May 15, 2018

Sesi Foto Perpisahan SD Muhammadiyah Sapen

Perpisahan memang terkadang menjadi sebuah moment yang tidak diinginkan setiap orang. Seperti siswa-siswi SD Muhammadiyah Sapen ini yang harus berpisah untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Para siswa yang sudah berteman selama 6 tahun ini tentunya sangat sedih ketika mereka tidak lagi bersama-sama di sekolah selanjutnya nanti. Nah, agar moment terakhir ini bisa lebih dikenang, mereka mengadakan sesi foto dan pembuatan video, sekaligus untuk dipajang di buku kenangan. SD Muhammadiyah Sapen merupakan salah satu SD swasta yang ada di Yogyakarta, yang juga mengharuskan para siswanya membuat sebuah foto kenangan di buku tahunan. Mereka mempercayai Overloops untuk mengabadikan moment terakhir kebersamaan mereka tersebut.

Sesi foto bersama ini dilakukan di Tirtasani, Godean. Karena mereka masih anak-anak, foto dan video ini mengusung konsep kesenangan anak-anak yang sedang bermain dan santunnya mereka kepada guru. Seperti ucapan terimakasih mereka kepada guru yang sudah membimbing mereka selama sekolah. Sedangkan tema dari foto dan video ini kita memilih alam dengan kostum pakaian berwarna putih agar lebih cocok ketika dipadukan dengan alam hijau dan kolam renang. Lokasi Tirtasani ini sebenarnya tidak terlalu luas karena di dominasi oleh kolam renangnya. Sehingga kita juga harus pintar-pintar mencari spot dan mengatur anak-anak yang berjumlah 60 orang di lokasi tersebut. Sesi foto ini tidak hanya anak-anak saja, tetapi juga orang tua mereka, sehingga dibutuhkan tempat yang agak luas.

Kesusahan sesi foto disini adalah karena tempatnya yang tidak terlalu luas, kita harus mengakali bagaimana caranya agar 60 orang tersebut muat foto bersama di sana. Sesi foto berlangsung lancar, dan akhirnya kita bisa mendapatkan tempat yang strategis untuk sesi foto dengan background kolam dan pohon-pohon. Kita mengutamakan sesi foto di pagi hari untuk mengejar waktu agar matahari tidak terlalu harsh. Setelah sesi foto selesai, kita melanjutkan untuk ke sesi video. Sesi video ini kita memilih alur cerita happy anak-anak dimana mereka menyambut guru yang datang, bergembira bersama, bermain-main, sharing, dan kegiatan yang menggambarkan dunia anak. Susahnya dalam sesi foto ini adalah mendirect anak-anak yang masih memiliki kemauan kuat sendiri-sendiri. Jadi kita harus bisa mengkompakkan mereka, menyatukan satu dengan yang lainnya agar adegan tersebut bisa terjalin dengan sangat bagus.

Peralatan yang kita gunakan adalah kamera Sony A7 Mark II, Sony A7S, drone dan juga menggunakan stabilizer zhiyun. Zhiyun ini kita pasangi dengan lensa 17-40 dan hand held nya kita menggunakan lensa 85mm. Kita juga menggunakan RX100 sebagai pendukung slow motion yang juga dibantu dengan Sony A7S yang memiliki keunggulan di teknik slow motion. Drone kita gunakan untuk shoot cinematic dari atas. Untuk sesi foto, kita menggunakan 2 lighting Godox yang kita setting sama rata di depan. Flash Godox AD360 ini kita tambahkan dengan softbox dan Godox V860 kita pasangkan payung putih agar cahaya yang menyebar lebih soft. Property yang kita gunakan untuk lebih mendramatisi adegan yaitu dengan balon berwarna putih sesuai tema.

Sesi terakhir kita memanfaatkan kolam untuk menambah cinematic video. Anak-anak diminta untuk bermain air di kolam dengan ekspresi senang. Setelah sesi video selesai, kita melanjutkan sesi foto dengan orang tua. Karena di dalam buku tahunan ini akan ada foto orang tua, sehingga waktu yang tersisa kita gunakan untuk membuat sesi foto tersebut. selain itu, di dalam acara tersebut juga ada perpisahan kelas yang diadakan oleh orang tua kepada wali kelas, seperti penyerahan cinderamata kepada wali kelas mereka.

Acara berjalan dengan lancar, cepat, dan efektif, sehingga sebelum Dzuhur acara pun sudah selesai sesuai dengan waktu yang sudah dijadwalkan. Nah, buat kalian yang tertarik untuk membuat sebuah foto perpisahan maupun foto bersama grup kalian, temen-temen bisa meminta bantuan Overloops untuk mendokumentasikan moment terbaik kalian. Overloops juga terbiasa menawarkan konsep yang menarik untuk sesi foto maupun video kalian sehingga menjadi lebih dramatis. Untuk pertanyaan lebih lanjut, kalian bisa mengunjungi instagram @overloops maupun Fans Page Facebook Overloops. Untuk hasil karya Overloops lainnya kalian juga bisa melihatnya melalui Channel Youtube Overloops, dan jangan lupa subscribe yaa..

Nah, kalau kalian tertarik untuk mempelajari teknik-teknik yang dilakukan Overloops untuk photography dan videography, kita juga sering membagikan tips beberapa teknik di website Overloops seperti memotret dengan teknik slow-motion. Ikuti terus berita-berita terbaru kegiatan Overloops, karena kita juga menyelipkan beberapa teknik di dalamnya..

RECENT POSTS

    Leave a comment