January 18, 2018

Produksi Review Samsung Galaxy Note 8

Video review menjadi salah satu video yang sangat popular di Youtube. Di samping membahas teknologi terbaru memang menjadi salah satu hal yang menarik, content review ini juga bermanfaat untuk orang-orang yang tertarik untuk membeli atau penasaran tentang sebuah produk atau barang tertentu. Situs penyedia jasa hosting video seperti Youtube, content-content video review ini sudah berlimpah mulai dari content video yang berkualitas tinggi hingga yang sederhana. Nah, tim Overloops juga penasaran dan ingin mencoba untuk membuat sebuah video review yang berkualitas dari segi teknik visualnya. Kebetulan tim kami Cendhika memiliki produk baru dan menarik untuk di review. Kami membuat sebuah video review dengan perlengkapan yang kami punya tentang Samsung Galaxy Note 8.

Nah, membuat sebuah video review memang membutuhkan banyak persiapan, tentunya pihak reviewer sudah harus menguasai materinya, maka dalam kasus ini Cendhika, salah satu videographer kami, membuat suatu konsep terlebih dahulu tentang apa-apa yang akan di review. Konsep dari segi teknis, nantinya kita akan membuat sebuah video review yang terdiri dari tiga angel. Angel pertama penjelasan tentang produk dengan fokus kamera ke presenter yang membawakan materi, angel yang kedua adalah dari sisi produk dan juga presenter dengan view wide yang mencakup semuanya, dan yang ketiga sisi produk dari atas.

Masing-masing konsep ini membutuhkan treatment yang berbeda dan set up yang berbeda-beda. Nah, di kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk membahas tentang bagaimana behind the scene dari setiap scene yang kita buat. Secara over all konsep yang kita buat untuk video review adalah konsep full lighting yang prima dan juga beberapa aksen warna sehingga videonya terlihat menarik. Kebetulan kita memiliki gel warna untuk lampu led berupa filter warna biru dan merah. Ketika filter ini digabung akan memberikan efek warna merah dan biru, dan ketika kedua warna ini bertemu akan menjadi sebuah warna ungu. Kita memanfaatkan sebuah ruangan di studio kami, dengan background tembok putih untuk mendapatkan warna yang terang. Kemudian kita juga menggunakan beberapa lighting untuk main light, background light, dan juga sight light nya.

  • Pertama, Scene Intro

Scene pertama ini presenter menjelaskan tentang intro produk yang akan dibahas, dan belum menujukkan produk tersebut, hanya mendengarkan penjelasan dari presenter. Kunci set up disini adalah penggunaan lighting utama atau main light berupa lampu ring LED yang ditempatkan di tripod vanguard dengan kemiringan yang bisa diatur, berupa tripod yang berwujud seperti tripod bump yang nantinya bisa diarahkan sangat dekat dengan objek. Dari teknik ini kita belajar bahwa semakin dekat led dengan objek, akan menghasilkan pencahayaan yang lebih bagus. Maka kita tempatkan led nya dalam sebuah tripod bump. Kemudian di sisi background, kita menggunakan 3 buah lampu yang terdiri dari 1 buah lampu YN-300 dengan diberikan gel warna merah, dan YN-300 dengan gel warna biru, kemudian kedua lighting tersebut di tembakkan ke tembok sehingga tidak blank.

Berikutnya adalah menggunakan 1 buah led berwarna biru untuk memberikan akses ring light pada bagian belakang presenter menggunakan YN-300, kemudian untuk suaranya kita menggunakan microphone rode video mix pro. Alasan menggunakan microphone ini adalah karena microphone ini bisa disambungkan dengan kabel audio 3.5 mm yang panjang sehingga bisa ditempatkan lebih dekat dengan objek dan lebih jauh dari kamera. Untuk kamera kita memakai Sony A7S dengan lensa Canon 17-40 mm dengan converter. Kita bisa mendapatkan cahaya yang merata pada objek walaupun dengan 1 LED saja dan Ring Light ini bisa memberikan efek melingkar pada mata presenter, dan kita juga bisa mendapatkan suara yang jernih berkat microphone yang diletakkan sangat dekat dengan objek tanpa harus terlihat dalam kamera.

  • Kedua, Penjelasan Produk

Scene kedua ini kita menggunakan sebuah meja yang ditempatkan di depan objek. Bedanya dengan scene pertama, lampu ring led-nya diletakkan di atas presenter, dan kameranya pun tidak diletakkan di tengah-tengah LED. Selebihnya kita menambahkan 2 buah Lighting Amaran AL-160 di kanan dan kiri untuk menambahkan cahaya di produk yang kita review. Kita memberikan angel agak sedikit ke bawah sehingga produknya bisa lebih terfokus pada produknya, sedikit distorsi namun malah memberikan efek yang dramatis.

  • Ketiga, Produk dari Atas

Scene ketiga ini kita masih menggunakan perlengkapan yang sama, namun background yang semula tembok kita ganti dengan background meja. Kita menggunakan sebuah lighting LED YN-300 untuk memberikan cahaya pada meja sehingga lebih terang. Kemudian kita juga menggunakan dua buah lighting LED YN-300 juga yang diberi filter warna merah dan biru sebagai backlight-nya. Dengan teknik ini kita akan mendapatkan sebuah cahaya rim berwarna merah dan biru pada tangan. Cahaya utamanya berupa Ring Light yang diletakkan tepat diatas produk. Sedangkan kameranya juga tempatkan di atas mengarah ke bawah dengan tripod Vanguard yang disetting seperti bump tripod. Setting seperti ini sangat terbantu dengan adanya field monitor aperture untuk memonitor bagaimana komposisi dan gambar yang dihasilkan ketika produksi.

Sekian penjelasan tentang review produk Samsung galaxy note 8, artikel berikutnya kita akan membahas beberapa insert experimental dengan menggunakan air dan cat air sebagai bumper dalam review note 8. Tunggu di postingan kita berikutnya yaa…

RECENT POSTS

    Leave a comment