March 22, 2018

Sesi Foto Hotel Sahid Jaya Yogyakarta

Dunia perhotelan Indoensia telah mencapai di titik puncak kesuksesan yang membuat beberapa hotel banyak laku dipasaran. Salah satu hotel yang cukup mudah dicari di kota-kota besar Indonesia ini adalah milik Sahid Group dengan pendirinya Bapak Sukamdani Sahid Gitosardjono. Sahid Group ini semakin berkembang setiap tahunnya dengan bertambahnya waralaba perhotelan Sahid. Sahid Group berdiri sejak 1953 dan telah menjadi brand hotel yang dikenal banyak orang. Meskipun sduah mendapatkan banyak penghargaan hotel terbaik di Indonesia, Sahid Group ini terus meningkatkan layanan terbaiknya. Begitu pula dengan Hotel Sahid Jaya & Convention Center yang ada di Yogyakarta ini. Hotel Sahid Jaya ini berada di Jalan Babarsari, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta.

Overloops salah satu vendor photo dan videography yang juga bergerak di bidang company profile, mendapatkan kepercayaan untuk memotret sekaligus membuat video tentang Hotel Sahid Jaya. Nah, beberapa hari lalu tim kita membuat sebuah sesi foto di Hotel Sahid Jaya tepatnya area Restaurant dan bagian Lobby. Selain itu, tim kami juga mengadakan sesi interview dengan Bapak Yoyok selaku General Manager Hotel Sahid Jaya. Tim kita berangkat sebanyak 3 orang, 1 orang videographer Creative Director kami Cendhika dan juga asisten dari Pondok Multimedia Usamah dan Zaki. Kita berangkat ke Hotel Sahid Jaya dengan membawa banyak peralatan.

Pertama kita mengadakan sesi untuk membuat sebuah profile dan interview dari Bapak Yoyok selaku General Manager Hotel Sahid Jaya. Dalam sesi interview ini konsep yang kita inginkan adalah dengan mengadakan tanya jawab dan bincang-bincang yang casual, santai, namun juga terlihat elegant. Pemilihan lokasi yang tepat memang menjadi tantangan tersendiri agar bisa mewakili ambient yang diinginkan. Setelah kita survey di beberapa tempat, kita memutuskan untuk menggunakan lokasi di restaurant. Lokasi ini sangat tepat dan mendukung untuk dijadikan sebagai tempat ngobrol santai, dan ruangan yang memiliki ambient gelap membuat kita harus bermain lighting.

Karena konsep interview ini yang santai dan ingin membuat Bapak Yoyok nyaman, kita tidak perlu terlalu banyak menggunakan lighting, tetapi kita juga ingin mendapatkan dimensi yang di foto, sehingga kita menggunakan 2 buah lighting. Satu buah lighting dengan menggunakan lighting YN-300 yang dipasangkan dengan tripod dan sebuah payung untuk menambah efek soft. Sedangkan lighting YN-300 satu lagi kita letakkan di bagian belakang yang kita pasangi dengan filter gel berwarna kuning agar memberikan kesan hangat.

Beberapa tips untuk membuat orang yang kita interview menjadi lebih natural adalah dengan ngobrol santai dengan yang kita interview dan kita tidak perlu memaksa narasumber kita untuk berbicara ke arah kamera. Proses interview ini berjalan dengan lancar. Kita menggunakan 2 buah camera di multi angel yang berbeda, dengan menggunakan kamera A7 Mark II yang dipasangakan dengan lensa 135 mm untuk mengambil gambar detilnya. Kita juga menggunakan kamera A7S dengan lensa 50 mm untuk mendapatkan gambar yang lebih wide. Untuk audio sendiri kita memasangkan 1 buah rode shotgun video mic pro yang didekatkan dengan objek, dan satu backup lagi dengan menggunakan clip on yang terpasang di A7 Mark II.

Setelah kita selesai melakukan proses interview dengan GM Hotel Sahid Jaya, berikutnya kita mengadakan sesi foto di tempat yang sama. Konsep sesi foto yang kita lakukan adalah kita ingin membuat menggambarkan suasana dari Restaurant ini sendiri, dengan seorang waiters yang sedang melakukan table preparation. Dalam sesi foto ini kita menggunakan konsep masking, dan karena ini adalah foto profil, kita meluangkan waktu yang cukup lama hanya untuk satu foto saja. Daripada kita mengambil banyak foto namun hasilnya tidak maksimal, lebih baik kita mengerjakan 1 foto saja namun terkonsep dengan baik. Tahap-tahap yang harus dilakukan untuk melakukan sesi foto ini adalah:

  1. Mencari spot foto yang paling bagus.
  2. Framing yang paling tepat ini dipengaruhi oleh ambient ruangan sendiri, jadi kita mencari sisi yang terbaik.
  3. Kemudian menggunakan lensa seperti apa itu membutuhkan sebuah riset tersendiri. Kita mencoba berbagai angel dan mencoba beberapa lensa sehingga mendapatkan gambar yang benar-benar mewakili dan representative untuk foto yang kita inginkan.
  4. Setelah mendapatkan angel yang tepat, langkah berikutnya kita menaruh kamera di sebuah tripod kamudian kita melakukan sesi foto dengan modelnya.

Kita menggunakan 2 buah lighting yang terdiri dari 1 buah lighting Godox AD360 Mark II dan juga Godox V860. Flash yang pertaman kita tambahkan softbox sehingga cahayanya akan menjadi lebih soft. Nah, konsep yang pertama kita menggunakan Sony A7 Mark II dan lensa 85 mm dengan jarak yang agak jauh sehingga kita bisa mendapatkan area bokeh yang cukup lebar tapi juga menangkap ambient yang bagus. Tips foto disini adalah kita sebisa mungkin menempatkan flash dekat dengan objeknya sehingga kita bisa mendapatkan gradasi yang cukup halus dan gradasi yang sangat bagus pada wajah modelnya, juga dengan 1 buah ring light.

Nah, karena kita menggunakan softbox yang terlalu dekat dengan objek, softbox tersebut akan tertangkap kamera juga. Untuk mensiasasati hal tersebut, kita menggunakan teknik masking dengan mengambil satu kali lagi foto tanpa ada orang yang memegang softbox, kemudian di proses editing kita menghilangi bagian softbox tersebut. Maka akan didapatkan foto dengan pencahayaan yang bagus namun juga menangkap ambient secara keseluruhan karena foto diambil dengan framing yang sangat lebar dan juga pencahayaan yang sangat prima. Untuk shoot lainnya bsia dilihat di gambar-gambar berikut.

Nah, sekian sesi foto Overloops untuk Sajid Jaya Hotel. Overloops dengan senang hati menerima dan kita menjadi orang yang specialis dibidang lighting dan treatment yang professional. Kalau teman-teman menginginkan untuk corporate kalian difoto seperti ini, kalian bisa langsung saja menghubungi Overloops melalui instagram @overloops maupun Fans Page Facebook Overloops. Untuk hasil portfolio Overloops lainnya kalian bisa melihatnya di Channel Youtube Overloops.

RECENT POSTS

    Leave a comment