July 27, 2018

Seminar Lustrum XIV SMA Kolese De Britto Organized by Evenesia

SMA Kolese De Britto merupakan salah satu SMA swasta favorit yang ada di Yogyakarta. Dalam rangka memperingati Lustrum XIV, SMA Kolese De Britto mengadakan acara seminar dengan tema Seminar Harmoni dalam Keberagaman untuk para siswa dan alumni De Britto. Seminar ini merupakan acara yang cukup besar karena mengundang pembicara meliputi beberapa menteri dan tokoh masyarakat seperti Alissa Wahid yang merupakan Dewan Pembina The Wahid Institute, Prof. Dr. Mahfud MD, Prof. Dr. Bambang Brodjonegoro yang merupakan Menteri Bappenas, Dr. H. Ahmad Syafii Ma’arif sebagai anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi, dan Dr. J Kristiadi yang merupakan pengamat politik dari Center for Strategic and International Studies (CSIS).

Dalam kesempatan ini, Overloops diberi kepercayaan oleh Event Organizer terkenal di Jogja, Evenesia untuk membantu dan men-support dokumentasi event besar tersebut. Acara ini diadakan di ballroom Hotel Tentrem Yogyakarta dan dihadiri oleh kurang lebih 400 tamu undangan. Karena dihadiri cukup banyak tamu undangan dan acaranya yang sangat besar, sebelum mendokumentasikan acara tersebut, Tim Overloops membuat sebuah shot list untuk dokumentasi. Shot list dalam pendokumentasian sebuah acara ini sangat wajib sifatnya agar nantinya kita tidak kebingungan ketika sudah berada di lapangan. Shot list ini lah yang nantinya menjadi acuan ketika editing video. Kalau kita tidak membuat shot list, akan banyak moment yang terlewat dan tidak terekam.

Untuk teknisnya sendiri, karena ruangan ballroom yang sangat luas, kita mencoba untuk shoot areal ballroom untuk mendapatkan angle yang berbeda. Kita menggunakan Zhiyun Crane 2 yang digabungkan dengan monopod untuk mengangkat kamera Sony A7S yang dilengkapi dengan lensa 16-35 mm. Untuk alat-alat lainnya, kita menggunakan Sony A7 Mark II, Gopro, Sony RX0 dan Sony RX100. Tim Overloops memberangkatkan 3 videographer untuk acara tersebut. videographer pertama mengambil gambar secara wide ketika para tamu memasuki gedung. Videographer kedua mengambil gambar close up wajah, ekspresi para tamu undangan dan juga mengambil gambar pembicara menggunakan lensa 24-70mm dan 100 mm. Videographer ketiga memiliki beban kerja timelapse di setiap sudut ballroom untuk melihatkan suasana di dalam ruangan tersebut. Kita juga melakukan wawancara dengan beberapa pembicara menggunakan audio Rode Video Mic Pro, H4N dan Zoom H1. Karena kolaborasi yang baik antara Evenesia dengan Overloops berlangsung cukup baik, semua kendala yang ada dilapangan pun juga bisa teratasi dengan baik.

Nah, itu tadi cerita pengalaman Overloops ketika membantu dokumentasi event besar De Britto dari Evenesia. Overloops merupakan vendor foto dan video yang dengan senang hati membantu pendokumentasian event-event besar maupun kecil sesuai dengan keinginan client. Tidak hanya event sekolah saja, tetapi juga berbagai video corporate, event pribadi, wedding, dan masih banyak lagi. Kalau kalian tertarik untuk menggunakan jasa Overloops mendokumentasikan event penting kalian, temen-temen bisa langsung saja menghubungi Overloops melalui instagram @overloops atau Fans Page Facebook Overloops. Berbagai portofolio Overloops juga bisa kalian lihat di Channel Youtube Overloops, dan jangan lupa subscribe yaa..

RECENT POSTS

    Leave a comment