October 4, 2018

Proses Produksi Video Kampanye Calon Lurah Desa Wirokerten

Masa kampanye memang merupakan pestanya para partai politik untuk mengkampanyekan jagoannya masing-masing. Namun tidak hanya partai politik saja yang melakukan kampanye di tahun-tahun terakhir ini. Tetapi juga pejabat desa seperti Lurah yang juga akan ada pemilihan untuk amanat lurah selanjutnya. Dalam rangka pemilihan lurah periode 2018-2023 yang serentak dilaksanakan di Daerah Istimewa Yogyakarta pada tanggal 14 Oktober mendatang, Overloops dipercaya oleh salah satu Calon Lurah Desa Wirokerten untuk membuatkan sebuah video kampanye. Tema video yang diminta adalah video perkenalan diri calon lurah dan pemaparan visi misi kerja setelah menjabat menjadi lurah nantinya. Pembuatan video ini dilakukan di studio Overloops dengan konsep waancara.

Alat-alat yang kita gunakan dan teknik untuk merekam pemaparan visi misi Calon Lurah ini kurang lebih sama dengan proses interview yang seringkali kita lakukan. Dalam video ini kita menggunakan background putih. Karena backgroun putih ini dianggap netral dan memang jabatan Lurah ini tidak ada sangkut pautya dengan partai politik yang ada di Indonesia. Beda halnya jika nantinya video kampanye ini digunakan untuk para calon legislatif yang akan maju di pemilihan Caleg tahun 2019 mendatang. Maka background yang digunakan pun bisa menyesuaikan dengan partai politik yang diikuti.

Nah, untuk pembuatan video Calon Lurah ini, kita menggunakan 2 kamera. Kamera utama menggunakan Sony A7S yang dilengkapi dengan lensa 35 mm untuk mengambil gambar wide namun kita mengusahakan agar tidak distorsi. Sedangkan kamera kedua kita menggunakan Sony A7 Mark II dengan lensa 100 mm untuk pengambilan gambar yang lebih close-up. Kita juga menggunakan 5 lighting, 1 lighting dihadapkan ke backgound untuk mendapatkan dimensi dari subjek ke background. Untuk 2 lighting yang berfungsi sebagai rim light kita letakkan di samping kanan kiri subjek untuk memberikan efek highlight di kerudungnya. Kemudian satu lagi diletakkan di depan subjek untuk menampilkan key light pada subjek. Karena subjek menggunakan kerudung, efek key light ini menimbulkan bayangan pada bawah kerudung. Sehingga di key light ini juga diberikan payung agar bayangannya tidak terlalu keras. Satu lagi lighting untuk mengimbangi bayangan dari kerudungnya itu diambil di depan tetapi lebih rendah dari key light.

Untuk pemaparannya sendiri, karena beliau ingin membaca namun tidak terlihat membaca di kamera, kita memberikan tulisan sebagai contekan untuk dibaca dalam video dengan trik. Kita melubangi kertas yang berisi materi yang akan disampaikan tepat ditengah untuk dimasuki lensa kamera. Sehingga ketika beliau membaca tulisan tersebut, mata subjek tetap tertuju pada kamera.

Ya, itu tadi cerita pengalaman kita untuk membantu membuat sebuah video kampanye Calon Lurah Desa Wirokerten. Overloops juga melayani pembuatan video kampanye untuk calon legislatif tahun 2019 nanti. Untuk teman-teman yang berniat menggunakan Overloops untuk pembuatan video kampanye, bisa langsung saja menghubungi Overloops melaui instagram @overloops maupun Fans Page Facebook Overloops. Untuk melihat semua portofolio Overloops, temen-temen bisa langsung saja melihatnya melalui Channel Youtube Overloops, dan jangan lupa subscribe yaa..

RECENT POSTS

    Leave a comment