May 16, 2018

Teknik Foto Window Light

Berbagai macam teknik photography banyak dikembangkan seiring dengan berkembangnya peralatan photography. Banyak yang memvariasikan berbagai peralatan untuk mendapatkan teknik baru dalam photography. Begitu pula dengan Overloops, mencari sesuatu yang baru memang hobby kami. Selain berguna untuk meningkatkan skill, kita juga bisa bereksperimen dari beberapa lighting untuk menemukan sesuatu yang baru. Untuk percobaan kali ini, kita ingin membuat konsep foto Window Light dengan memanfaatkan jendela sebagai background foto. Dalam teknik Window Light ini kita mengharapkan sebuah foto yang memiliki suasana objek yang disinari cahaya dari luar jendela, atau bisa juga dibilang simulasi sinar matahari. Teknik ini juga bisa dilakukan di malam hari sehingga di dalam ruangan yang disinari lighting dari luar tersebut terlihat seperti siang hari.

Peralatan yang kita gunakan untuk teknik ini adalah Kamera Sony A7 Mark II yang dilengkapi dengan lensa 50 mm dan 100 mm. Flash yang kita gunakan adalah Godox AD360 mark II dan Godox V860. Dalam konsep Window Light ini tentunya kita harus meletakkan salah satu flash dari luar jendela yang memiliki power besar sehingga bisa memberikan efek sinar matahari dari balik jendela. Flash Godox V860 kita letakkan di luar dan ditembakkan ke jendela dan disejajarkan dengan objek. Sedangkan untuk flash Godox AD360 ini kita letakkan di dalam ruangan dan di bounching ke atas dengan tujuan menyinari ruangan dari dalam. Teknik pengambilan foto kita lakukan 2 macam, dan lensa 50 mm ini kita gunakan ketika pengambilan gambar secara wide. Sedangkan untuk foto detail kita menggunakan lensa 100 mm.

Background yang kita gunakan berupa background kayu yang diletakkan di depan jendela, sehingga cahaya yang masuk bisa menyinari benda secara sempurna. Kita mengambil 2 tema foto yaitu Ramadhan dan Office. Untuk tema Ramadhan, efek dramatis bisa kita dapatkan ketika cahaya flash dari luar bisa menyinari sebagian objek seperti sajadah, tasbih, ataupun objek-objek lainnya. Sedangkan untuk tema Office, kita meletakkan meja di depan jendela tersebut dan juga beberapa objek perlengkapan office. Dengan teknik Window light ini kita bisa membuat sebuah foto ruangan office yang diterangi oleh sinar matahari buatan yang berasal dari flash di luar jendela. Sehingga hasilnya pun bisa lebih dramatis lagi. Untuk hasil foto kedua tema tersebut bisa teman-teman lihat di bawah ini.

Nah, itu tadi beberapa tips untuk membuat sebuah foto dengan efek cahaya matahari dari luar jendela. Jika temen-temen menginginkan foto-foto Overloops tersebut, kalian bsia langsung saja membelinya di akun Shutterstock Cendhika dan akun Shutterstock Ferita. Overloops juga seringkali membuka workshop untuk para photographer maupun videographer yang ingin meng-upgrade skillnya. Kalau kamu tertarik untuk mengikuti tips dari beberapa teknik photo maupun videography, kamu bisa langsung saja menghubungi Overloops melalui instagram @overloops atau Fans Page Facebook Overloops. Untuk video tutorial maupun BTS project kita, kalian juga bisa melihatnya melalui website Overloops maupun Channel Youtube Overloops, dan jangan lupa subscribe yaaa..

RECENT POSTS

    Leave a comment