October 25, 2018

Sony A7R Mark III, Sehebat Apa?

Sony yang merupakan salah satu brand kamera ternama tentunya tidak berhenti sampai di produk kamera terakhirnya Sony A9 bulan April lalu. Baru-baru ini Sony me-launching lagi produk unggulannya kamera full frame yang menyihir banyak photographer di dunia. Brand ini seakan tidak puas memberikan fitur unggulannya di kamera-kamera terdahulu. Ya, Sony merilis produk unggulannya kelanjutan dari seri A7R yaitu Sony A7R generasi III. Professional photographer mana yang tidak tergiur dengan munculnya seri Alpha generasi baru ini? Tetapi, apakah kamera ini worth it untuk dijadikan sebagai investasi kita? Apa saja fitur unggulan yang dibawa Sony A7R Mark III ini? Overloops akan mengulasnya satu persatu ya..

Sony A7R ini dibekali dengan sensor full frame Exmor R yang tertanam di dalamnya memiliki resolusi 42,4 MP, masih sama dengan generasi sebelumnya Sony A7R Mark II. Tentunya memiliki peningkatan dari burst shooting-nya yang mencapai 10 fps, meningkat dari generasi sebelumnya yang hanya bisa mencapai 5 fps. Tentunya foto yang didapat dari 10 jepretan ini masih dengan auto fokus yang sangat detail pula. Dengan Eye AF Tracking yang sangat akurat membuat fokus di burst shooting ini tidak terlewatkan sama sekali. Kamera ini juga sudah sangat mumpuni untuk foto lowlight dengan iso 110 hingga 32.000. Cukup keren bukan?

Tidak hanya itu saja, Sony keluaran terbaru ini bisa membidik lebih detail dengan 3,6 juta titik Quad VGA OLED dengan coating Zeis. Layar yang bisa disentuh untuk menentukan fokus pun juag dibenamkan dalam kamera ini. Jadi kita bisa menunjuk dimana fokus akan diberikan pada objek melalui layarnya. Seakan tidak mau merepotkan pemiliknya, Sony A7R Mark III ini juga memiliki 5 axis stabilizer dengan 399 titik fokus pendeteksi fasa dan video yang sudah beresolusi 4K. Tentunya pengalaman anda dalam mengambil gambar video akan menjadi lebih menyenangkan. Bahkan slow motion pada kamera ini sudah menggunakan 4X slow motion (120 fps) di resolusi 1080p.

Dari segi body, kamera Sony A7R Mark III ini memiliki ketebalan yang pas ketika digenggam dan nyaman ditangan namun tidak berat. Adanya joystick dibagian tombol-tombol tentunya memudahkan kita untuk mencari titik fokus dari objek, meskipun kita pun bisa memanfaatkan layar sentuh dari kamera ini. Menariknya lagi, kamera ini sudah mengusung teknologi dual SD Slot yang mana salah satu slotnya sudah mendukung UHS-II. Baterai dengan jenis baru yang sama dengan Sony A9 ini memiliki daya 2 kali lebih besar dari generasi sebelumnya. Kamera ini juga dilengkapi dengan USB 2.0 dan juga USB C yang akan membuat proses transfer data menjadi lebih cepat lagi. Fitur Wi-Fi pun masih dibawakan oleh Sony untuk koneksi langsung ke smarphone dengan bantuan apliaksi PlayMemories yang bsia didapatkan gratis di Play Store dan Apps Store. Jack audio dan HDMI pun dibekalkan di kamera full frame ini.

Untuk bisa membeli kamera Sony A7R Mark III ini nampaknya kita perlu merogoh kocek yang sangat dalam yaa. Sony keluaran terbaru ini dibandrol dengan harga 45 juta rupiah body only. Tentunya bagi para photographer professional tidak akan keberatan mengeluarkan uang sebanyak itu untuk kamera se-worth it ini. Hanya saja, kalau kalian merupakan photographer pemula yang baru saja mendalami dunia photography, alangkah lebih baiknya kalau kalian mencoba kamera serupa, full frame namun dengan harga yang jauh lebih murah. Ya, itu tadi review dari Sony A7R Mark III versi Overloops. Lalu, produk apa lagi yang akan di keluarkan oleh Sony untuk menggetarkan kancah photography di masa mendatang? Kita tunggu saja kejutan-kejutan dari Sony ya..

RECENT POSTS

    Leave a comment