November 22, 2017

Tips Membuat Photography Menarik Saat Travelling

Kalau sebelumnya Overloops membahas tentang bagaimana menjadi photographer pemula, kali ini kita membahas tentang bagaimana memotret foto landscape dengan pemandangan menarik ketika travelling. Kebanyakan orang-orang melakukan travelling untuk hunting foto yang nantinya dijadikan sebagai portofolio mereka. Namun ada pula yang melakukan travelling untuk sekedar menikmati keindahan alam yang ada di sekitarnya. Bagi para Photographer, travelling itu bukan untuk membelikan oleh-oleh kepada sanak saudara dan teman-teman, tetapi untuk mencari foto yang bisa dijual maupun dipamerkan di social media. Untuk mendapatkan foto yang menjual, terkadang kita harus menerapkan beberapa teknik baik dalam bidang kamera, busana, maupun background yang kita gunakan.

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui untuk bisa mendapatkan foto yang bagus dan epic:

  1. Planing Liburan

Sebelum kamu berangkat untuk berlibur, pastikan kamu sudah membuat planning lokasi mana saja yang mau kamu datangi. Jangan terlalu banyak lokasi yang akan didatangi, lebih baik sedikit tempat tetapi kamu puas untuk mendapatkan foto di lokasi itu. Sebisa mungkin carilah lokasi yang memiliki background menjual atau memiliki pemandangan yang indah. Setelah menentukan lokasi mana saja yang ingin kamu datangi, selanjutnya adalah membuat konsep foto. Kamu bisa menentukan mau mengambil gambar dari sisi mana saja dan kapan waktu yang tepat untuk mengambil gambar di sana.

Pembuatan konsep foto ini bertujuan untuk mebedakan fotomu dnegan foto lainnya. Kalau kamu mengambil gambar yang sama dengan yang orang lain sering ambil, itu akan membuat foto yang kamu ambil terlihat biasa. Jadi, carilah background foto yang jarang orang lain mendatanginya.

  1. Prepare Peralatan dan Perlengkapan

Ketika kamu akan berangkat travelling, persiapkan perlengkapanmu mulai dari outfit yang kamu kenakan, hingga kamera yang akan kamu gunakan. Pastikan semuanya terbawa di dalam 1 tas atau 1 koper saja agar tidak terlalu ribet ketika kamu menggunakan transportasi umum seperti kereta atau pesawat. Jangan lupa untuk menjaga barang-barangmu dimanapun kamu berada agar tidak ada yang hilang atau tertinggal. Sediakan tas kecil untuk menaruh kamera yang sudah siap pakai. Jadi kamu tidak perlu membawa tas yang terlalu besar atau tidak perlu membuka barang-barang lainnya ketika kamu ingin memotret. Selain itu, sediakan juga lensa yang ukuran 18-55 mm atau 24-70 mm supaya bisa mendokumentasikan momen dari jarak dekat maupun jauh dalam momen yang mendadak.

  1. Hunting Foto di Jam Tertentu

Kamu harus tahu kapan saja kita bisa mengambil foto yang bagus di jam-jam tertentu. Versi Overloops, kita memiliki 4 waktu yang baik untuk mengambil foto.

  • Sunrise, di waktu ini pemandangan terlihat eksotis karena perpaduan dini hari dan semburat sinar matahari yang segera muncul.
  • Golden Hour, yaitu mulai dari jam 5 sore sebelum matahari terbenam di saat matahari berwarna kuning keemasan.
  • Tak jarang orang-orang yang mengambil siluet dengan background matahari terbenam. Kamu juga perlu mencoba menggambil gambar timelapse di saat-saat itu.
  • Blue hour, yaitu ketika malam hari tanpa bulan, kamu akan melihat langit malam biru yang indah.

  1. Kenakan Pakaian yang Nyaman dan Senada

Ketika kamu sudah berada di lokasi travelling, sebisa mungkin gunakan pakaian yang sekiranya kamu nyaman untuk memakainya. Kamu bisa menggunakan pakaian santai dan cocok untuk segala kondisi. Jadi kamu tidak perlu membuang-buang waktumu untuk berganti pakaian. Gunakan pakaian baik celana maupun atasan yang memiliki banyak kantong. Hal ini memudahkanmu untuk menaruh barang-barang kecil yang mudah hilang seperti tutup lensa. Menggunakan pakaian yang senada juga membuatmu lebih menarik untuk menjadi objek foto ketiak diperlukan.

  1. Membawa Baterai atau Memori Cadangan

Jangan lupa untuk membawa baterai atau memori cadangan ketika kamu bepergian. Hal ini sangat berguna ketika kamu jauh dari hotel tempat menginap dan kamu kehabisan baterai atau memorimu penuh. Karena tidak memungkinkan untuk meng-backup datamu, kamu bisa menggunakan memori cadangan yang kamu bawa terlebih dahulu. Sehingga kamu tidak akan kehilangan momen berhargamu untuk diabadikan.

  1. Perhatikan Keselamatanmu

Saat travelling, terkadang kita terlalu asyik untuk memotret sehingga lupa akan keselamatan kita sendiri. Jangan sampai kamu tidak memperhatikan kondisi di sekitarmu, apakah aman atau tidak untuk kamu pijak. Perhatikan juga jalan yang kamu lintasi, bukan dari monitor kamera, tetapi melihatnya secara langsung. Jika dirasa cukup aman, kamu bisa mulai memotret di tempatmu berpijak itu. Jangan mengambil resiko terlalu tinggi seperti kamu mengambil gambar di bawah air padahal kamu tidak bisa berenang, atau mengambil gambar di atas bukit padahal kamu phobia ketinggian. Jadi berfotolah di tempat yang layak.

Nah, itu tadi tips yang bisa kamu lakukan untuk mempermudah travellingmu sekaligus menghasilkan foto-foto yang menarik saat kamu travelling. Kalau kamu masih kesusahan dalam mengabadikan momen pentingmu dalam bertravelling, kamu bisa menghubungi Overloops melalui instagram @overloops atau Facebook Overloops untuk mendokumentasikan liburanmu. Kamu juga bisa melihat inspirasi foto-foto travelling kita di website Overloops atau Official Youtube Overloops. Buat liburanmu lebih berarti dengan dokumentasi yang epic dan keren.

RECENT POSTS

    Leave a comment