March 13, 2018

Team Building ADG BI & ADK OJK

Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan memang memiliki kesinambungan kerja dalam berbagai bidang. Mendiskusikan beberapa hal penting yang berhubungan dengan pekerjaan memang sangat perlu dilakukan agar tidak terjadi miss communication di antara 2 instansi tersebut. Pada hari Jumat, 9 Maret 2018 kemarin, OJK dan Bank Indonesia se-Indonesia yang diwakilkan oleh beberapa orang staff penting menggelar pertemuan rutin untuk membahas program kerja kedepannya. Acara ini diadakan di Royal Ambarukmo Yogyakarta. Namun sebelum memulai rapat koordinasi di Ambarukmo, kedua instansi ini mengadakan acara outbound dengan berbagai fun games terlebih dahulu di pelataran Candi Prambanan agar sebelum rapat berlangsung pikiran lebih fresh.

Pertemuan antara OJK dan Bank Indoensia ini bermaksud untuk menambah keakraban di antara 2 instansi ini agar hubungan yang terjalin diantara keduanya menjadi lebih bagus lagi. Dengan terjalin hubungan yang baik, tentunya bisa membantu dalam pelaksanaan sehari-hari dimana pekerjaan OJK dan BI ini saling terkait dan selalu mendukung satu sama lain. Sinergi antara 2 instansi antara BI dan OJK harus selalu ditingkatkan karena semua urusan Negara yang berkaitan dengan keuangan ini dipegang oleh kedua instansi penting tersebut. Pertemuan tersebut membahas mengenai keterkaitan instansi OJK dengan perbankan, lisensi-lisensi, dan berbagai bidang lainnya. Meeting ini berlangsung dari pukul 14.00 hingga malam hari, dan dilanjutkan dengan dinner di Ndalem Ngabean.

Nah, Overloops yang memang sudah sejak lama bekerja sama dengan Bank Indoensia dan Otoritas Jasa Keuangan, diminta oleh BI untuk mendokumentasikan meeting penting tersebut dari awal acara hingga akhir. Kami mendokumentasikan acara ini dalam bentuk foto dan video yang nantinya foto akan dijadikan satu dalam bentuk album foto. Sedangkan video yang kita ambil akan dibuat menjadi video cinematic. Dalam pendokumentasian acara tersebut, Overloops mengirimkan 2 tim Photographer dan Videographer yang masing masing mendokumentasikan acara full dan pose candid.

Kami menggunakan 2 kamera Sony A7 Mark II dengan lensa 14 mm, 35 mm, dan dan 85 mm yang ditambahkan dengan flash Godox V860 Mark II. Photographer kedua menggunakan lensa 24-70 dan 135 mm yang ditambahkan dengan rode video mac pro untuk merekam suara ketika wawancara berlangsung. Dalam pembagian tugas, kita menugaskan 1 tim kita untuk memotret semua moment sedangkan 1 tim lainnya merekam video moment tersebut. Namun karena beberapa event berlangsung sangat cepat dan kita tidak ingin kehilangan moment, akhirnya kita lebih dominan ke foto, dan untuk beberapa moment kita lebih dominan merekam video. Sehingga keduanya berjalan seimbang dan mendapatkan hasil yang baik dalam setiap moment. Dalam pengambilan foto disini kita tujukan untuk pembuatan foto album, sehingga kita juga memastikan bahawa foto yang kita ambil secara umum memiliki negative space untuk diisi dengan foto-foto yang lebih detail lainnya.

Tantangan yang harus kita hadapi saat event ini adalah acaranya yang dibuat sangat padat dari pagi subuh hingga tengah malam, kita harus pandai-pandai menjaga stamina dan mencari waktu yang tepat untuk istirahat sejenak. Sedangkan alat-alat yang kita bawa pun juga sangat banyak, sehingga kita harus bisa memanajemen alat dengan baik agar tidak ada yang tertinggal juga. Baterai yang sudah habis langsung kita carge saat itu juga agar selalu siap ketika baterai cadangan yang kita gunakan sudah habis juga. Karena event ini terbilang cukup resmi dan formal, kita juga harus bisa mengerti protokoler acara agar tidak mengganggu berlangsungnya acara tersebut. Hal yang paling penting dalam mendokumentasikan event formal ini adalah kita juga harus menjaga etika ketika akan melakukan pengambilan gambar.

Nah, itu tadi cerita pengalaman kita dalam mendokumentasikan event penting OJK dan Bank Indonesia. Jika kalian menginginkan jasa Overloops untuk mendokumentasikan event penting kalian, bisa langsung saja menghubungi Overloops melalui instagram @overloops atau bisa juga melalui fans page facebook Overloops. Untuk video event BI & OJK ini, kalian bisa lihat nanti di Channel Youtube Overloops, dan jangan lupa subscribe yaa..

RECENT POSTS

    Leave a comment