February 27, 2018

Sesi Foto Menyambut Ramadhan 2018

Sebagian muslim banyak yang menyambut bulan suci Ramadhan dengan berbagai macam cara. Ada yang memulainya dengan tradisi “Padusan” atau mandi bersama-sama di kolam renang maupun kolam alami, ada yang menambah amalan agar siap menjelang bulan puasa, dan ada pula yang menimbun bahan makanan pokok untuk persiapan bulan puasa. Nah, yang menimbun bahan makanan pokok ini merupakan bentuk antisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok menjelang bulan ramadhan. Bagi yang sedang merantai, pastilah mereka sedang sibuk untuk mencari tiket pulang ke kampung halaman jauh-jauh hari agar tidak kehabisan nantinya. Bulan Ramadhan ini kerap kali kita tunggu-tunggu karena merupaka bulan yang penuh berkah bagi umat muslim. Sehingga bagi kami umat muslim, Bulan ramadhan ini merupakan bulan paling special diantara ke-12 bulan lainnya.

Nah, kami tim Overloops memiliki cara unik sendiri untuk menyambut bulan Ramadhan ini. Apa itu? Ya, kita menyiapkan stock yang menggambarkan bulan Ramadhan. Tentunya selain untuk stock foto pribadi kita, foto ini juga yang nantinya akan kita jual di Shutterstock. Tema bulan Ramadhan ini mulai ramai di kalangan photographer Shutterstock. Karena tidak ingin ketinggalan jaman, kita juga membuat beberapa stock tersebut. Dengan nuansa islami, kita menyiapkan berbagai barang seperti gamis laki-laki, peci, Al-Quran, surban, tasbih, dan beberapa perlengkapan penghias lainnya.

Dalam membuat stock foto ini kita menggunakan dua konsep, yang pertama flat layout, dan yang kedua memotret dengan berbagai angel. Untuk pemotretan flat Overloops sudah membahasnya pada postingan sebelumnya yang berjudul Tips Memotret Objek dengan Flat Layout. Kali ini perlengkapan yang kita butuhkan adalah 2 flash Godox V860 dan AD360 yang dipakaikan Softbox, dan kamera Sony A7 Mark II dengan lensa 35 mm dan 100 mm. kemudian untuk background kita menggunakan background putih dengan bahan spandex. Bahan putih spandex ini kita gunakan dengan tujuan agar tidak terlalu kusut nantinya ketika digunakan. Saran buat teman-teman yang menganggap spandex ini terlalu tipis, kalian bisa mendouble dengan bahan putih katun sehingga tidak terawang.

Untuk flat layout kita menggunakan barang-barang yang sudah kita kumpulkan dan menatanya sehingga terlihat beberapa negative space pada layout tersebut. tips juga dari kita, ketika kamu ingin membuat sebuah stock foto yang dijual, kamu bisa membayangkan kira-kira foto apa yang dibutuhkan oleh pembeli, dan foto apa yang kira-kira pantas untuk dipasang di website maupun blog mereka. Dengan demikian kita akan membuat sebuah tatanan layout yang tidak asal-asalan saja, tetapi berkonsep. Kamu bisa mencari referensi dari berbagai foto dan modifikasi foto tersebut dengan cara mu sendiri.

Sedangkan untuk foto dari berbagai angel, kamu bisa mengira-ngira angel mana yang cocok untuk foto tersebut. dengan bantuan 2 flash yang memantul di objek tersebut akan membuat background putih terlihat seperti berwarna abu-abu dan menambah kesan kalem. Fungsi softbox disini agar cahaya yang dipancarkan oleh flash tidak terlalu mencolok dan sangat terang. Selain memotret objek, kita juga memotret demgan tema orang yang sedang solat atau orang yang sedang membaca Al-Quran. Juga beberapa foto lainnya yang menjurus pada tema menyambut bulan ramadhan.

Nah, menarik bukan cara kita dalam menyambut bulan suci Ramadhan ini? Kalau kalian tertarik untuk melihat-lihat fotonya atau bahkan menginginkan fotonya, jangan ragu-ragu untuk mencarinya di Shutterstock Ferita atau pun Shutterstock cendhika.

RECENT POSTS

    Leave a comment