July 12, 2018

Produksi Video PCC Sekolah Vokasi UGM

PCC yang merupakan singkatan dari Penalaran Center Community merupakan suatu komunitas mahasiswa yang berada di bawah naungan langsung Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada. Dalam rangka membuat video profil komunitas tersebut, SV UGM kembali mempercayakan Overloops untuk membantu dalam pembuatan video profil tersebut. Overloops dengan senang hati membantu pembuatan video ini, apalagi konsep yang digunakan dalam pembuatan video ini pun cukup menantang. PCC ingin membuat video dengan konsep split untuk memperlihatkan kegiatan mahasiswa yang bersifat teknologi dan social. Video dibuat dengan gerakan cepat dan perpindahan hari yang sangat cepat, sehingga isi dari video PCC ini sangat padat meskipun durasinya tidak terlalu lama.

Dalam pembuatan video PCC ini, story dan naskah dibuat langsung oleh para mahasiswa. Sehingga beban kerja kita sendiri hanya pengambilan gambar dan editing. Pengambilan gambar berlangsung dalam satu hari. Karena scene yang siambil sangat banyak, Tim Overloops berangkat 6 orang sekaligus. Kita membagi semuanya menjadi 3 tim dengan masing-masing videographer dan asisten untuk mempercepat proses pengambilan gambar. Video ini menceritakan tentang dua orang mahasiswa yang membutuhkan pencerahan karena aktivitas sehari-harinya yang hanya melulu tentang kuliah saja. Dengan adanya komunitas PCC ini membuat aktivitas dan kreativitas mereka bertambah untuk menciptakan produk-produk baru. Sehingga kita mengambil shoot di lingkungan Sekolah Vokasi itu sendiri.

Teknis dari pengambilan gambar ini, kita menggunakan 2 kamera Sony A7 Mark II dan 1 kamera Sony A7S. Lensa yang kita gunakan meliputi lensa 24-70 mm, 16-35mm, 17-40mm, 100mm, dan 85mm. Karena nantinya satu frame akan di split menjadi 2 layout, pengambilan gambar pun menjadi tidak biasa. Kita harus bisa memastikan framingnya agar tidak melebihi dari separuh frame. Untuk memudahkan pengambilan gambar bisa menggunakan grid pada fitur kamera. dengan demikian kita bisa mengambil gambar tepat di tengah frame.

Tantangannya dalam pengambilan gambar ini adalah ketika kita harus benar-benar memastikan bahwa gambar yang kita ambil sesuai dengan komposisi split karena ada beberapa split yang nantinya akan menjadi full screen. Dalam video ini juga memasukkan beberapa video produk yang komunitas PCC ini kerjakan. Karena tidak membawa background kain, sedangkan background di area kampus ini tidak memungkinkan, kita mencari ruang kosong yang bisa dijadikan untuk shoot produk. Pada akhirnya kita menemukan suatu loker baru di perpustakaan berbentuk kubus dan berwarna putih. Dengan bantuan dua lighting dari handphone, kita shoot beberapa produk di loker tersebut.

Setelah shoot di area kampus selesai, kita berpindah ke Guest House UGM untuk pengambilan gambar dengan latar belakang kost. Proses produksi ini berjalan lancar karena memang para mahasiswa sangat berantusian dalam pembuatan video ini. Sehingga kita tidak terlalu banyak mendirect mereka karena sebagian besar adegan dalam video ini gambaran aktivitas mereka sehari-hari.

Nah, itu tadi cerita pengalaman Overloops dalam proses produksi video PCC UGM. Untuk hasil video ini bisa temen-temen tunggu di Channel Youtube Overloops yaa, jangan lupa subscribe untuk tahu pemberitahuan update video dari Overloops. Overloops merupakan jasa foto dan video yang siap membuatkan video sesuai dengan permintaan client. Selain company profile, kita juga menerima jasa pembuatan video travelling, event pribadi maupun corporate, video clip, dan berbagai video lainnya yang bisa kalian lihat langsung portofolio kita di instagram @overloops maupun fans page Facebook Overloops.

RECENT POSTS

    Leave a comment