December 14, 2017

Profil Alumni Sekolah Vokasi UGM Yogyakarta

Universitas Gadjah Mada meminta Overloops untuk membuat video profile Sekolah Vokasi UGM. Video profil ini terdiri dari beberapa video seperti Video PBUK, VTS, Mahasiswa Berprestasi, Kompetisi Mahasiswa, dan juga Video Alumni. Dalam artikel ini, kita akan menceritakan keseruan proses pembuatan video profile alumni SV UGM yang telah berhasil meraih prestasi besar dalam hidupnya. Dalam wawancara ini, kita mengajak salah satu alumni SV UGM dan berasal dari Jakarta yang bernama bapak Lukman. Bapak Lukman ini bekerja di British Petroleum atau BP sebagai ahli dalam bidang Geographical Information System.

Proses produksi ini terdiri dari 2 sesi dan dilakukan dalam satu hari saja. Sesi pertama dilakukan wawancara di kantor Overloops. Overloops menggunakan 2 kamera untuk merekam wawancara Pak Lukman ini dari angel yang berbeda dengan kamera A7S dan tambahan lensa 85 mm untuk mendapatkan gambar close dan medium close dengan background blur atau bokeh. Untuk kamera kedua menggunakan kamera A7S Mark II dan tambahan lensa 100 m untuk mendapatkan wajah close up dari wajah Pak Lukman ini. Untuk audio, kita menggunakan recorder H4N yang di bypass ke kamera A7S dan diinput dari clip on audio technic.

Untuk membuat proses interview ini terlihat bagus dan dramatis, kita menggunakan 3 buah titik lighting yang menyinari subjek interview. Lighting 1 menggunakan lampu Yongnuo YN-600 yang dipasangi dengan payung. Lighting ini berfungsi sebagai main light. Kemudian lighting kedua menggunakan ring light untuk menyinari objek bagian belakang yang membuat gambar subjek lebih berdimensi. Lighting ketiga menggunakan Yongnuo YN-300 Mark II untuk menyinari objek bagian belakang agar objeknya terlihat lebih terang.

Pertanyaan yang disampaikan seputar pengalaman masa muda beliau ketika di kampus, apa alasan beliau memilih sekolah vokasi ini, bagaimana kiprah beliau selama menjadi mahasiswa di Sekolah Vokasi UGM ini, hal apa saja yang dilakukan sehingga beliau berbeda dari mahasiswa lainnya dan memiliki banyak prestasi yang membanggakan seperti bekerja di perusahaan multinasional dari Inggris ini. Video ini nantinya diharapkan mampu menginspirasi tidak hanya mahasiswa Sekolah Vokasi saja, tapi juga semua pelajar yang nantinya akan masuk ke Sekolah Vokasi UGM ini yang dibuktikan dari lulusannya yang berkualitas. Setelah sesi interview ini, selanjutnya kita memberikan kesempatan kepada beliau untuk mendemokan software Arcgis yang beliau gunakan hingga bisa bekerja secara maksimal. Setelah itu dilanjutkan untuk scene yang menceritakan kegiatan sehari-hari Pak Lukman mulaidari pagi hari, beliau berakting sedang minum kopi sambil mengecek email yang masuk sebelum beranjak kerja.

Untuk menambah insert lain di video, kami juga mengajak Pak Lukman untuk berkunjung ke Sekolah Vokasi UGM dan sedikit bernostalgia masa-masa kuliah dulu. Beliau sempat kaget karena keadaan kampus sekarang sudah sangat berbeda dengan keadaan kampus jaman dahulu dimana sekarang telah banyak bangunan yang berdiri dan menjadi sangat luas. Ketika berada di SV UGM ini, kita bertemu dengan para mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas. Akhrinya kita berinisiatif untuk mengajak beliau bercengkrama dengan mahasiswa tersebut. Untuk sekedar bercerita, mengajari, sharing, dan menceritakan pengalaman beliau kepda adik-adik kelas. Momen ini juga kita jadikan sebagai insert tambahan di video alumni ini. Proses produksi berlangsung selama setengah hari saja dan semua scene telah terpenuhi seluruhnya. Sebenarnya kita ingin mendapatkan scene lebih banyak lagi. Tetapi karena Pak Lukman harus kembali ke Jakarta yang jadwal flight-nya siang hari, kita harus menyudahi proses produksi ini hingga siang hari saja.

Tips untuk temen-temen yang ingin melakukan interview kepada orang yang belum pernah memiliki pengalaman tampil di depan kamera, kita harus membuat narasumber kita merasa nyaman. Kita juga harus mampu mengarahkan, menggali semua pertanyaan yang nantinya akan berpotensi untuk mendapatkan jawaban-jawaban yang potensional. Untuk membuat narasumber tersebut merasa nyaman, Tim Overloops melakukan pendekatan dalam interview dengan cara seakan-akan mengajak Pak Lukman untuk ngobrol dan tidak berhadapan langsung dengan kamera. Walaupun ada beberapa scene yang mengharapkan beliau untuk menghadap kamera ketika memberikan pesan dan nasehat kepada mahasiswa dan masyarakat pada umumnya.

Nah, untuk kalian yang tertarik meminta jasa Overloops untuk melakukan wawancara kepada public figure, para professional, tokoh masyarakat, maupun masyarakat umum, kalian bisa menghubungi Overloops melalui Instagram @overloops atau melalui Facebook Page Overloops. Untuk hasil keseluruhan rangkaian video UGM ini, tunggu kita merilis videonya di Official Youtube Overloops yaa.. dan jangan lupa untuk subscribe Youtube kita.

RECENT POSTS

    Leave a comment