February 20, 2018

Proses Produksi Foto Hacker Overloops

Seringkali kita mendengar tentang tingkah laku para penjahat data atau pencuri data yang meresahkan berbagai instansi-intsansi penting di setiap Negara. Mereka yang biasa disebut sebagai hacker ini menganalisa setiap system yang memiliki keamanan lemah, dan mencoba untuk membobol pertahanan system tersebut. memang sebagaian besar hacker memiliki tujuan untuk merugikan pihak yang mereka curi datanya, dan ada pula yang hanya menguji coba keamanan system apakah sudah kuat atau belum. Tidak hanya sekedar mencuri data penting saja, para hacker juga merusak data tersebut dengan memasukkan virus ke dalam keamanan system, mengubah tampilan website, hingga meretas laman website tersebut.

Namun ada kalanya perilaku hacker ini membawa keuntungan para security data. Karena mereka akan lebih meningkatkan keamanan data dari setiap system tersebut. Ketika ada celah di keamanan system mereka, hacker akan masuk dengan leluasa. Dari situlah cyber security mengetahui kelemahan sistemnya. Dengan catatan si penjahat cyber belum merusak keseluruhan data yang kamu miliki. Cukup mengerikan ya, tetapi ketika kamu bisa menaklukkan para penjahat cyber ini tentunya ilmumu harus lebih tinggi dari mereka.

Nah, mengikuti perkembangan teknologi ini, Overloops tertarik untuk membuat karya photography dengan tema Hacker. Tema Hacker ini juga cukup laku di pasaran Sutterstock sebagai bentuk penolakan terhadap penjahat cyber. Sebelum memulai produksi, yang kita lakukan adalah dengan mensurvey terlebih dahulu tema hacker seperti apa yang laku di pasaran. Biasanya gambar yang banyak dicari oleh pembeli itu berada di baris teratas atau bagian trending. Jadi kita mengambil beberapa sample tersebut untuk dijadikan sebagai referensi.

Setelah sample kita dapatkan, hal yang kita lakukan selanjutnya adalah menyiapkan beberapa peralatan yang sekiranya berkaitan dengan pekerjaan hacker ini. Kita menyiapkan PC dan 2 laptop yang telah di setting dengan tampilan hacker. Tampilan hacker ini khas dengan kode-kode binary data yang berwarna biru atau hijau. Kita juga menyiapkan mini studio di kantor Overloops dengan menggunakan background hitam. PC dan Laptop diletakkan di atas meja yang ditutup dengan kain hitam pula agar warnanya menyatu dengan background dan tidak terlihat seperti berada di atas meja.

Alat yang kita gunakan yaitu 3 lighting Yongnuo YN-300 yang diberikan filter lighting berwarna biru. Kita menggunakan warna biru di sini karena warna biru ini menambah warna elegan jika dipadukan dnegan warna hitam di background. Satu lighting diletakkan di atas background untuk menyinari background dengan efek berwarna biru tersebut. lighting ini juga berfungsi untuk menghilangkan garis meja yang terlihat. Dua lighting lainnya diletakkan di samping dan di depan meja. Kamera yang kita gunakan adalah Sony A7 Mark II dengan lensa 85 mm dan lensa 35 mm. Pengambilan gambar diambil dari sisi depan dan dari berbagai sisi lainnya untuk memperlihatkan detail si hacker.

Model yang berlaku sebagai hacker mengenakan jaket hitam yang memiliki hoodie sehingga menutup sampai ke atas. Kita mengantisipasi adanya model release di Sutterstock, sehingga tidak memperlihatkan model tersebut. Foto diambil dari sisi belakang model yang sedang memperagakan pemrograman di komputer. Hasilnya seperti foto-foto berikut ini.

Nah, kita tidak berhenti di foto mentahan ini saja, tapi kita juga melakukan proses editing agar foto tersebut terlihat lebih menarik. Dengan menambahkan beberapa gambar binary number di depan hacker atau belakang hacker sehingga hacker tersebut terlihat seperti berada di ruangan digital. Hasil gambar binary data yang sudah kita miliki di masking ke gambar tersebut. Hasil editing tersebut jadilah seperti berikut ini…

Menarik bukan, editing foto hacker yang terlihat menawan. Kalau kalian ingin foto hacker tersebut, kalian bisa mendapatkannya melalui akun Shutterstock Ferita dan akun Shutterstock Cendhika. Sekian tips membuat produksi foto hacker ala Overloops semoga bermanfaat untuk teman-teman semua. Tunggu tips dan trik kita selanjutnya yaa…

RECENT POSTS

    Leave a comment