apapun. Mulai dari membuat video iklan di TV, memasukkannya ke dalam scene film, marketing di dunia maya, hingga iklan di media cetak. Berbagai media tersebut tentunya sangat membantu para bisnisman untuk lebih kreatif memasarkan produknya. Tidak hanya media saja yang diperhatikan dalam membuat sebuah iklan, tetapi juga konsep dari iklan produk itu sendiri. Bagaimana caranya kita bisa menyampaikan pesan dari sebuah gambar maupun video sehingga konsumen tertarik untuk membeli produk tersebut.

Seperti yang dilakukan oleh pemilik Zaigen Kangen Water ini, mereka mempercayakan Overloops untuk membuatkan sebuah foto iklan produk air minum tersebut. Nah, tantangannya adalah kita harus bisa merangkai konsep agar maksud yang disampaikan bisa diterima oleh konsumen hanya melalui sebuah foto. Dalam hal ini kita membuat berbagai macam konsep yang berbeda untuk menceritakan kelebihan Zaigen Kangen Water ini dan varian apa saja yang disediakan oleh Zaigen. Kita menggunakan setting studio dengan background putih untuk pemotretan produk ini. Studio kita setting seperti di dalam kamar, dengan menambahkan meja, kursi, laptop, buku-buku, dan peralatan sekolah lainnya. Konsep yang kita gunakan adalah seorang anak yang konsentrasi belajarnya terus terjaga karena adanya Zaigen Kangen Water ini. Sehingga setting ruang belajar anak memang konsep yang tepat.

Kita menggunakan 3 lighting yang terdiri dari Godox AD360, Godox V860 Mark II, dan juga Canon 580EX. Untuk lighting Godox kita tambahkan soft box agar cahaya yang dikeluarkan menjadi lebih lembut, sedangkan lighting satu lagi di bounching ke tembok di belakang background. Lighting Godox AD360 kita jadikan sebagai main light karena memang powernya yang lebih besar, untuk kedua lighting lainnya dijadikan sebagai rim light dan fill light. Kamera yang digunakan adalah Sony A7 Mark II dengan lensa 85 mm. Untuk pengaturan kamera, kita menggunakan iso paling rendah karena lighting yang digunakan memang sudah memancarkan cahaya yang memiliki power besar. Untuk pengaturan lainnya kita menggunakan shutterspeed 100 dan f 7.1. Kita juga harus bisa menyeimbangkan exposure kamera dengan rasio lampu agar foto yang dihasilkan cukup epic.

Foto iklan air mineral ini identic dengan seseorang yang kehausan atau membutuhkan banyak cairan untuk terus berkonsentrasi ketika sedang mengerjakan tugas. Shoot di ambil dari arah depan sehingga setiap detail aktivitas anak terlihat. Selain konsep, hal lain yang harus diperhatikan adalah ekspresi dari tokoh utama iklan tersebut. Bisa juga memperlihatkan aktivitas lain seperti sedang minum maupun ekspresi lega setelah minum. Kalian juga bisa mengambil gambar dengan fokus ke produk sedangkan bagian lainnya blur. Dengan konsep seperti ini seakan-akan produk tersebut lebih unggul dibanding background yang blur. Jadi orang yang melihatnya bisa langsung menebak foto itu memang foto iklan produk.

Kalian juga bisa memanfaatkan moment terdekat untuk mengiklankan produk tersebut. Seperti ketika akan menjelang bulan puasa, nuansa Ramadhan juga bisa kalian gunakan untuk membuat iklan produk air minum. Tentunya bulan Ramadhan identic dengan sentuhan Islami. Sehingga dengan nuansa Islami tersebut bisa menjelaskan iklan air minum ini melegakan dahaga ketika berbuka puasa.

Selain itu, foto berbagai varian dan bentuk produk dalam satu foto juga sangat penting untuk perbandingan ukuran. Terkadang sebuah produk cair maupun padat memiliki varian ukuran yang beragam. Untuk memberikan perbandingan besar kecil, kita bisa menggabungkannya di dalam 1 foto dan pengambilan angel gambar sejajar dengan produk tersebut. Sehingga besar kecilnya produk menjadi semakin jelas terlihat dalam foto tersebut. Kalian juga bisa menambahkan objek orang di dalam foto tersebut agar lebih terlihat jelas perbandingan ukuran yang sebenarnya.

Nah, itu tadi beberapa contoh konsep dan pengambilan gambar yang bisa kalian praktekan sendiri untuk mengiklankan produk kalian. Cukup mudah bukan, mencari ide atau konsep untuk iklan produk. Kalau kalian tertarik untuk meminta bantuan Overloops membuatkan iklan produk kalian, temen-temen bisa langsung saja menghubungi Overloops melalui instagram @overloops atau bisa juga melalui Facebook Fanspage Overloops. Untuk portofolio lainnya bisa kalian lihat juga di Facebook dan Channel Youtube Overloops. Buat produkmu menjadi lebih popular lagi dengan iklan yang simple namun mudah dimengerti. Sekian dari Overloops, nantikan tips-tips menarik di dunia photography lainnya di website kita yaa…

RECENT POSTS

    Leave a comment